Home / HEWAN / WISATA

Kamis, 14 September 2023 - 11:48 WIB

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

- Penulis

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

Moccaapedia – Ada banyak kebun binatang Indonesia yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan bersama dengan keluarga. Berkunjung ke kebun binatang bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang hewan-hewan yang ada di sana.

Kebun binatang adalah salah satu tempat wisata kesukaan pengunjung karena bisa melihat banyak hewan. Hewan-hewan yang selama ini hanya bisa Anda lihat melalui TV semuanya ada di kebun binatang.

 

Baca Juga :   Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

 

Kebun Binatang Indonesia

7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka
7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

 

Hewan-hewan liar yang terancam punah akan aman jika berada di kebun binatang. Kebun binatang memiliki desain khusus seperti habitat asli hewan-hewan tersebut agar bisa hidup dengan nyaman. Berikut ini beberapa kebun binatang yang ada di Indonesia bahkan ada yang terkenal se-Asia.

 

  1. Batu Secret Zoo Malang

Batu Secret Zoo Malang adalah kebun binatang asli Indonesia yang berada di Provinsi Jawa Timur dan sudah terkenal. Pemerintah melakukan peresmian Batu Secret Zoo pada tahun 2010 dan masih satu bagian dengan Jatim Park 2.

Bahkan Batu Secret Zoo Malang pernah meraih peringkat 10 sebagai kebun binatang terbaik yang ada di Asia Tenggara lho! Hal ini karena wilayahnya seluas 14 hektar dan ada banyak hewan yang hidup di sini.

Tidak hanya menjadi tempat wisata saja, Batu Secret Zoo Malang juga bisa menjadi tempat konservasi satwa Indonesia beserta tempat edukasi. Hanya berkunjung ke satu lokasi saja Anda bisa menikmati berbagai pemandangan hiburan dan melihat satwa langsung dari dekat.

Tidak hanya satwa asli Indonesia saja, Batu Secret Zoo Malang juga memelihara satwa dari wilayah lain seperti Hutan Hujan Tropis Asia, Padang Gurun Afrika, Samudra Pasifik, dan masih banyak lagi.

Beberapa hewan langka juga terlihat di tempat ini seperti Giant Anteater yang merupakan trenggiling berukuran raksasa, Colobus Monkey, dan masih banyak lagi. Trenggiling raksasa itu hanya ada 3 di kebun binatang Asia Tenggara dan salah satunya ada di Malang.

Zona hewan juga bisa pengunjung nikmati seperti Tiger Land, African Market, Savannah, Aquarium, dan Reptile Garden. Kalau Anda merasa bosan, tidak ada salahnya untuk memasuki area Fantasy Island yang menyediakan sekitar 20 wahana mengasyikkan.

 

  1. Kebun Binatang Rangunan di Jakarta

Rangunan adalah salah satu kebun binatang Indonesia yang letaknya ada di Ibu Kota Jakarta dan termasuk wisata edukasi. Anda bisa berkunjung ke Rangunan saat liburan ke Jakarta bersama dengan keluarga untuk mengisi akhir pekan.

Lokasinya berada di Rangunan daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan yang memiliki luas mencapai 147 hektar. Rangunan merupakan rumah bagi 295 jenis spesies hewan dengan 4000an spesimen yang tersebar di seluruh area kebun binatang.

Warga Jakarta yang berkunjung ke Rangunan mengambil keputusan yang tepat karena bisa menikmati pemandangan asri. Ada banyak pepohonan di area ini dan tentu saja udaranya masih sejuk. Tempat yang pas untuk mendapatkan udara segar di tengah polusi langit Jakarta.

Pengunjung bisa mendatangi Schmutzer Primate Centre yang merupakan area khusus konservasi hewan primata asli Indonesia. Tidak hanya mengedukasi diri tentang hewan-hewan yang hidup di sini, pengunjung juga bisa memanfaatkan jogging track untuk berolahraga setiap sore bersama dengan keluarga.

 

  1. Bali Safari & Marine Park di Bali

Bali juga memiliki kebun binatang yaitu Bali Safari & Marine Park yang terletak di Desa Serongga, Kabupaten Gianyar. Bali Safari & Marine Park adalah salah satu kebun binatang terlengkap di Indonesia yang dikelola oleh Taman Safari Group.

Wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan satwa langkah asli Indonesia, Afrika, dan India. Beberapa hewan yang ada di lokasi adalah black buck, beruang himalaya, unta punuk satu, harimau Sumatera, dan grevy zebra.

Tidak hanya itu saja, Bali Safari & Marine Park merupakan rumah bagi lebih dari 400 ekor satwa langka yang berasal dari 60 spesies berbeda. Anda bisa mendapatkan pengalaman seru yaitu dengan berkeliling kebun ketika malam hari untuk memberi makan malam kepada para satwa di sana.

