Home / WISATA

Jumat, 30 Juni 2023 - 14:00 WIB

Destinasi Tempat Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia

- Penulis

Tempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia

Tempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia

MoccaapediaTempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia. Apalagi negeri ini sendiri memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah.

Salah satu komoditas alam terbesarnya sendiri adalah teh. Indonesia juga menjadi negara yang ada di peringkat ke 7 sebagai penghasil teh terbesar di dunia. Dengan jumlah produksi hingga mencapai 137 ribu ton yang berasal dari arena kebun the seluas 112.053 hektar.

Menjadikan perkebunan teh tersebar di seluruh penjuru negara dan menjadi kebun teh ini sebagai salah satu objek wisata yang cukup menarik untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Dengan didominasi warna hijau yang sejuk membentang luas dengan udara yang masih segar, sehingga mampu membuat siapa saja betah berada di sana.

Terutama jika Anda merupakan salah satu penikmat minuman teh sehingga kegiatan menjelajahi kebun teh bisa menjadi salah satu pilihan saat liburan.

 

Baca Juga :   5 Keuntungan Sewa Bus Pariwisata Buat Perjalanan Lebih Nyaman!

 

Destinasi Tempat Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia

Tempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia
Tempat wisata kebun teh merupakan salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dan memiliki banyak peminatnya dari seluruh Indonesia

Untuk melengkapi referensi wisata Anda, berikut ini adalah beberapa tempat wisata kebun teh terbaik yang ada di Indonesia:

 

Baca Juga :   Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

 

1. Kebun Teh Rancabali di Ciwidey, Jawa Barat

Salah satu daerah produsen teh terbesar yang ada di Indonesia berada di wilayah Jawa Barat. Sehingga tidak heran jika sebagian besar dari wilayah ini memiliki panorama yang indah dengan hamparan kebun teh yang mempesona.

Kebun teh ini sendiri adalah salah satu wisata kebun teh terbaik yang ada di wilayah Jawa Barat, berlokasi di Kawasan Patengan, Ciwidey, Bandung. Kebun Teh ini sendiri sudah ada dan dikembangkan sejak tahun 1870 lalu, sejak masih zaman penjajahan Belanda.

Sehingga tidak heran jika kebun teh ini telah terkenal sebagai salah satu penghasil teh berkualitas tinggi. Dengan daun teh yang sangat disukai baik oleh pasar lokal maupun pasar internasional.

Di sini Anda dapat menikmati panorama yang menakjubkan dari hamparan teh dan juga suasana sejuk di area perkebunan. Di sini Anda juga bisa belajar lebih banyak mengenai cara pengelolaan dan pengolahan teh di perkebunan ini.

Karena Anda akan mendapatkan berbagai informasi mulai dari cara pembibitan dan juga cara pemetikan daun teh berkualitas terbaik. Hingga cara menghasilkan cita rasa teh yang nikmat.

 

2. Kebun Teh Sukawana di Lembang, Jawa Barat

Masih berada di Jawa Barat, kebun teh ini berada di daerah Lembang yang juga menjadi salah satu kebun yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan popularitas dari kebun ini sendiri sudah tersebar di seluruh penjuru negeri.

Karena kebun ini sering sekali menjadi lokasi syuting film, salah satu film terkenal yang pernah syuting di perkebunan teh ini adalah film ‘Petualangan Sherina’.

Sesuai seperti yang ada di film, kebun ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan perkebunan yang hijau. Keberadaan Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu bisa terlihat jelas dari area kebun ini.

Sehingga dapat menambah keindahan dari perkebunan ini dengan nuansa eksotis yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan yang berkunjung.

 

3. Kebun Teh Kaligua di Brebes, Jawa Tengah

Selanjutnya, berada di kota Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Kebun Teh Kaligua ini menjadi salah satu penghasil teh dengan mutu terbaik di Indonesia. Terutama untuk teh hitam. Kebun ini sendiri sudah beroperasi sejak ratusan tahun lalu, saat era kolonial Belanda.

Pemandangan alam dari perkebunan ini sendiri sudah tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Karena sepanjang mata memandang, Anda akan melihat pemandangan berwarna hijau sepanjang mata memandang.

Membuat kebun teh ini menjadi salah satu destinasi wisata kebun teh yang menawan di Indonesia.

