Home / WISATA

Kamis, 29 Juni 2023 - 16:00 WIB

Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona

- Penulis

Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona

Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona

Moccaapedia – Salah satu Tempat Wisata Cirata adalah waduknya yang memiliki pemandangan alam yang indah dan terletak di desa Cianjur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik warga lokal setempat hingga wisatawan dari kota lain.

Keindahan tempat ini bahkan mampu memberikan sensasi yang berbeda bagi wisatawan yang mengunjungi tempat ini dengan berbagai aktivitas tidak biasa.

Sehingga menjadikan Waduk Cirata sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Kota Cianjur.

Bagi Anda yang punya waktu untuk berkunjung ke kota ini, maka jangan lewatkan untuk mengisi waktu liburan untuk mengunjungi Waduk Cirata. Karena di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang tidak biasa.

Apalagi tempat ini buka setiap hari terutama di waktu libur panjang.

 

Baca Juga :   4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga

 

Daya Tarik Tempat Wisata Cirata sebagai Waduk Terbesar di Asia Tenggara

Waduk Cirata adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sangat terkenal dan sempat viral di sosial media. Sebenarnya waduk ini berada di tiga kabupaten sekaligus, yakni selain berada di Purwakarta namun juga termasuk ke dalam kabupaten Ciamis dan Bandung Barat.

Dengan bendungan seluar hingga 43 ribu hektar,  waduk ini memang menjadi salah satu penampungan air terbesar dan terluas di Asia Tenggara loh. Tak hanya menjadi tempat penampungan air, waduk ini juga menjadi jalan penyeberangan bagi warga setempat.

Pengelolaan yang baik, membuat waduk ini memiliki fasilitas dan sarana hingga prasarana yang terbilang cukup lengkap serta sangat memadai. Menjadikan waduk ini juga berfungsi sebagai PLTA terbesar di Asia Tenggara juga loh.

Dengan kapasitas pembangkit hingga mencapai 1008 MW. Dan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1428 GWH setiap tahunnya.

Waduk Cirata ini sendiri dibangun pada tahun 1988 dan pembangunannya baru selesai di tahun 2007. Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk pembangunannya. Namun hasil yang didapat juga setimpal bukan.

Karena selain menjadi tempat untuk menampung air yang nantinya akan disalurkan untuk kebutuhan warga sekitar. Waduk ini juga berfungsi sebagai akses jalan penyebrangan, penghasil tenaga listrik hingga objek wisata yang tak pernah sepi.

Bahkan di Tempat Wisata Cirata ini, sering sekali diadakan lomba dayung perahu tradisional yang memberikan daya tarik tersendiri bagi pada wisatawan yang datang.

 

1. Jam Buka Tempat Wisata Cirata

Waduk ini sendiri sebenarnya buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga Anda bebas berkunjung kapan saja untuk menikmati keindahan alam dan besarnya bangunan waduk ya.

Meski begitu, pastikan untuk datang ke waduk Cirata saat cuaca sedang cerah agar liburan Anda tidak terganggu.

 

2. Lokasi dan Rute Lokasi

Anda bisa mengunjungi waduk ini dengan mudah karena akses menuju ke sana sudah diperbaiki. Lokasi waduk ini sendiri berada di Tegalwaru, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Waduk Cirata ini sendiri berjarak sekitar 27 KM dari pusat kota Purwakarta

Sedangkan dari kota Bandung berjarak kurang lebih sekitar 55 KM.

Jika dari pusat kota Purwakarta, Anda dapat menempuhnya dengan waktu perjalanan kurang lebih 60 menit.

Dengan akses jalan yang baik, Anda bisa mencapai waduk ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat ya.

 

3. Fasilitas

Untuk menunjang aktivitas Anda selama di sana, waduk Cirata juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti:

  • Tempat parkir yang luas untuk kendaraan Anda.
  • Toilet yang bersih.
  • Mushola.
  • Gazebo untuk tempat istirahat.
  • Berbagai wahana permainan air dan adventure.
  • Penginapan.
  • Restoran dan rumah makan.
  • Spot indah yang instagenic.
  • Perahu wisata.