Terdapat pertunjukan khusus bernama Agung Show yaitu penampilan puluhan penari asli Bali. Kalau Anda masih belum puas berkeliling di sini dan ingin melanjutkan keesokan hari, bisa menginap di tempat wisata terdekat.

 

Baca Juga :   5 Contoh Hewan yang Hampir Punah, Dikit Banget Tau!!

 

  1. Bali Zoo Park

Selain Bali Safari & Marine Park, kebun binatang Indonesia lain yang terletak di Provinsi Bali adalah Bali Zoo Park yang juga cukup populer. Bali tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang cantik saja, tetapi juga wisata edukasi seperti kebun binatang.

Lokasinya berada di Singapadu, Kabupaten Gianyar yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Bali Safari & Marine Park. Hewan-hewan yang berada di Bali Zoo Park hidup di lingkungan yang memiliki luas hingga 12 hektar.

Ada banyak keunggulan apabila Anda berkunjung ke sini karena bisa mempelajari tentang satwa langka yang ada di Indonesia. Misalnya untuk menikmati momen seru seperti sarapan dengan ditemani Orang Utan, momen langka yang belum tentu Anda dapatkan di kebun binatang lainnya.

Anda juga bisa memberi makan satwa dan menaiki kuda poni dengan buah hati tercinta, kapan lagi coba berkunjung ke kebun binatang dan bermain bersama kuda poni seperti ini? Ada banyak satwa langka yang tinggal di Bali Zoo Park seperti Buffy Fish Owl, Sunda Slow Loris, Javan Lutung, Harimau Sumatera, Elang, Singa Afrika, Burung Elang, Burung Jalak Bali, Burung Merak, dan Burung Kasuari.

Kalau bosan, Anda bisa mengunjungi wisata wahana air yang masih berada satu lokasi dengan Bali Zoo Park.

 

  1. Taman Safari 1 Bogor

Taman Safari 1 Bogor juga dikenal dengan nama lain Taman Wisata Matahari yang berada di Bogor Jawa Barat. Kebun binatang yang berdiri pada tahun 2007 ini memiliki lahan seluas 16.5 hektare yang mengusung konsep Recreation and Education Park.

Wisatawan akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai satwa-satwa yang hidup di sini dan berjumlah sekitar 2.500 hewan dari seluruh penjuru dunia. Taman Safari 1 Bogor juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas atraksi dan rekreasi untuk membuat wisatawan terhibur selama berkunjug ke saa.

 

  1. Bali Bird Park

Bali masih memiliki kebun binatang yang juga berada di Kabupaten Gianyar bernama Bali Bird Park. Sesuai dengan namanya, Bali Bird Park adalah tempat khusus burung lokal maupun mancanegara.

Adapun luas Bali Bird Park adalah sekitar 2 hektare yang mampu menampung berbagai macam jenis burung. Tentu saja Bali Bird Park memiliki fasilitas pendukung untuk para pengunjung yang datang ke sana.

Kebun binatang Indonesia yang berdiri pada tahun 1995 ini memiliki sekitar 250 spesies burung dengan 1.000 jenis satwa. Bahkan beberapa satwa ada yang terancam punah sehingga dilindungi di sini.

 

  1. Kebun Binatang Gembiraloka Zoo

Ada lagi wisata edukasi yang ada di Indonesia yaitu Kebun Binatang Gembiraloka Zoo di Yogyakarta. Arti dari nama kebun binatang tersebut adalah “Gembira ya Gembiraā€¯ dan didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Luas kebun binatang ini sekitar 20 hektare yang sudah resmi sejak tahun 1933 silam. Anda bisa melihat 61 spesies tanaman unik dan 100 spesies satwa langka.

 

Kebun binatang Indonesia adalah wisata edukasi anak yang menjadi tempat tinggal para hewan langka lokal maupun mancanegara.

 

Baca Juga :   Cara Merawat Anakan Ikan Cupang dengan Benar

Share :

Baca Juga

Destinasi Wisata Jember Unik dan Instagenik

WISATA

Destinasi Wisata Jember Unik dan Instagenik
10 Wisata di Milan yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

WISATA

10 Wisata di Milan yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan
Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

WISATA

Dreamland Malang, Wahana Terbaik dan Paling Seru
5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga

WISATA

5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga
5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

HEWAN

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami
Kapibara atau Masbro

HEWAN

Mengenal Kapibara atau Masbro, si Pengerat yang Pandai Berenang

WISATA

Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler
Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia (Medcom)

WISATA

5 Urutan Gunung Tertinggi di Indonesia