Anda bisa berjalan santai mengelilingi perkebunan sambil menikmati udara yang terbilang masih sejuk. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fenomena matahari terbit yang indah di kebun teh ini. Apalagi lokasi kebun teh yang ada di lereng Gunung Slamet.

Sehingga fenomena matahari terbit yang berwarna keemasan dengan latar belakang kemegahan Gunung Slamet yang indah.

 

4. Kebun Teh Wonosari Malang, Jawa Timur

Kebun teh selanjutnya ada di Kawasan Wonosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Perkebunan yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XII ini merupakan kebun teh dengan luas kurang lebih sekitar 1.000 hektar. Dan berada di Kawasan Gunung Artjuno dengan ketinggian yang berada di sekitar 1.000 mdpl.

Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan indah. Namun juga bisa berlibur sekaligus belajar mengenai cara pengolahan teh dan mengenal berbagai jenis teh yang ada di kebun ini. Dengan cara tur keliling ke perkebunan dan pabrik teh.

Setelah puas berkeliling di area perkebunan teh, Anda dapat menginap di cottage untuk menikmati sunset atau sunrise yang terkenal indah di sini. Selain itu, ada juga camping ground yang akan memberikan pengalaman liburan terbaik dan tidak terlupakan untuk Anda.

 

5. Kebun Teh Kayu di Aro, Jambi

Mungkin nama kebun teh ini masih terasa asing bagi sebagian besar wisatawan di Indonesia. Namun sebenarnya kebun teh yang ada di Jambi ini punya pemandangan indah yang tak ada duanya.

Bahkan perkebunan ini merupakan kebun teh tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1952, tepatnya saat masih masa penjajahan Belanda.

Kebun teh ini juga berada di kaki Gunung Kerinci dan menjadi kebun teh tertinggi kedua di dunia setelah kebun teh yang ada di Darjeeling, Himalaya.

Tentu saja untuk pemandangannya, kebun ini tidak perlu Anda ragukan lagi karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan homestay yang bisa jadi tempat Anda menginap jika ingin waktu lebih lama di sana.

 

6. Kebun Teh Sidamanik di Pematang Siantar, Sumatera Utara

Sebenarnya di Pematang Siantar, memiliki 3 kebun teh terbesar yang ada di Indonesia, salah satunya ada di Bah Butong, Tobasari dan kebun Teh Sidamanik. Punya luas sekitar 8.373 hektar. Kebun ini sendiri merupakan salah satu kebun penghasil teh hitam terbaik dan bermutu tinggi.

Panorama di sekitar kebun teh ini juga sangat cantik. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di sini juga adalah dengan merasakan cita rasa asli teh hitam yang berkualitas secara langsung.

 

7. Kebun Teh Gunung Mas di Bogor, Jawa Barat

Warga Jakarta sudah pasti tidak asing dengan Kebun Teh Gunung Mas yang berada di kota Bogor, Jawa Barat. Karena lokasinya yang terbilang cukup dekat dengan ibukota. Maka perkebunan ini pun, menjadi salah satu alternatif liburan bagi warga kota yang ingin melepas penat.

Namun tidak ingin pergi jauh jauh ke luar kota, maka perkebunan ini lah jadi salah satu tujuan utamanya. Karena perkebunan ini punya pemandangan yang indah.

 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kebun teh terbaik yang ada di Indonesia, bukan hanya menghasilkan teh namun perkebunan tersebut juga punya pemandangan yang indah.

 

Baca Juga :   Cari Tahu, Toko Peralatan Olahraga Terdekat di Surabaya

Share :

Baca Juga

6 Wisata Terdekat dari Stasiun Yogyakarta: Murah dan Simple

WISATA

6 Wisata Terdekat dari Stasiun DI Yogyakarta Murah dan Simple
Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan

WISATA

Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan
Deretan Wisata di Malang (IG/ali.utsman_)

WISATA

Daftar Masuk, Tiket Wisata Malang Murah
15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN

WISATA

15 Desa Wisata Gunung Kidul, Salah Satunya Terbaik di ASEAN
Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits

WISATA

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur yang Lagi Hits
7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman

WISATA

7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman
Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona

WISATA

Tempat Wisata Cirata Punya Waduk yang Indah dan Mempesona