Home / HEWAN

Minggu, 1 Januari 2023 - 10:22 WIB

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

- Penulis

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla / Freepik

Fakta Menarik Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla / Freepik

Ketahui Chinchilla & Menyenangkan Chinchilla

Moccaapedia – Fakta Menarik Chinchilla, Apakah ada hewan di luar sana yang lebih lembut dari chinchilla? Dengan tubuh lembut dan tangan mungilnya, chinchilla telah memikat hati kita dan menjadi hewan peliharaan eksotis yang populer di Amerika Serikat.

Sebagai hewan pengerat, ini menonjol sebagai beberapa yang paling lucu. Namun selain penampilannya yang menggemaskan, tidak banyak orang yang tahu lebih banyak tentang fakta menarik Chinchillamakhluk menarik ini.

Baca Juga :   5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

10 Fakta Menarik Chinchilla

  1. Ada dua spesies Chinchilla

Hanya ada dua spesies  chinchilla yang masih hidup. Yang pertama yaitu adalah chinchilla dengan ekor pendek, dan untuk yang kedua adalah chinchilla dengan ekor panjang. Yang berekor panjang lebih umum di dunia perdagangan hewan peliharaan.

  1. Mereka Hidup Relatif Lama

Dibandingkan dengan hewan pengerat lainnya, chinchilla hidup cukup lama , terutama di penangkaran. Mereka bertahan hingga  10 tahun  di alam liar dan hingga 20 tahun di penangkaran. Usia rata-rata kebanyakan hewan pengerat lainnya adalah sekitar 8 tahun.

  1. Hewan Herbivora

Chinchilla menghabiskan sebagian besar waktunya mencari makanan nabati. Mereka memakan tumbuhan apa pun yang tumbuh di sekitar habitatnya, seperti buah-buahan, bunga, rerumputan, dan dedaunan. Ada kalanya mereka akan memakan serangga, namun tindakan ini biasanya terjadi saat makanan langka di daerah kering di alam liar.

  1. Chinchilla memiliki bulu terpadat dari semua mamalia darat

Dari semua mamalia darat di Bumi, hewan pengerat kecil ini memiliki  20.000 rambut  per inci persegi tubuhnya. Itu berarti dari 50 hingga 75 rambut tumbuh dari satu folikel rambut. Manusia hanya bisa menghasilkan dua atau tiga per folikel rambut.

Baca Juga :   Jenis Bahan Pakan Ternak, Protein dan Nutrisinya ?
  1. Mereka jarang terkena rick atau kutu

Karena kerapatan bulunya, parasit kulit sangat sulit menempel pada mamalia ini. Mereka masih bisa menuju kulit di bagian yang bulunya lebih tipis, seperti perut, wajah, telinga, dan kaki, tetapi itu tidak terlalu umum.

  1. Mereka Mandi Debu

Bisakah Anda bayangkan berapa lama rambut Anda akan kering jika Anda memiliki rambut sebanyak itu di kepala Anda? Alih-alih mandi di air, chinchilla berguling-guling di atas debu. Partikel halus menghilangkan minyak dan partikel lepas lainnya di bulunya. Jika chinchilla basah, ia bisa mengalami hipotermia, atau jamur bisa tumbuh di bulunya.

  1. Mereka dapat merontokkan bulu untuk menghindari predator

Menjadi cepat terkadang tidak cukup untuk menghindari pemangsa yang mengejar Anda. Chinchilla mampu merontokkan sebagian besar bulu yang menempel pada pemangsa saat mereka menangkapnya. Ini disebut  bulu tergelincir  dan terjadi dalam situasi stres, saat bulu tersangkut, atau saat seseorang memegangnya terlalu erat.

  1. Betina melahirkan dua kali per tahun

Kebanyakan chinchilla berkembang biak antara bulan November dan Mei di belahan bumi utara dan antara Mei dan November di belahan bumi selatan. Betina hamil membawa kitnya selama 111 hari di dalam rahim, dan dia bisa melahirkan hingga 6 kit. Namun, lebih umum bagi mereka untuk hanya memiliki 2 kit.

  1. Mereka sangat sosial

Kebanyakan orang yang memiliki chinchilla hanya memelihara satu per satu. Pikirkan chinchilla sebagai kelinci atau babi Guinea. Mereka berkembang sebagai hewan sosial karena ada keamanan dalam jumlah. Ada kawanan liar yang didokumentasikan dengan lebih dari 100 individu.

  1. Mereka memiliki pendengaran yang sangat baik

Chinchilla memiliki pendengaran sensitif yang membantu mereka mendeteksi predator yang mengintai di dekatnya. Namun, ini juga membuat mereka lebih mungkin kewalahan atau terkejut di rumah yang bising.

Baca Juga :   Contoh Hewan Ovovivipar, Berkembang Biak dengan 2 Cara

Share :

Baca Juga

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu

HEWAN

6 Hewan Omnivora Pemakan Segala, Pecinta Hewan Harus Tahu
Kapibara atau Masbro

HEWAN

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang
Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia

HEWAN

Mengenal Jenis-jenis Sapi yang Ada di Dunia
6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia

HEWAN

6 Hewan Pemakan Rumput di Sekitar Manusia
5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!

HEWAN

5 Contoh Hewan Amfibi Bisa Hidup di Dua Alam, Kerren Kan!!
5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!

HEWAN

5 Hewan Tercantik di Dunia, Ada Ikan Cupang!
Jenis Kucing Paling Mahal (Cloudfront.com)

HEWAN

7 Deretan Jenis Kucing Termahal, Hingga Milliaran!!
5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru

HEWAN

5 Alat Pernapasan Hewan, Salah Satunya Paru-Paru