Home / WISATA

Rabu, 28 Juni 2023 - 14:18 WIB

Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar Terindah

- Penulis

Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar Terindah

Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar Terindah

Moccaapedia – Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar satu ini bisa jadi referensi liburan Anda ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Karena daerah ini memiliki beberapa daerah yang memiliki potensi wisata yang tinggi.

Salah satunya adalah kabupaten Tanah Datar dengan keindahan alam budaya hingga kearifan lokal yang sangat besar dari ibu kota Batu Sangkar ini. Kota ini pun, tidak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan berkat keindahan alamnya.

Apalagi sekarang, fasilitas publik penunjang pada wisatawan pun sudah mulai diperbaiki. Sehingga Anda bisa mencapai satu tempat wisata ke tempat lain dengan sangat mudah berkat akses jalan yang  gampang.

Nah, kira-kira ada apa saja ya, di kota ini. Ini loh, Moccaapedia sudah merangkum daftar tempat wisata keren dan wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Batu Sangkar Sumatera Barat.

 

Baca Juga :   Wisata Wonosobo, Aktivitas Bareng Keluarga di Dataran Tinggi Dieng

 

Terkenal Indah, Berikut Objek Wisata Batu Sangkar

Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar Terindah
Rekomendasi Objek Wisata Batu Sangkar Terindah

Tak banyak yang mengenal nama kota ini, padahal kota yang ada di Sumatera Barat ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang indah dan wajib untuk Anda kunjungi.

Karena tak hanya memiliki pemandangan alam yang cantik, namun kota ini juga diberkahi dengan budaya yang sangat beragam.

Nah, tempat mana saya yang wajib Anda kunjungi saat ke Batusangkar? Berikut ini daftar Objek Wisata Batu Sangkar terbaik menurut Moccaapedia:

 

1. Pacu Jawi

Pacu Jawi sendiri sebenarnya adalah sebuah agenda pariwisata yang diselenggarakan setiap tahun secara rutin. Dan biasanya acara ini akan berlangsung di empat kecamatan. Termasuk kabupaten Tanah Datar. Dan di Kecamatan Lima Kaum, Pariangan, Rambatan serta Sungai Tarab.

Banyak orang yang beranggapan jika Pacu Jawi ini mempunyai kemiripan dengan pertunjukan budaya yang ada di Madura. Yakni Karapan Sapi namun tentu meski dianggap memiliki kemiripan, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh.

Perbedaan yang sangat mencolok ini membuat kedua pertunjukan tersebut tidak bisa dibilang sama. Pacu Jawi sendiri adalah kegiatan yang dilakukan di sawa dan sering diadakan pada saat sebelum musim tanam tiba.

Hanya kaum laki laki saja yang biasanya melakukan kegiatan ini dengan berjalan bersama dua sapi atau kerbau sambil berkeliling mengitari sawah.

Anda dan wisatawan lain pun, bisa merasakan pengalaman yang berbeda ini sebagai salah satu kegiatan yang menarik saat liburan.

 

2. Puncak Pato

Berikutnya ada sebuah desa yang berada di Nagari Batu Bulek yang disebut dengan Puncak Pato. Tempat ini sendiri adalah saksi bisu dari sejarah pertarungan yang terjadi antara kaum Paderi melawan penjajahan Belanda.

Kaum Padri ini sendiri dipimpin oleh Imam Bonjol dan melakukan perlawanan dengan cara memanfaatkan keberadaan Puncak Pato yang menjadi benteng pertahanan mereka saat melawan musuh.

Tak hanya penuh dengan nilai sejarah, puncak ini juga memiliki pemandangan alam yang indah. Penuh dengan deretan sawah yang berjejer menjadi landscape yang cantik. Namun karena berada di dataran tinggi, untuk mencapai Puncak Pato ini Anda membutuhkan usaha yang cukup ekstra.

Tapi semua akan terbayarkan setelah Anda melihat pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian.

 

3. Batu Angkek-Angkek

Objek Wisata Batu Sangkar berikutnya adalah Batu Angkek-Angkek yang menjadi salah satu lokasi wisata terbaik. Bahkan tempat yang dulunya terkenal sebagai lokasi ditemukannya batu Angkek-Angkek ini selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah setiap harinya.

Konon tempat ini juga memiliki aura dan kekuatan magis. Karena lokasi wisata ini adalah tempat pertama kali ditemukannya batu Angkek-Angkek yang merupakan batu ajaib.

Untuk mengangkat batu tersebut, membutuhkan banyak orang yang saling bergotong royong dan membantu. Nama Batu Angkek-Angkek sendiri artinya adalah batu yang diangkat.

Tempat ini tak hanya memiliki legenda yang mistis dan mengandung unsur magis. Namun pemandangan alam yang indah juga jadi daya tarik wisatawan yang datang.

