Home / SPORT

Jumat, 31 Maret 2023 - 10:00 WIB

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

- Penulis

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

Moccaapedia – Bolehkah olahraga saat puasa? Tentu saja boleh apalagi untuk alasan kesehatan. Olahraga adalah ide yang tepat apabila Anda ingin aktif secara fisik ketika Bulan Ramadhan. Akan tetapi pemilihan waktu dan jenis olahraga tidak bisa sembarangan.

Olahraga aman dilakukan ketika bulan puasa seperti yang dijelaskan oleh seorang dokter dari Uni Emirat Arab yaitu Dr. Khalid Almuti. Menurut beliau olahraga aman dilakukan walaupun sedang berpuasa.

 

Baca Juga :   Sejarah Sepak Bola dan Teknik Dasar yang Perlu Diketahui

 

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Puasa

Sebelum berolahraga pastikan Anda tahu apa saja jenis olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama bulan puasa. Memang lebih disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan saja agar tidak mudah lelah.

 

1. Renang

Bagi Anda yang suka berenang sebaiknya tidak melakukannya selama Bulan Ramadhan. Sebenarnya renang boleh dilakukan namun Anda harus memastikan bahwa air tidak akan masuk ke mulut, hidung, dan telinga.

Akan tetapi jika Anda melakukan renang untuk melepas dahaga selama berpuasa tentu saja ini membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan terlihat dari niat Anda ketika melakukan olahraga tersebut.

Oleh karena itu agar puasa tetap lancar sebaiknya Anda kurangi aktivitas renang. Anda bisa mencari olahraga lain seperti jogging, bersepeda, yoga, dan berjalan. Jenis olahraga tersebut juga memiliki banyak manfaat seperti renang.

 

2. Latihan dengan Intensitas Tinggi

Menjawab pertanyaan bolehkah olahraga saat puasa tentu saja boleh asal tidak melakukan latihan dengan intensitas tinggi. Olahraga dengan intensitas tinggi akan menguras banyak tenaga dan tidak bisa dilakukan saat perut kosong.

Khawatirnya Anda memilih untuk membatalkan puasa saja karena tidak tahan dengan rasa dahaga. Ada banyak contoh olahraga dengan intensitas tinggi yang mesti dihindari selama berpuasa seperti push up, plank, squat, abdominal crunch, dan sebagainya.

Olahraga tersebut bisa menyebabkan denyut nadi Anda berada di angka 150. Hal ini akan menghabiskan banyak energi dan Anda akan merasa haus. Tidak hanya itu, latihan dengan intensitas tinggi juga menyebabkan kelelahan.

 

Baca Juga :   5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?

 

3. Angkat Beban

Sama dengan jenis olahraga sebelumnya olahraga angkat beban juga sebaiknya dihindari selama bulan puasa. Olahraga angkat beban hanya akan membuat tubuh Anda semakin lemas karena menahan haus dan lapar selama 13 jam.

Akan tetapi jika Anda tetap memaksakan diri untuk melakukan angkat beban hasilnya pun tidak akan maksimal. Hasilnya malah membuat Anda semakin lemas dan mengantuk sehingga tidak bisa beraktivitas.

Tidak hanya mengganggu produktifitas olahraga angkat beban yang dilakukan selama puasa juga akan mengganggu kesehatan. Tubuh bisa mengalami dehidrasi tinggi dan kehilangan banyak energi.

 

4. Sprint

Olahraga yang sebaiknya dihindari saat berpuasa adalah lari sprint. Alasannya sama karena olahraga ini membutuhkan banyak energi sedangkan energi yang dimiliki di bulan puasa sangat kurang.

Sprint termasuk olahraga berat yang bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Alasan lainnya adalah sprint bisa menyebabkan cedera pada otot dan persendian bahkan yang paling parah adalah pusing atau hipoglikemia.

Ketika berpuasa Anda bisa melakukan latihan ringan saja selama 1 sampai 2 jam sebelum berbuka. Jika merasa tidak nyaman lakukan latihan ringan setelah berbuka puasa selama 2 sampai 3 jam. Lakukan latihan ringan 2 – 3 per minggu untuk menyehatkan tubuh.

 

Amankan Olahraga Ketika Puasa?

Sebenarnya masih banyak orang yang ragu apakah aman berolahraga saat puasa? Hal ini yang menyebabkan orang malas berolahraga dengan alasan takut lemas dan dehidrasi. Padahal sebenarnya aman untuk dilakukan.

Asalkan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Selain itu pilihan jenis olahraga juga penting diperhatikan. Hindari keempat olahraga di atas agar tubuh tidak kehilangan energi. Sebagai gantinya carilah olahraga yang mudah dan tidak menghabiskan banyak energi.

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Selama Anda tidak memiliki penyakit tertentu tentu sangat diperbolehkan untuk berolahraga. Hal ini karena olahraga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sekarang Anda sudah tidak bingung lagi mengenai bolehkah olahraga saat puasa. Walaupun diperbolehkan Anda harus mengatur durasi, memilih jenis olahraga yang pas, dan menjaga pola makan serta pola tidur teratur. Hal ini juga bermanfaat bagi kebugaran tubuh.  

 

Baca Juga :   Mengenal Organisasi Esport Indonesia yang Terus Berkembang

 

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

Share :

Baca Juga

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga

SPORT

Contoh Permainan Bola Besar dalam Olahraga
5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager

SPORT

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager
jenis olahraga kardio

SPORT

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?
Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregntina Ini Yang Menang

SPORT

Juara Piala Dunia Sepak Bola Maroko Aregentina Ini Yang Menang
Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?

SPORT

5 Atlet Bayaran Tertinggi Semua Cabang Olahraga, Siapakah Itu?
Ubisoft Indonesia

SPORT

Mengenal Ubisoft Indonesia Beserta Daftar Seri Game Lengkap
Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

SPORT

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat
Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya

SPORT

Apa Manfaat Renang Bagi Tubuh? Ini Dia Penjelasannya