Home / WISATA

Kamis, 21 September 2023 - 20:21 WIB

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

- Penulis

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

Moccaapedia – Indonesia kaya akan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di musim liburan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ada banyak wisata di Riau yang bisa menjadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga.

Kekayaan alam Indonesia yang menjadi alasan mengapa banyak turis berdatangan ke Indonesia. Semua orang ingin melihat sisi cantik dari tanah air sehingga jangan heran kalau tempat wisata sangat ramai setiap musim liburan.

 

Baca Juga :   Dreamland Malang, Wahana Terbaik dan Paling Seru

 

Wisata di Riau

11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga
11 Rekomendasi Wisata di Riau untuk Keluarga

 

Riau adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang berada di sebelah barat dan menyimpan banyak destinasi alam menarik. Ada banyak tempat wisata yang estetik di Riau sehingga menarik perhatian pengunjung yaitu sebagai berikut.

 

  1. Kawah Biru

Kawah Biru adalah salah satu wisata andalan di Riau yang sangat terkenal dan letaknya berada di Pekanbaru. Kawah Biru merupakan tempat wisata yang terkenal lewat telinga banyak orang dan kecantikannya tidak perlu diragukan lagi.

Anda bisa melihat pemandangan berupa kawah dengan air berwarna biru yang bisa memberikan perasaan tentram dan sejuk. Di sekitarnya terdapat banyak pepohonan hijau dan rindang sehingga siapapun betah apabila berlama-lama di sana. Anda bisa berkunjung ke Kawah Biru bersama dengan keluarga untuk menikmati keindahan alam yang tersedia.

 

  1. Kebun Binatang Kasang Kulim

Rekomendasi wisata di Riau berikutnya adalah Kebun Binatang Kasang Kulim yang sangat cocok dikunjungi dengan anak-anak dan keluarga. Kebun Binatang Kasang Kulim memiliki luas sekitar 10 ha dan menjadi tempat tinggal bagi hewan-hewan yang hampir punah.

Anda bisa menikmati pemandangan hewan-hewan jinak maupun liar di Kebun Binatang Kasang Kulim. Tidak hanya melihat berbagai jenis binatang saja, Anda juga bisa menikmati wahana yang tersedia.

Setiap pengunjung bisa menaiki gajah selama 10 menit dan membayar biaya sebesar 10 ribu rupiah saja. Adapun harga tiket masuk untuk orang dewasa hanya 20 ribu rupiah dan untuk anak-anak hanya 10 ribu rupiah saja. Waktu tempuh Kebun Binatang Kasang Kulim dari pusat kota hanya setengah jam saja.

 

  1. Masjid AgungAn-Nur Pekanbaru

Pekanbaru memiliki wisata religi bernama Masjid Agung An-Nur yang bisa Anda kunjungi jika ingin beribadah. Keindahannya terletak pada arsitekturnya yang megah dan elegan karena menggunakan perpaduan konsep India, Turki, Melayu, dan Arab.

Masjid Agung An-Nur merupakan simbol wisata religi di Pekanbaru yang juga sering disebut dengan Taj Mahal versi lokal. Keindahannya tidak hanya terletak pada arsitekturnya saja melainkan juga pada tambahan kolam yang terdapat di bagian depan masjid.

Tempat ibadah ini memiliki 3 lantai sehingga mampu menampung sekitar 4.500 jamaah. Kemegahannya tampak dari warna hijau sebagai warna yang ditonjolkan pada Masjid Agung An-Nur. Terdapat empat menara dan lima kubah yang terletak pada bagian atas masjid. Masjid ini selalu ramai khususnya ketika memasuki Bulan Ramadhan.

 

  1. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama adalah salah satu tempat wisata yang ada di Riau yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi sejarah. Museum yang berada di Pekanbaru ini lokasinya dekat dengan Kantor DPRD Provinsi Riau dan Taman Budaya.

Kalau Anda ingin mempelajari sejarah Riau, bisa langsung datang berkunjung dan cukup membayar biaya sebesar 5 ribu saja. Dengan biaya masuk yang murah, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai koleksi seperti aneka diorama suku dari Riau, senjata kerajaan, pakaian adat, foto tokoh-tokoh penting, dan peninggalan sejarah lainnya.

Tempat wisata ini menjadi salah satu referensi wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh masyarakat setempat.

 

  1. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas adalah salah satu wisata air terjun di Riau yang memiliki ketinggian mencapai 150 meter. Ketika akan berkunjung ke lokasi, Anda memerlukan perjuangan yang ekstra karena lokasinya cukup jauh dari Kota Pekanbaru yaitu 3 jam.

Kelelahan itu akan langsung terbayarkan dengan keindahan yang diberikan oleh Air Terjun Batang Kapas. Anda bisa menghabiskan waktu sepuasnya bersama dengan keluarga seperti menikmati kejernihan air terjun.

 

Baca Juga :   Wisata Kuliner Bandung Malam yang Wajib Di Coba

 

  1. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam masuk ke salah satu wisata di Riau yang memiliki keunikan tersendiri. Wisata ini terbentuk dari kapur yang bervariasi tingginya dan masyarakat setempat menyebutnya dengan miniatur dari Grand Canyon.

Dulunya, Bukit Kapur Air Hitam adalah lokasi pertambangan, namun kini disulap menjadi tempat wisata yang sangat cantik. Hal ini berhasil membuat wisatawan dari berbagai daerah datang untuk berfoto di tempat yang sangat estetik ini. Bahkan banyak pasangan yang datang untuk melakukan foto prewedding di Bukit Kapur Air Hitam.

 

  1. Pulau Jemur

Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mendengar istilah Pulau Jemur? Pulau Jemur letaknya kurang lebih 45 mil dari Kabupaten Rokan Hilir dan terdiri dari beberapa pulau kecil. Terdapat Pulau Tekong Emas, Pulau Labuhan Bilik, dan Pulau Tekong Simbang.

Anda bisa menikmati pemandangan penyu dan berkunjung ke berbagai destinasi wisata sekitar seperti Menara Suar, Goa Jepang, bekas tapak kaki manusia, sisa-sisa pertahanan Jepang, Taman Laut, pantai dengan pasir kuning emas, batu Panglima Layar, dan perigi tulang.

 

  1. Air Terjun Guruh Gemurai

Air Terjun Guruh Gemurai memiliki banyak keunikan yang membuatnya menjadi wisata favorit pengunjung yaitu suara aliran dan air terjunnya sangat bergemuruh. Tentu saja suara ini menjadi favorit wisatawan yang ingin menenangkan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan.

 

  1. Rainbow Hills

Bukit Pelangi atau Rainbow Hills adalah wisata di Riau yang jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Anda pasti penasaran bukan dengan keindahan yang ditawarkan, apakah benar memiliki bukti warna-warni? Jawabannya adalah ya!

Anda akan melihat pemandangan bukit warna-warni yang sudah terlihat dari kejauhan. Garis ketinggian serta warna tanah di bukit ini sangat cantik dan bisa berubah kapan saja. Lokasinya berada di daerah Danau Kayangan yang membutuhkan waktu untuk tiba di sana.

 

  1. Rumah Singgah Tuan Kadi

Ada lagi namanya Rumah Singgah Tuan Kadi yang berada di Pekanbaru dan termasuk wisata menarik. Ada yang mengatakan bahwa dulunya tempat wisata ini merupakan tempat singgah Sultan Siak.

Rumah Singgah Tuan Kadi adalah peninggalan zaman sejarah yang menjadi ikon di Pekanbaru. Anda tidak hanya bisa menikmati rumah singgah saja tetapi juga bisa menikmati keindahan jembatan Siak yang berada di bangunan perumahan.

 

  1. Ulu Kasok

Terakhir adalah Ulu Kasok yang mirip dengan Raja Ampat sehingga banyak wisatawan yang datang ke sini. Lokasinya berada di Desa Pulau Gadang dan masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah Raja Ampat ala Kampar.

Ada beberapa pulau di Ulu Kasok yang berada di dekat bendungan Kota Panjang. Menariknya, air di sini masih sangat jernih dengan warna hijau segar dan diapit dengan hutan lebat. Pemandangan Ulu Kasok benar-benar sangat menakjubkan dan terasa sangat sejuk.

 

Wisata di Riau ada banyak sekali dan wajar saja kalau Anda merasa kebingungan mau pergi ke mana. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang benar-benar menarik perhatian.

 

 

Share :

Baca Juga

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya

WISATA

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya
5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata

WISATA

5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata
Candi Lempuyang Bali

WISATA

Candi Lempuyang Bali – Sejarah, Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!

WISATA

Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!
Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dengan Jogja

WISATA

Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dari Jogja
tempat wisata religi di malang

WISATA

5 Tempat Wisata Religi di Malang, Cocok Dikunjungi Saat Ramadhan
Destinasi Wisata Purworejo Paling Populer dan Viral

WISATA

Destinasi Wisata Purworejo Paling Populer dan Viral
4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik

WISATA

4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik