Home / KESEHATAN

Senin, 24 Juli 2023 - 22:50 WIB

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

- Penulis

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Moccaapedia Gangguan kecemasan menyeluruh adalah salah satu jenis gangguan kesehatan mental yang dapat menyerang siapa saja apabila tidak segera teratasi. Penyebabnya bisa bermacam-macam salah satunya adalah faktor biologis.

Kondisi ini sangat berbeda dengan cemas biasa karena gejalanya saja sudah berbeda. Perbedaan paling jelas adalah dari penyebabnya. Apabila cemas biasa pasti penyebabnya jelas namun orang dengan gangguan cemas bisa merasakan cemas tanpa alasan.

 

Baca Juga :   Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

 

Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh
Kondisi Serius, Ini Pengertian Gangguan Kecemasan Menyeluruh

 

Generalized anxiety disorder atau GAD adalah kondisi kesehatan mental dengan ciri-ciri merasa cemas berlebih sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, perasaan kecemasan itu semakin tidak terkendali.

Pasien gangguan kecemasan menyeluruh tidak merasakan kecemasan seperti orang normal lainnya. Rasa cemasnya berbeda karena bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Bahkan pencetusnya tidak ada alias cemas tanpa alasan.

Jadi, seorang dengan GAD dalam dirinya tidak ada perasaan tenang sedikitpun bahkan ketika berada di situasi yang biasa-biasa saja. Pikirannya selalu tegang dan merasa bahwa akan terjadi hal buruk. Padahal itu hanya kecemasannya saja karena tidak ada hal apapun yang akan terjadi.

Oleh karena itu kondisi ini juga dikenal dengan istilah gangguan kecemasan kronis atau gangguan kecemasan umum. Walaupun kesulitan untuk menenangkan diri, orang dengan GAD seringkali tidak bisa menceritakan perasaan cemasnya. Baginya, orang lain akan menganggapnya hanya cemas biasa.

Jadi, kebanyakan dari mereka hanya memendamnya sendiri sambil terus mencoba untuk menenangkan dirinya. Padahal untuk mengatasi gangguan kecemasan menyeluruh perlu bantuan tenaga profesional seperti psikiater atau psikolog.

 

Gejala Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Lalu apa saja gejala dari penyintas gangguan cemas kronis? Gejala-gejala di bawah ini akan memudahkan Anda untuk membedakan gangguan kecemasan dan cemas biasa. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Berkeringat dingin
  • Sesak napas atau jantung berdebar
  • Sakit atau nyeri dada
  • Mudah tersinggung
  • Gampang kaget
  • Kesulitan untuk mengunyah makanan
  • Kesulitan konsentrasi
  • Tidak bisa rileks atau tenang
  • Kram perut, sakit kepala yang tidak ada penyebabnya
  • Rasa khawatir berlebihan terhadap semua masalah
  • Tidak bisa mengontrol perasaan cemas yang menyerang
  • Sadar bahwa kecemasannya sudah berlebihan namun tidak tahu cara mengendalikannya
  • Gampang merasa lelah
  • Mengalami gangguan tidur

Pemilik gangguan cemas menyeluruh adalah orang-orang yang mengkhawatirkan berbagai hal seperti kesehatan, keluarga, pendidikan, karir, keuangan, pekerjaan rumah, dan tanggung jawab lainnya.

Orang-orang tersebut akan terus merasa cemas dengan alasan yang tidak jelas. Kalaupun ada alasannya, mereka akan tetap merasa cemas yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Seperti misalnya selesai dengan topik satu, penyintas GAD akan mencemaskan topik lainnya. Hal tersebut akan terus menerus terjadi dan tidak ada habisnya.

 

Baca Juga :   5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

 

Faktor Risiko Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Semua gangguan kesehatan mental termasuk GAD pasti ada penyebabnya. Hanya saja penyebabnya bukan hanya satu, melainkan banyak penyebab. Berikut ini beberapa faktor risiko seseorang yang rentan mengalami GAD.

 

1. Mengalami Pengalaman Tidak Menyenangkan Selama Hidup

Seperti yang Anda tahu bahwa seseorang yang memiliki trauma mendalam mentalnya akan terguncang. Termasuk penderita GAD yang mungkin di masa lalu pernah mengalami hal-hal tidak menyenangkan.

Setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda-beda. Ada yang mampu melewati hal tersebut dengan bijak, ada juga yang tidak. Tidak ada yang bisa memprediksi perubahan sehingga menimbulkan rasa ketakutan.

 

2. Faktor Genetika

Gangguan kecemasan menyeluruh tidak menular namun bisa menurun. Seseorang yang lahir dari penyintas GAD akan rentan terkena GAD. Kata rentan di sini bukan berarti pasti terjadi, hanya saja jika seorang anak tidak mendapat pola asuh yang tepat atau lingkungannya tidak positif, gangguan mental tersebut bisa menurun.

