Home / KESEHATAN

Senin, 24 Juli 2023 - 14:00 WIB

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

- Penulis

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Moccaapedia – Deep talk adalah proses berbicara dengan seseorang mengenai sesuatu atau topik yang mendalam seputar kehidupan atau hubungan. Aktivitas ini bisa dilakukan oleh dua orang dengan memanfaatkan momen yang tenang dan kondusif untuk saling bertukar pikiran.

Anda pasti sering menggunakan istilah ini, namun mungkin tidak tahu pengertian lengkapnya, untuk itu Moccaapedia sudah merangkumnya untuk Anda.

 

Baca Juga :   7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

 

Pengertian Deep Talk

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Deep talk memiliki arti sebagai obrolan yang lebih mendalam mengenai berbagai topik yang dilakukan oleh dua orang dalam suasana yang tenang. Topik mendalam ini sendiri bukan hanya sekedar cuaca atau hobi. Tapi hal hal penting yang terjadi di dalam hidup Anda dan lawan bicara. Atau sesuatu yang menarik bagi Anda dan dia.

Misalnya mengenai isu sosial, ideologi, prinsip hingga politik. Anda juga bisa menggunakan tema isu isu yang sedang hangat. Terkadang deep talk dimulai dengan pertanyaan konyol namun mampu membuat Anda mengeluarkan semua pikiran dengan sudut pandang dan perasaan yang sedang Anda rasakan.

 

Tidak Semua Orang Bisa Melakukan Deep Talk?

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Bagi sebagian besar orang, deep talk adalah kegiatan yang sangat sulit untuk mereka lakukan. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki cukup rasa penasaran untuk menanyakan berbagai hal. Atau mereka yang tidak berani mengungkapkan perspektifnya.

Kegiatan ini sendiri biasanya hanya dilakukan oleh dua orang saja. Karena faktanya memang cukup sulit untuk menemukan seseorang yang bisa Anda jadikan lawan bicara yang enak dan punya satu frekuensi dengan Anda.

Bahkan tidak jarang orang orang yang dekat dan sudah lama Anda kenal, malah tidak bisa jadi teman ngobrol yang baik.

Namun seiring dengan perjalanan hidup Anda. Pastinya akan bisa menemukan seseorang yang akan dapat langsung klik ketika berbicara atau ngobrol ringan.

 

Cara Melakukan Deep Talk yang Benar

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Sebagian besar orang memang menganggap jika komunikasi bukan hal yang mudah. Meskipun sebenarnya komunikasi adalah bagian dari kehidupan semua orang setiap hari. Namun masih saja ada yang beranggapan jika mereka kesulitan dalam berkomunikasi.

Seperti memulai obrolan, mengungkapkan isi hati hingga merasa nyaman berbincang dengan orang lain.

Salah satu cara paling baik untuk memulai obrolan adalah dengan memulai obrolan dengan topik ringan dan biarkan mengalir begitu saja. Karena jika Anda sudah bertemu dengan orang yang tepat.

Kemudian, sebelum mulai berbicara atau mengungkapkan hati. Sebaiknya belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Posisikan Anda sebagai pendengar tanpa harus menghakimi segala keluh kesah atau sudut pandang orang lain.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menemukan lawan bicara yang bisa menghargai Anda. Ketika Anda sudah bisa menghargai orang lain dan orang tersebut juga membalas dengan menghargai Anda.

Maka secara perlahan Anda akan merasa lebih nyaman sehingga akhirnya mampu mengungkapkan apa yang ada di dalam kepala Anda.

Jalan lupa untuk memilih tempat yang nyaman agar suasana bisa menjadi lebih rileks dan menyenangkan.

Selain itu, coba pilihlah topik yang ringan terlebih dahulu hingga nanti perlahan mulai beranjak ke topik yang lebih berat. Lebih penting lagi adalah dengan memilih topik yang umum agar lawan bicara Anda juga dapat memahaminya dan memberikan pendapat.

Sehingga obrolan pun, mulai terbuka baik Anda atau lawan bicara saling mengemukakan pendapatnya. Di sini Anda harus tetap ingat untuk menghargai setiap pendapat yang lawan bicara berikan ya.

Selain itu deep talk adalah komunikasi dua arah yang membutuhkan umpan balik. Sehingga sebaiknya jangan terlalu sering menceritakan diri sendiri yang akan membuat lawan bicara lebih sering pasif.

 

Baca Juga :   Mengetahui Titik Umum Akupuntur Untuk Asam Lambung Serta Manfaatnya!

