Home / SPORT

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:00 WIB

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

- Penulis

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

Moccaapedia – Saat puasa Anda pasti akan merasa lemas dan mudah mengantuk karena tidak makan minum seharian. Namun ini bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Anda tetap bisa produktif dengan berolahraga. Tentunya dengan mengikuti cara olahraga saat bulan puasa yang tepat.

Ketika bulan puasa tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi selama kurang lebih 13 jam. Oleh karena itu agar tetap bugar, Anda bisa rajin berolahraga secara rutin setiap minggu. Olahraga yang dilakukan juga berbeda daripada hari biasanya.

 

Baca Juga :   Olahraga Plank: Manfaat dan Cara Melakukannya

 

Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

Jika hari biasa Anda mungkin bisa melakukan olahraga berat, namun tidak saat bulan puasa. Tubuh akan cepat lelah dan Anda bisa mengalami dehidrasi. Oleh karena itu penting mengetahui tips berolahraga saat bulan puasa agar tidak terlalu kelelahan.

 

1. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Cara pertama adalah dengan memilih olahraga yang tepat seperti jogging, yoga, berjalan, dan bersepeda. Jenis olahraga tersebut memiliki intensitas yang rendah sehingga Anda tidak mudah kelelahan. Jika melakukan olahraga berat tubuh tidak akan mampu melakukannya.

 

2. Perbanyak Minum

Cara olahraga saat bulan puasa agar tidak kelelahan adalah dengan memperbanyak minum. Tubuh membutuhkan mineral yang cukup sekitar 1.5 – 2 liter per hari. Jadi disarankan agar Anda banyak minum ketika sahur dan buka puasa.

Dehidrasi sering terjadi ketika bulan puasa apalagi jika cuaca sedang terik. Sebaiknya batasi aktivitas fisik yang menyebabkan dehidrasi. Jangan berolahraga saat siang hari karena tubuh akan menguras banyak tenaga sehingga Anda akan mudah lelah.

 

Baca Juga :   Posisi Pemain Basket Lengkap dengan Tugasnya

 

3. Pemilihan Waktu Olahraga

Waktu olahraga adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Tidak disarankan berolahraga saat siang hari karena tubuh akan kekurangan cairan. Selain itu olahraga juga tidak boleh dilakukan ketika perut dalam keadaan kosong.

Adapun waktu yang pas untuk melakukan olahraga adalah sebelum sahur, sebelum berbuka puasa atau setelah berbuka puasa. Cari olahraga yang bisa dilakukan di malam hari karena tubuh sudah mendapatkan asupan energi.

Apabila ingin berolahraga sebelum berbuka puasa maka bisa dilakukan 30 sampai 60 menit sebelum berbuka puasa. Hal ini dikarenakan setelah olahraga Anda bisa langsung berbuka puasa sehingga tubuh bisa cepat mendapat asupan lagi.

Selain itu penting untuk mengenali kondisi tubuh. Jika dirasa tidak sanggup olahraga sebelum berbuka puasa Anda bisa melakukannya setelah berbuka puasa. Olahraga di bulan Ramadhan tergantung pada kebugaran masing-masing orang.

 

4. Menjaga Asupan Nutrisi

Cara olahraga saat bulan puasa yang berikutnya adalah tetap menjaga asupan nutrisi. Antum bisa mengkonsumsi makanan sehat ketika sahur & berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan sehat akan menjaga tubuh tetap bugar.

Jika tubuh bugar maka Anda akan lebih mudah berolahraga walaupun sedang berpuasa. Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Carilah makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, vitamin, dan karbohidrat.

Kandungan protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel dalam tubuh agar tidak rusak ketika sedang berolahraga. Selain itu karbohidrat bermanfaat agar membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Contohnya adalah rutin mengkonsumsi telur, daging, ikan, nasi merah, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan gandum. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan atau makanan dengan kadar gula tinggi.

Selain itu jangan makan berlebihan. Khususnya untuk Anda yang lebih suka olahraga setelah berbuka, makan yang berlebihan akan membuat Anda kesulitan bergerak dan cepat mengantuk.

 

5. Menjaga Kualitas Tidur

Terakhir adalah dengan menjaga kualitas tidur agar tubuh kembali bugar saat berolahraga. Pada umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya. Jika waktu tidurnya kurang maka kinerja tubuh akan melambat.

Hal ini sangat berdampak pada produktivitas sehari-hari. Anda jadi mudah merasa lelah, gampang mengantuk, dan tidak bersemangat. Selain itu Anda juga akan merasa malas untuk berolahraga.

Memiliki kualitas tidur yang cukup tidak hanya baik bagi kesehatan tetapi juga akan membantu Anda agar lebih produktif.

Kelima cara olahraga saat bulan puasa bisa Anda terapkan agar tubuh tetap sehat. Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda pilih selama bulan puasa. Olahraga ringan memang lebih disarankan karena saat puasa tubuh tidak memiliki cukup nutrisi.

 

Baca Juga :   5 Manfaat Fitness bagi Wanita yang Penting Diketahui

 

Lepas Mager, Ini 5 Cara Olahraga Saat Bulan Puasa

Share :

Baca Juga

Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis

SPORT

Cara Terbaik Belajar dari Awal Olahraga Bulutangkis
MotoGP Kejuaraan Dunia dan Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa (Pixabay/Jiří Rotrekl)

SPORT

MotoGP Kejuaraan Dunia, Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa
jenis olahraga kardio

SPORT

5 Jenis Olahraga Kardio untuk Mengecilkan Perut, Apa Saja?
Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham

SPORT

Bolehkah Olahraga Saat Puasa? Jangan Sampai Gagal Paham
Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola

SPORT

Teknik Meningkatkan Latihan Olahraga Sepak Bola
Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya

SPORT

Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya
4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif

SPORT

4 Olahraga Mengecilkan Paha yang Efektif
JERSEY BARU TIMNAS INDONESIA (Bola.com)

SPORT

Kemenangan 3-2 Untuk Timnas Indonesia vs Curacao