 

Baca Juga :   Bugis Waterpark Adventure, Taman Hiburan Terbesar di Makasar

 

4. Istana Pagaruyung

Jangan lupa untuk berkunjung ke Istana Pagaruyung ketika Anda memiliki kesempatan untuk datang ke Tanah Datar. Karena pastinya tidak akan lengkap liburan Anda tanpa mengunjungi lokasi satu ini.

Istana ini sendiri menjadi salah satu objek wisata yang sangat populer dan terkenal dari waktu ke waktu. Karena sudah pasti berkat keindahan dan keagungan dari istana ini.

Selain itu, istana ini juga punya nilai sejarah yang tinggi karena merupakan bekas istana yang menjadi tempat istirahat keluarga kerajaan Pagaruyung pada masa itu.

Setelah masa kerajaan berakhir dan zaman mulai berkembang hingga akhirnya istana tersebut tidak digunakan lagi. Namun kini istana Pagaruyung menjadi salah satu peninggalan sejarah yang tak ternilai.

Dan mengubahnya menjadi objek wisata yang bisa Anda kunjungi kapan saja untuk melihat keindahan bagunan masa lampau. Dan budaya serta adat istiadat yang ada di masa Kerajaan Pagaruyung.

Meski sudah lama berdiri, namun istana ini masih memiliki bangunan yang kokoh dan kuat hingga saat ini. Dengan desain yang indah pastinya.

 

5. Cagar Budaya Batikam

Destinasi berikutnya sebagai salah Objek Wisata Batu Sangkar yang wajib Anda kunjungi adalah Cagar Budaya Batikam. Sudah pasti pemandangan di sini sangat indah, alami dan masih terjaga sebagai salah satu cagar alam yang memang sangat di lindungi kelestariannya.

Keindahan cagar alam ini juga terdapat pada batu yang unik karena punya bekas tusukan di bagian tengah. Sehingga membuat cagar budaya di sebut dengan nama Batikam.

Keberadaan batu yang tertusuk ini merupakan bukti konkrit mengenai sejarah kerajaan Minangkabau yang pernah berkuasa di era atau zaman Neolithikum. Pada zaman kerajaan Minangkabau, batu ini merupakan lokasi tempat musyawarah bagi Kepala Suku yang di sebut dengan Medan Nan Bapaneh.

 

6. Bukit Aua Sarumpun

Bukit Aua Sarumpun adalah tempat wisata yang sangat populer di Tanah Datar dan menjadi lokasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Berada di dataran tinggi, bukit ini penuh dengan hamparan rumput ilalang yang menambah kesan pemandangan indah dan mengagumkan.

Bahkan kumpulan rumput ilalan tersebut memenuhi seluruh bukti dengan tinggi yang cukup beragam. Bahkan ada yang tingginya hingga mencapai pinggang orang dewasa. Kehadiran rumput ilalang inilah yang menambah kesan indah nan romantis di tempat ini.

Sehingga tidak heran jika tempat ini sering di kunjungi oleh pasangan muda mudi yang ingin mengabadikan waktu bersama dengan latar belakang pemandangan indah.

 

7. Air Terjun Lembah Anai

Jika berbicara mengenai Objek Wisata Batu Sangkar maka Air Terjun Lembah Anai ini wajib masuk daftar. Karena keindahan dari air terjun ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Dan menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Bahkan air terjun satu ini menjadi maskot pariwisata Minangkabau karena keindahan alamnya. Selain menikmati pemandangan air terjun, Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan yang masih rimbun dan asri.

 

Itulah dia daftar Objek Wisata Batu Sangkar yang wajib Anda kunjungi ketika berkesempatan untuk liburan ke kota satu ini. Karena kota ini tak hanya kaya akan pemandangan alamnya saja namun juga kaya akan tradisi dan peninggalan budayanya.

 

Baca Juga :   Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan

Share :

Baca Juga

4 Wisata Kuningan yang Paling Menawan di Indonesia

WISATA

4 Wisata Kuningan yang Paling Menawan di Indonesia
5 Tempat Wisata di Batam Incaran Wisatawan

WISATA

5 Tempat Wisata di Batam Incaran Wisatawan
Tempat Wisata di Kota Baru Parahyangan

WISATA

Tempat Wisata di Kota Baru Parahyangan Menarik Dikunjungi
Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui

WISATA

Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui
Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung

WISATA

Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung, Apa Saja?
Tempat Wisata Mancing Terbaik di Bandung

WISATA

Tempat Wisata Mancing Terbaik di Bandung
4 Wisata Bogor Paling Direkomendasi: Murah dan Akses Mudah, Cocok Untuk Kelompok

WISATA

4 Wisata Bogor Paling Direkomendasi Murah dan Akses Mudah