Home / WISATA

Senin, 26 Juni 2023 - 16:00 WIB

15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN

- Penulis

15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN

15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN

Moccaapedia15 nama Desa Wisata Gunung Kidul ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul dan berada di daerah Istimewa Yogyakarta yang memang sudah terkenal akan keindahannya. Bahkan ada salah satu desa wisata yang menjadi desa terbaik di ASEAN loh.

Wilayah Gunung Kidul sendiri merupakan salah satu Kawasan wisata terindah di daerah Jogja. Tidak heran jika di Kawasan ini terdapat 15 desa wisata yang sangat indah dan bisa mengajari Anda banyak hal.

Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga akan dibuat terpukau oleh keindahan tradisi dan budaya yang masih terjaga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sana.

 

Baca Juga :   Daftar, Pulau Terindah di Indonesia Bikin Wow!

 

Terbaik di ASEAN, Berikut 15 Desa Wisata Gunung Kidul

15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN
15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN

Dari ke 15 daftar Desa Wisata Gunung Kidul, 7 di antaranya merupakan desa wisata yang sudah lama ada. Sedangkan 8 desa berikutnya adalah desa desa baru yang merupakan rintisan dari desa wisata yang saat ini sedang dikembangkan.

Dan berikut ini adalah daftar Desa Wisata Gunung Kidul terbaik menurut Moccaapedia:

 

1. Desa Wisata Bobung

Berada di urutan pertama, desa ini adalah salah satu desa wisata tertua yang ada di Kawasan Gunung Kidul. Berjarak 15 KM dari kota Wonosari, desa ini sendiri adalah sentra dari kerajinan batik khas Jogja. Topeng hingga berbagai ornamen yang terbuat dari kayu.

Saat ini, desa tersebut sudah memiliki banyak sekali fasilitas pendukung seperti aula pertemuan untuk gathering hingga arena outbound.

Sehingga di desa ini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Melainkan juga dapat melakukan berbagai kegiatan yang menarik lainnya.

 

2. Desa Wisata Mojo

Desa berikutnya berada di Kecamatan Semanu dan berjarak 10 KM dari Kota Wonosari. Untuk menuju ke desa ini, Anda bisa mengarah ke timur kota Wonosari ke arah Pacitan, Jawa Timur.

Tak hanya memiliki pemandangan desa yang indah dan asri, desa ini juga merupakan sentra kerajinan ukir batu putih dengan berbagai ornamen khas Gunung Kidul.

Selain itu, desa ini juga memiliki objek wisata keren lainnya seperti Goa Jlamprong dan ada juga wisata ritual nyadran sumber air Kecemut. Hingga kegiatan yang akan membawa Anda untuk menjelajahi hutan Mojo yang indah.

 

3. Desa Wisata Garotan

Terkenal dengan kerajinan khas yakni cor logam dengan berbagai bentuk menarik seperti kursi taman hingga lampu antik. Desa satu ini memang memiliki ciri khas tersendiri. Berada di timur laut kota Wonosari, kota ini berjarak 25 KM.

Jika Anda ingin ke sana, dari Kota Wonosari bisa mengambil rute ke arah kota Solo atau Klaten. Kota satu ini cukup terkenal sebagai salah satu Desa Wisata Gunung Kidul terbaik dan wajib Anda kunjungi.

 

4. Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Gunung Kidul yang kami sebutkan sebagai salah desa wisata terbaik di ASEAN adalah desa wisata Nglanggeran. Terletak di kecamatan Patuk, desa ini berada di arah barat kota Wonosari. Sudah pasti desa ini memiliki pemandangan yang sangat indah.

Karena di desa ini terdapat objek wisata petualangan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di puncak gunung ini, Anda dapat menikmati suasana alam pedesaan yang masih asri. Sambil menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

Sebagai salah satu desa wisata terbaik, di sini telah dikembangkan kebun buah dengan saran pengairan dari embung nglanggeran.

 

5. Desa Wisata Bejiharjo (Dewabejo)

Berada di kecamatan Karangmojo, desa ini berjarak 7 KM dari Wonosari. Sebagai Desa Wisata Gunung Kidul yang indah. Di sini Anda memang bisa menemukan berbagai objek wisata seperti Sungai Oyo, Goa pindul, Monumen Panglima Sudirman, Goa Gelatik hingga situs megalitik Sokoliman.

Wayang Beber adalah salah satu potensi budaya lokal yang terkenal di desa ini.

 

6. Desa Wisata Bleberan

Berada di kecamatan Playen dan berjarak 8 KM dari Kota Wonosari, di desa ini Anda bisa menemukan banyak sekali objek wisata alam yang menarik. Mulai dari Goa Rancang Kencono, Sungai Oya, hingga situs megalitik Bleberan.