Spot Wisata yang Menarik di Waduk Cirata

Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona
Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona

Di sini Anda bisa menemukan berbagai spot wisata yang menarik, di antaranya seperti:

 

Baca Juga :   Wisata Bali yang Jarang Dikunjungi, Ada Kebun Binatang

 

1. Naik Perahu untuk Menyusuri Sekitar Waduk

Salah satu aktivitas yang paling banyak orang sukai dari tempat wisata yang satu ini adalah kegiatan naik perahu. Dengan naik perahu Anda bisa berkeliling di sekitar waduk untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

Suasana yang tenang dan nuansa alam yang damai mampu membuat pikiran istirahat sejenak. Ada banyak sekali perahu tradisional yang tersedia untuk Anda sewa sekedar menikmati keindahan waduk sambil menenangkan pikiran.

Atau Anda juga bisa berkeliling ke keramba nelayan yang ada di sekitar bendungan. Di sana Anda bisa melihat budidaya ikan apung yang terletak di tengah waduk. Hingga bisa juga membeli berbagai jenis ikan segar.

Aktivitas ini menjadi kegiatan yang paling banyak wisatawan sukai.

 

2. Berburu Spot Foto yang Instagenic

Sudah bukan rahasia lagi, jika keunggulan yang dijanjikan oleh Tempat Wisata Cirata ini pemandangan alam yang indah. Sehingga setiap sudut tempat ini menyajikan spot foto yang instagenic.

Tidak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang untuk berburu foto foto instagenic yang ada di sekitaran waduk. Karena selain bisa melihat hamparan waduk yang luas, Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau yang masih asri.

Inilah yang membuat para pemburu foto instagenic berbondong-bondong menuju ke tempat wisata ini. Agar bisa menemukan foto yang dapat mempercantik feed akun Instagram mereka dengan foto foto pemandangan Waduk Cirata yang indah.

Tidak heran karena hal ini, Waduk Cirata menjadi terkenal dan viral di sosial media.

 

3. Memancing

Kegiatan satu ini juga menjadi salah satu aktivitas yang asik untuk Anda lakukan di sore hari sambil menikmati keindahan matahari terbenam di bendungan yang gagah. Di sekitar Kawasan waduk memang terdapat banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda dapatkan.

Maka jika Anda hobi memancing dan punya kesempatan ke tempat wisata ini, tidak ada salahnya jika Anda membawa alat pancing ya. Anda bisa duduk di pinggir waduk sambil menikmati sore hari dan menunggu umpan disambar ikan.

Selain beberapa kegiatan tersebut, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain di sini. Seperti camping, kulineran hingga duduk bersantai sambil menikmati pemandangan alam.

 

Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Cirata

Untuk berkunjung ke Waduk Cirata, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ya. Agar waktu liburan Anda berkesan dan bisa melakukan berbagai aktifitas menarik di sana.

Berikut ini adalah tips aman berkunjung ke Tempat Wisata Cirata:

  • Untuk suasana liburan yang menyenangkan, Anda bisa datang bersama dengan keluarga, sahabat atau pasangan.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen menyenangkan di sana.
  • Meskipun Waduk buka 24 Jam, namun pastikan untuk datang di waktu yang aman dan saat cuaca cerah agar bisa menikmati pemandangan.
  • Jangan lupa untuk tetap menjaga keindahan dengan menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada. Bawa pulang sampah yang Anda bawa dan jangan melakukan tindakan merugikan seperti pengrusakan hingga vandalism ya.

 

Sebagai salah satu objek wisata yang terkenal di Purwakarta, namun sejatinya waduk ini adalah fasilitas umum yang sangat penting perannya bagi warga sekitar. Sehingga selain menikmati pemandangan indah di sana, pastikan Anda tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum.

Agar keindahan Tempat Wisata Cirata senantiasa terjaga dan dapat dinikmati hingga waktu yang lama.

 

Baca Juga :   5 Keuntungan Sewa Bus Pariwisata Buat Perjalanan Lebih Nyaman!

Share :

Baca Juga

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!

WISATA

Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!
Bobocabin Ubud, Rekomendasi Glamping Terbaik di Bali

WISATA

Bobocabin Ubud, Rekomendasi Glamping Terbaik di Bali
5 Tempat Wisata di Swiss dengan Pemandangan Indah

WISATA

5 Tempat Wisata di Swiss dengan Pemandangan Indah
Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata

WISATA

Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata
Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dengan Jogja

WISATA

Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dari Jogja
8 Wisata Skandinavia dengan Keindahan Alam Luar Biasa

WISATA

8 Wisata Skandinavia dengan Keindahan Alam Luar Biasa
6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!

WISATA

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!