 

3. Karakter Diri

Apabila Anda merupakan orang yang mudah iri hati dan sering merasa tidak enakan terhadap orang lain, lebih rentan mengalami GAD. Apalagi jika Anda termasuk orang yang suka lari dari masalah dan takut menghadapi masalah tersebut. Ada kemungkinan GAD akan menyerang Anda.

 

Bagaimana Diagnosis Gangguan Kecemasan Menyeluruh?

Seseorang yang merasakan gejala-gejala di atas dalam jangka waktu lama sebaiknya segera memeriksakan kondisinya ke psikolog atau psikiater terdekat. Penting untuk tidak melakukan self diagnose karena hal tersebut tidak akan memperbaiki kondisi mental Anda. Di bawah ini beberapa hal yang akan dilakukan oleh psikiater sebelum memberikan diagnosis kepada Anda.

 

  • Meminta pasien untuk mengisi kuisioner terkait kondisi mental agar mendapatkan diagnosis yang tepat
  • Akan bertanya lebih lanjut tentang gejala yang Anda alami dan riwayat kesehatan
  • Melakukan tes urine atau tes darah untuk menentukan apakah ada kondisi medis tertentu yang Anda alami sebagai penyebab dari gangguan kecemasan menyeluruh
  • Melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai gejala atau mungkin berkaitan dengan penggunaan obat-obatan tertentu.

 

Bagaimana Cara Memulihkan Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Sesuai dengan penjelasan mengenai apa itu gangguan kecemasan menyeluruh, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulihkan diri apabila mengalami gangguan mental tersebut. Di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sehari-hari.

 

1. Olahraga Cukup

Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan kondisi gangguan kecemasan ini. Misalnya jogging di pagi hari, workout, yoga, dan olahraga lainnya. Lakukan secara rutin karena ketika berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat sekaligus hormon stress. Sehingga hormon kebahagiaan juga akan ikut meningkat.

Suasana hati yang baik akan membuat Anda semangat untuk menjalani hari. Memulai pagi dengan aktivitas positif adalah hal yang harus Anda lakukan karena sangat mempengaruhi suasana hati di hari itu.

 

2. Kurangi Konsumsi Kafein dan Rokok

Walaupun tidak bisa menyembuhkan gangguan kecemasan menyeluruh, mengurangi konsumsi kafein dan rokok akan membantu memulihkan kondisi Anda. Lebih baik cari aktivitas lain untuk pengalihan agar bisa berhenti merokok.

 

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin diet karena bisa menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis buah yang bisa Anda coba sebagai ganti camilan. Daripada mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan Anda bisa mencoba membuat salad, oatmeal, dan makanan sehat lainnya.

Boleh saja untuk mengkonsumsi makanan-makanan berlemak dan cepat saja, hanya saja atur porsinya. Jangan sampai berlebihan karena semua yang masuk ke tubuh Anda akan mempengaruhi kondisi mental.

 

4. Menjaga Pola Tidur

Selain pola makan dan berolahraga cukup, menjaga pola tidur juga bisa memulihkan gangguan kecemasan menyeluruh. Pada umumnya orang dewasa membutuhkan 7 sampai 8 jam waktu tidur di malam hari. Orang yang kurang tidur akan mudah merasa gelisah dan mengalami kesulitan konsentrasi.

Cara agar tidur nyenyak adalah dengan mengatur ruangan senyaman mungkin, mengurangi konsumsi gadget sebelum tidur, dan sebagainya. Kalau bisa Anda tidur di jam yang sama setiap malam.

 

5. Melakukan Relaksasi

Cara terakhir adalah dengan melakukan relaksasi sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Anda bisa melakukan latihan pernafasan agar mengurangi rasa cemas. Ada banyak teknik pernapasan yang bisa Anda lakukan.

 

Gangguan kecemasan menyeluruh bukanlah kondisi sepele apalagi kalau tingkatannya sudah berat. Selain melakukan kelima cara di atas, biasanya psikiater akan meresepkan obat-obatan untuk mengurangi gejala. 

 

Baca Juga :   4 Tips Menjaga Kesehatan Lingkungan untuk Jangka Panjang

Share :

Baca Juga

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Mengenal Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan

KESEHATAN

Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan, Apakah Efektif?
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS
7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala

KESEHATAN

7 Obat Demam Alami untuk Meredakan Gejala
Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?

KESEHATAN

Berapa Harga Susu Anlene dan Manfaatnya?
dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan

KESEHATAN

dr Tiwi Menu MPASI 6 Bulan Selama Sebulan
Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba Biar Stay Strong Walau Udara Panas Dingin  

KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Supaya Tetap Kuat
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa

KESEHATAN

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Bulan Puasa