Home / SPORT

Sabtu, 1 April 2023 - 10:25 WIB

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?

- Penulis

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut - Pexels.com

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut - Pexels.com

Moccaapedia – Mengecilkan perut adalah salah satu tujuan banyak orang untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Cara paling efektif yang bisa dilakukan adalah berolahraga. Adapun beberapa jenis olahraga kardio yang bisa membantu membakar lemak pada perut.

Ini memang tidak instan, tetapi melakukannya secara konsisten sembari diimbangi dengan pola hidup sehat akan mempercepat proses tersebut. Penasaran apa saja olahraganya? Yuk cari tahu daftarnya di bawah ini!

 

Baca Juga :   7 List Mobil Termahal di Dunia, Artis Indo Tidak Punya !

 

Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut

Olahraga kardio atau disebut juga dengan olahraga kardiovaskular adalah salah satu jenis olahraga yang melibatkan aktivitas fisik untuk mempercepat detak jantung dan meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh.

Dampak yang diberikan termasuk menjadi lebih bugar, meningkatkan metabolisme tubuh, menguatkan otot, menjaga kesehatan mental, hingga membantu membakar kalori dan lemak. Ini berarti lemak di perut yang membandel juga bisa Anda atasi dengan melakukan olahraga kardio.

Adapun di bawah ini adalah 5 jenis kardio yang bisa membantu Anda untuk mengecilkan perut, baik dengan alat maupun tanpa alat, antara lain:

 

1.     Senam Aerobik

Salah satu jenis olahraga kardio yang efektif untuk mengecilkan perut karena melibatkan gerakan-gerakan aerobik dengan ritme musik menyenangkan. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan detak jantung hingga membakar kalori.

Beberapa gerakan yang dimaksud meliputi gerakan lompat, sit up, hingga plank. Selain itu, senam aerobik juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh.

 

2.     Lompat Tali

Selanjutnya, lompat tali juga bisa membantu mengecilkan perut karena menyertakan gerakan melompat yang intens dan berulang-ulang. Gerakan tersebut bisa membakar kalori dan lemak di area perut sehingga membantu mengecilkan ukurannya.

Selain itu, gerakan lompat tali pun bisa memperkuat otot-otot di area perut sehingga terasa lebih kencang atau bahkan berbentuk.

 

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Teknik Bola Voli Anda Supaya Jago

 

3.     Jogging

Menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang bisa membantu mengecilkan perut secara efektif. Ini dikarenakan jogging bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga membakar kalori.

Jika detak jantung bergerak ke zona pembakaran lemak, maka lemak yang ada di tubuh Anda kemungkinan besar akan terbakar pula. Jadi, lakukan secara konsisten dan imbangi dengan jenis olahraga lain agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

 

4.     Bersepeda

Melakukan olahraga ini secara teratur bisa membantu membakar kalori dan lemak, termasuk di area perut. Selain itu, bersepeda juga dapat memperkuat otot-otot di area perut, pinggul, hingga paha, dan itulah yang menjadikan perut terasa lebih kencang.

Kombinasikan latihan bersepeda dengan jenis olahraga kardio lainnya, seperti sit-up dan plank serta imbangi pola makan yang sehat mempercepat tujuan Anda dalam mengecilkan perut.

 

5.     Renang

Ketika berenang, Anda menggunakan hampir seluruh otot di tubuh termasuk di area perut. Olahraga renang bisa membakar kalori dan lemak secara efektif sehingga sangat membantu mengecilkan perut bahkan membentuk tubuh agar lebih indah.

Selain itu, berenang juga bisa membantu memperkuat otot-otot di area perut dan pinggul. Teknik renang, seperti gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung memiliki gerakan yang berbeda sehingga melibatkan otot-otot tubuh yang berbeda pula.

Olahraga kardio merupakan cara yang efektif untuk membakar lemak pada perut. Terdapat berbagai jenis olahraga kardio yang bisa Anda pilih pada penjelasan di atas. Namun, agar hasilnya lebih maksimal, Anda wajib mengatur pola makan yang sehat dan seimbang. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :   7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat

Share :

Baca Juga

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?

SPORT

5 Lapangan Sepak Bola Terbesar di Dunia, Ada di Mana?
JERSEY BARU TIMNAS INDONESIA (Bola.com)

SPORT

Kemenangan 3-2 Untuk Timnas Indonesia vs Curacao
Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat

SPORT

Mengenal Olahraga Rugby dengan Segudang Manfaat
7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui

SPORT

7 Manfaat Senam bagi Tubuh yang Penting Diketahui
5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager

SPORT

5 Tips Rajin Olahraga Bagi Kaum Mager
6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah

SPORT

6 Gerakan Workout untuk Pemula, Bisa Dilakukan di Rumah
10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik

SPORT

10 Manfaat Yoga bagi Kesehatan Mental dan Fisik
Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis

SPORT

Bantu Tubuh Makin Sehat, Ini Aplikasi Olahraga Gratis