Ada juga air terjun Sri Gethuk yang tak kalah indah. Desa ini kaya akan hasil alamnya mulai dari pertanian dan perikanan yang dikembangkan melalui agrowisata dan minawisata.

Di sini juga ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari rafting hingga menjelajahi alam di desa yang indah ini.

 

7.Desa Wisata Umbulrejo

Lokasinya ada di kecamatan Ponjong dan berjarak 15 KM dari kota Wonosari. Desa ini juga memiliki banyak objek wisata alam seperti Goa Gremeng dan Goa Cokro. Selain itu, di sini juga ada banyak sekali fasilitas penunjang yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Seperti rumah makan dengan menu air tawar, sarana untuk outbound hingga kolam pemancingan.

 

Baca Juga :   5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Apa Saja?

 

8. Desa Wisata Wonosadi

Berada di desa Beji, Kecamatan Ngawen, Desa Wisata Gunung Kidul satu ini berjarak 30 KM dari kota Wonosari. Desa ini memiliki keunikan yang khas berupa area hutan yang masih asri dan merupakan Kawasan hutan lindung yang alamnya masih terjaga.

Di sini juga ada kesenian khas yang bisa Anda pelajari yakni Rinding Gumbeng yakni bermain alat musik dari bambu yang ditiup.

 

9. Desa Wisata Kemadang

Desa Wisata Gunung Kidul satu ini berada di Kecamatan Tanjungsari dan berjarak 22 KM dari kota Wonosari. Menariknya desa ini memiliki potensi wisata yang sangat terkenal, berupa pantai Baron dan pantai Kukup.

Selain punya pemandangan alam yang indah, di sini Anda juga bisa belajar beraneka ragam budaya dan aneka ragam hasil laut yang kaya.

 

10. Desa Wisata Ngestirejo

Berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, berjarak 30 KM dari kota Wonosari yang memiliki potensi wisata berupa pantai yang indah. Yakni pantai Krakal dan beberapa potensi wisata lainnya yakni Goa Tritis dan pemandangan pedesaan yang indah.

 

11. Desa Wisata Jelok (Dewielok)

Berada di Kecamatan Patuk, desa wisata ini berbasis adat istiadat dan juga kehidupan sehari-hari pedesaan yang damai. Di sini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti belajar seni budaya tradisional, kegiatan outbound hingga susur sungai.

 

12. Desa Wisata Sidoharjo

Desa ini terletak di pesisir pantai selatan dengan objek wisata andalannya yakni Pantai Sundak. Meski begitu desa ini kaya akan potensi pertanian seperti buah-buahan khas dari Gunung Kidul. Seperti buah Srikaya dan Sirsat.

Di sini Anda juga bisa belajar berbagai kesenian budaya yang khas dan indah.

 

13. Desa Wisata Kemuning

Berada di jalur utama Jogja dan Wonosari, desa ini bersebelahan dengan Hutan Wanagama. Desa ini juga terkenal dengan nama Bumi Perkemahan yang punya pemandangan alam yang indah. Yakni Telaga Kemuning hingga Hutan Kayu Putih yang berada di sepanjang Kali atau Sungai Oya.

 

14. Desa Wisata Mulo

Desa ini terletak di jalur utama Wonosari menuju ke Pantai Selatan dan punya bentang karst dengan potensi wisata alam yang indah. Seperti Goa Ngingrong. Selain itu, desa ini juga merupakan desa baru yang masih dalam pengembangan.

 

15. Desa Wisata Turunan

Desa Wisata Gunung Kidul yang terakhir berada di kecamatan Panggang dan menjadi salah satu desa dengan pemandangan alam sungai dan gunung yang indah. Menariknya, desa ini juga berada di lokasi yang mudah untuk Anda jangkau loh.

 

Nah, itulah 15 Desa Wisata Gunung Kidul yang terkenal indah dan salah satunya adalah yang terbaik di ASEAN.

 

Baca Juga :   7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

Share :

Baca Juga

5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Apa Saja?

WISATA

5 Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Apa Saja?

WISATA

Pesona Indah Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur
5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga

WISATA

5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga
4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga

WISATA

4 Wisata Saat Ramadhan di Jogja Bersama Keluarga
7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak

WISATA

7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak!
Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah

WISATA

Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah
Fakta Sejarah Wisata Indonesia (Koleksi KTLV)

WISATA

Sejarah Wisata Indonesia yang Tersembunyi
11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan

WISATA

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan