Home / WISATA

Minggu, 10 September 2023 - 22:15 WIB

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

- Penulis

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

Moccaapedia – Madinah Al Munawwarah atau Madinah adalah kota suci kedua bagi umat Islam yang juga memiliki banyak tempat wisata. Banyak tempat wisata di Madinah yang bisa menjadi tempat untuk menambah kecintaan akan Islam.

Para jemaah umroh dan haji juga sering berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kota Madinah. Baik ke Masjid Nabawi dan ke makam Nabi Muhammad SAW dan jaraknya dari Mekkah adalah sekitar 450 kilometer.

 

Baca Juga :   Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui

 

Tempat Wisata di Madinah

9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi
9 Tempat Wisata di Madinah yang Harus Dikunjungi

 

Bagi Anda yang akan menjalankan rukun Islam kelima bisa mencatat tempat wisata yang berada di Madinah. Anda bisa berkunjung ke sini untuk menikmati pemandangan alam Madinah yang sangat cantik.

 

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah tempat ibadah yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad yang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid Nabawi merupakan tempat paling suci nomor dua setelah Masjidil Haram yang berada di Kota Mekkah.

 

  1. Jabal Uhud

Jabal Uhud adalah wisata di Madinah yang merupakan tempat ziarah dan sangat direkomenadasikan untuk Anda. Jabal Uhud adalah sebuah bukit yang dijanjikan kelak akan menjadi surga.

Bukit tersebut tampak gagah dan berdiri setinggi 350 meter di bagian utara Kota Madinah. Dulunya, Jabal Uhud menjadi tempat perang antara pasukan Mekah dengan umat Muslim yang pernah terjadi pada 625 Masehi.

 

  1. Pemakaman Al-Baqi

Pemakaman Al-Baqi adalah tempat ziarah yang merupakan tempat peristirahatan terakhir dari keluarga Rasulullah saw serta para sahabatnya. Pemakaman Al-Baqi merupakan tempat yang sampai saat ini menjadi tempat sakral bagi umat Muslim yang berangkat ke tanah suci.

 

  1. Madain Saleh Tombs

Madain Saleh Tombs adalah salah satu tempat wisata di Madinah yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke tanah suci. UNESCO menjadikan Madain Saleh Tombs sebagai salah satu warisan dunia dan memiliki nama lain Al-Hijir.

Al-Hijir atau Hegra diyakini sebagai bukti peninggalan sejarah kau Tsamud yang merupakan umat Nabi Sales as. Walaupun sudah ada sejak lama, tetapi Al-Hijir tetap berdiri megah di tengah-tengah hamparan padang pasir.

Anda tidak akan menemukan tempat wisata sejarah religi seperti Madain Saleh Tombs ini di negara lain.

 

  1. Al Hejaz Railway Museum

Buat yang suka mempelajari tentang sejarah kebudayaan Islam bisa langsung datang mengunjungi Al Hejaz Railway Museum. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang juga dianggap sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO ini.

Ada sebuah proyek kuno besar di museum ini yang menjadi pencetus Sultan Ottoman ketika membuat jalur kereta yang menjadi penghubung antara Madinah dengan Istanbul Turki. Arsitekturnya juga sangat indah dan klasik sehingga mempengaruhi arsitektur bangunan di Turki.

Al Hejaz Railway Museum adalah bangunan yang memiliki perpaduan arsitektur antara gaya Barat dengan Timur Tengah sehingga sangat enak dipandang. Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Islam ketika mengunjungi Al Hejaz Railway Museum.

 

  1. Sultanese Street

Wisata Madinah yang tidak kalah terkenal adalah Sultanese Street yang juga merupakan wisata ziaran sekaligus wisata religi dan sejarah. Anda bahkan bisa berburu kuliner dan oleh-oleh khas Madinah lainnya di Sultanese Street.

Di kawasan Sultenese Street, pengunjung akan menemukan banyak pusat perbelanjaaan dengan gaya modern yang menyediakan kebutuhan pengunjung. Anda bisa mencicipi hidangan khas Madinah di restoran-restoran terkenal akan kelezatannya.

 

  1. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain adalah masjid yang berdiri di sebuah bukit kecil Kota Madinah yang merupakan wisata bersejarah. Ada yang mengatakan bahwa masjid ini adalah kiblat kedua sejak zaman Nabi Muhammad saw.

Hal ini karena pada zaman dulu, tepatnya orang-orang dari Bani Salamah menjalankan shalat yang menghadap langsung ke Masjidil Aqsa. Saat itu, wahyu belum turun lalu Allah SWT turunkan mengenai arah kiblat yang menghadap ke arah Ka’bah. Oleh karena itu, masjid ini dinamakan oleh Masjid Qiblatain artinya adalah berkiblat dua.

 

  1. Raudhah

Raudhah merupakan salah satu tempat wisata di Madinah yang merupakan taman surga tempat Rasulullah saw beribadah, menerima wahyu, hingga memimpin shalat. Oleh karena itu, banyak jemaah yang ingin pergi ke sana karena memiliki keutamaan lebih.

 

  1. Masjid Quba

Terakhir adalah Masjid Quba yang berdiri sejak tahun 1 Hijriah dan dibangun oleh Nabi Muhammad saw. Masjid Quba adalah salah satu tempat yang paling bersejarah di Madinah karena penduduk Quba adalah orang pertama yang menyambut kehadiran Nabi Muhammad saw ketika berhijrah ke Kota Madinah.

Dulu, Nabi Muhammad saw juga sering mengunjungi Masjid Quba pada hari Sabtu untuk menjalankan shalat. Oleh karena itu, sampai saat ini Masjid Quba masih menjadi masjid yang ramai dikunjungi khususnya ketika Hari Sabtu.

 

Oleh-oleh Khas Madinah yang Tidak Boleh Dilewatkan

Setelah mengetahui apa saja tempat wisata religi di Madinah, Anda bisa membeli oleh-oleh asli Madinah yang bisa Anda bawa untuk keluarga di rumah. Apa saja oleh-oleh Madinah yang tidak boleh dilewatkan itu?

 

  1. Kain Tenun

Indonesia memiliki kain tenun, namun Madinah juga memiliki kain tenun khas Madinah yang tidak kalah cantik. Biasanya jemaah umroh atau haji mampir untuk membeli kain tenuh ketika berkunjung ke Madinah.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan kain tenun di tangan pengrajin lokal terbuat dari sutra dan kapas. Pembuatan kain tenun menggunakan teknik khusus sehingga hasilnya rapi dan motifnya unik.

 

  1. Minyak Zaitun dari Tanah Suci

Tidak hanya kain tenun, Anda juga bisa membeli minyak zaitun yang berasal dari tanah suci. Buah zaitun tumbuh langsung di tanah dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Dibandingkan dengan minyak zaitun yang ada di negara lain, minyak zaitun di Madinah memiliki kualitas yang lebih baik. Ada banyak manfaat mengkonsumsi minyak zaitun yaitu menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, membantu menurunkan berat badan, dan sebagainya.

 

  1. Madu dari Bunga Acacia

Madu dari bunga acacia juga merupakan oleh-oleh dari Madinah yang sangat terkenal dan memiliki kualitas yang sangat baik. Rasanya juga sangat manis serta tentunya ada banyak kandungan nutrisi.

Anda bisa menjadikan madu dari bunga acacia sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Manfaat madu dari bunga acacia adalah untuk menjaga kesehatan dan berperan sebagai anti bakteri serta anti virus dan bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa madu tersebut memang asli dan berkualitas. Hal ini karena ada banyak produsen yang mencampurkan madu dengan gula hanya untuk membuat rasanya semakin manis. Bahkan ada yang ditambah dengan bahan kimia lainnya sehingga khasiatnya menjadi berkurang.

Caranya adalah Anda bisa membeli langsung dari produsen madu asli untuk menjamin kualitasnya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan langsung khasiat dari madu bunga acacia tersebut untuk kesehatan.

 

Semua tempat wisata di Madinah di atas harus Anda kunjungi selama di Madinah. Anda akan mengetahui banyak pengetahuan baru tentang Islam selama di Madinah.

 

Baca Juga :   7 Wisata Bandung Yang Buka Saat Lebaran, Tersidak!

Share :

Baca Juga

Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah

WISATA

Tempat Wisata di Nusa Ceningan Bali, Dijamin Betah
Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui

WISATA

Inilah 4 Wisata Pantai Situbondo yang Harus Kamu Ketahui
Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya

WISATA

Sewa Elf Indramayu Naba Rent Car Murah Terpercaya
8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main

WISATA

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main
Tempat Wisata Mancing Terbaik di Bandung

WISATA

Tempat Wisata Mancing Terbaik di Bandung
Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!

WISATA

Karimun Jawa Wisata Laut dan Hiu Paling Indah di Jawa !!

WISATA

Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler
5 Tempat Wisata Yellowstone, Taman Nasional Indah di Amerika

WISATA

5 Tempat Wisata Yellowstone, Taman Nasional Indah di Amerika