 

Manfaat Deep Talk untuk Kesehatan Mental

Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya
Deep Talk, Pengertian dan Manfaatnya

Salah satu manfaat yang paling umum yang dapat Anda temukan dari deep talk adalah menjadi lebih dekat dengan lawan bicara. Terutama jika lawan bicara adalah pasangan, teman, sahabat atau bahkan saudara.

Karena dengan  begitu, Anda akan mulai mengerti dan saling memahami satu sama lain yang menjadikan adanya kedekatan atau chemistry antara Anda dan lawan bicara.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang harus Anda ketahui dari adanya deep talk, seperti:

 

Baca Juga :   Wow, Kenali Ciri Ciri Jerawat Pubertas dan Penyebabnya

 

1. Perasaan Menjadi Lebih Lega

Banyak penelitian yang menemukan jika ketika Anda saling berbagi emosi negatif dengan orang terdekat. Maka rasa stress dan tekanan yang Anda rasakan. Baik secara fisik maupun mental yang Anda rasakan akan menjadi berkurang.

Sehingga, ada baiknya jika Anda tidak terlalu lama memendam masalah dan perasaan negatif Anda terlalu lama.

Karena, pada saat Anda mengeluarkan perasaan negatif maka akan secara tidak sadar Anda sedang mengurangi respons amigdala.

Amigdala ini sendiri adalah bagian otak yang memiliki tugas untuk mengatur proses emosional dalam diri. Seperti adanya rasa takut, sedih hingga marah.

Selain itu, cara ini juga bisa membuat Anda mampu menerima keadaan yang sedang tidak baik baik saja. Anda juga bisa memperoleh ketenangan dan bebas dari emosi yang Anda rasakan selama ini.

 

2. Menambah Rasa Bahagia dalam Hati

Sebuah penelitian yang Psychological Science lakukan. Telah berhasil menemukan jika  mereka yang sering deep talk akan jauh lebih bahagia. Daripada mereka yang jarang melakukannya atau bahkan tidak pernah sama sekali.

Namun sayangnya hingga saat ini masih belum dipastikan apa yang menghubungkan keduanya, salah satu kemungkinannya adalah. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tentunya membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya.

Sehingga deep talk jelas cukup efektif untuk membuat Anda lebih bahagia berkat adanya hubungan antar sesama yang lebih erat.

 

3. Memperluas Sudut Pandang

Setiap manusia tentunya memiliki sudut pandang masing-masing yang berbeda akan suatu hal. Dengan mengetahui sudut pandang atau perspektif orang lain, maka akan membuat Anda sadar jika masih ada sudut pandang lain yang tidak pernah Anda tahu dan pikirkan sebelumnya.

Selain itu, Anda juga bisa belajar melihat setiap masalah dari sudut pandang yang berbeda. Dan bukan hanya berdasarkan sudut pandang Anda sendiri. Karena hal ini cenderung akan membuat Anda menjadi orang yang egois.

Karena dengan mengetahui sudut pandang orang lain, Anda dapat melihat masalah dari kacamata yang berbeda yang mana tidak semua yang ada di pikiran Anda 100% benar.

Kemampuan ini juga bisa menjadi pengetahuan baru yang bermanfaat bagi Anda kedepannya.

 

4. Menjaga Kehangatan Hubungan dengan Banyak Orang

Deep talk bisa memberikan manfaat untuk mempererat hubungan dengan banyak orang. Mulai dari pasangan, teman hingga saudara. Bahkan antara orang tua dan anak. Maka cobalah untuk menerapkan hal ini untuk menjaga kehangatan hubungan Anda dengan banyak orang.

Karena meski sudah bersama bertahun-tahun, Anda belum tentu tahu apa yang ada di pikiran orang-orang terdekat Anda. Contohnya, orang tua yang melahirkan dan membesarkan anaknya saja tidak pernah tahu apa yang ada di dalam isi hati maupun pikiran anaknya.

Sehingga deep talk bisa dilakukan orang tua untuk tahu apa yang sedang anaknya pikirkan, atau apakah anaknya sedang mengalami masalah atau perasaan yang membuat mereka merasa cemas.

 

Ternyata manfaat deep talk banyak juga, terutama untuk menjalin hubungan agar lebih erat dengan banyak orang.

 

Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat

Share :

Baca Juga

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

KESEHATAN

Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh
Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet

FASHION

Menjaga Kebersihan Pakaian Anti Ribet
Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!

KESEHATAN

Yuk Kenali Perbedaan Darah Rendah Dan Kurang Darah Agar Tidak Salah Obat!
Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan

KESEHATAN

Mitos atau Fakta, 7 Tanda Hamil Bayi Perempuan
3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

3 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Dijamin Efektif

KESEHATAN

Peran Dancow Parenting Reward untuk Orang Tua
Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

KESEHATAN

Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu
Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa 

KESEHATAN

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Bulan Puasa