Home / KESEHATAN

Senin, 4 September 2023 - 11:42 WIB

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

- Penulis

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

Moccaapedia – Ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi dan semua kaya akan manfaat mengingat karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat dapat menghasilkan glukosa pada tubuh yang akan berubah menjadi sumber energi.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat, tubuh Anda akan semakin kuat dan sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi karbohidrat secara rutin khususnya saat sarapan.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Wajib Kamu Tahu

 

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan
12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Baik Bagi Kesehatan

 

Cara kerja karbohidrat dalam tubuh adalah dengan menghasilkan pati dan glukosa kemudian kandungan tersebut tersebar ke seluruh tubuh. Setelah itu, glukosa akan berubah menjadi sumber energi untuk beraktivitas sehari-hari.

 

  1. Nasi Merah

Nasi merah adalah makanan yang kaya akan karbohidrat dan cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini menyebabkan nasi merah lebih sehat daripada nasi putih yang bisa Anda konsumsi.

Pada 1 cangkir nasi merah yang sudah matang terdapat 36 gram karbohidrat sehingga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Walaupun rasanya pahit, tetapi nasi merah juga mengandung zat antioksidan dan kaya akan serat.

 

  1. Ubi

Ubi adalah rekomendasi makanan yang mengandung karbohidrat dan cocok untuk menjadi menu pengganti nasi. Ubi adalah makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dan Anda bisa mengolahnya dengan beragam cara mulai dari kukus, rebus, atau bakar.

Bahkan sekarang banyak orang yang membuat camilan berbahan dasar ubi dan rasanya tentu manis. Ubi juga termasuk makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang lebih sehat dari karbohidrat sederhana.

Kandungan berupa karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lama untuk terproses dalam tubuh sehingga Anda tidak akan merasa cepat lapar. Selain itu, manfaatnya adalah mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Selain mengandung karbohidrat kompleks, ubi juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan serat.

 

  1. Kurma

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah kurma yang paling dicari saat Puasa Ramadhan. Pada bulan itu, ada banyak penjual kurma di pinggir jalan yang menjual kurma dengan harga yang bervariasi.

Tapi tahukah Anda bahwa kurma memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi? Pada 100 gram terdapat 17.99 sampai 36 gram karbohidrat sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Tidak hanya mengandung karbohidrat saja tetapi kurma juga mengandung kalium, vitamin A, fosfor, dan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Sehingga mengkonsumsi kurma secara rutin akan berdampak baik bagi tubuh.

Kandungan mineral yang ada pada kurma juga baik bagi kesehatan kandungan ibu hamil dan menyusui. Manis kurma berasal dari glukosa sehingga Anda bisa menyerap energi yang diberikan kurma khususnya ketika bulan puasa mengingat banyaknya energi yang terbuang.

 

  1. Gandum atau Oat

Adapun makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah gandum atau oat yang bisa menjadi pengganti nasi dan makanan kesukaan banyak kalangan. Oat sendiri adalah makanan yang kaya akan karbohidrat serta serat sehingga bagus untuk organ pencernaan.

Oat berasal dari gandum utuh yang sangat direkomendasikan untuk penderita kolesterol tinggi, jantung, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, gandum juga mengandung niasin, folat, tamin, dan vitamin B.

Gandum sendiri merupakan makanan yang bersumber dari riboflavin yang berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi sel darah merah pada tubuh.

 

  1. Nasi Putih

Pasti Anda sudah tahu bahwa nasi putih adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh, seseorang bisa makan nasi putih 3x sehari.

Hal ini tidak salah mengingat karbohidrat yang bisa berubah menjadi sumber energi. Sebaliknya, jika Anda melakukan diet ketat dengan mengurangi konsumsi karbohidrat bisa merusak kesehatan mental.

Karbohidrat adalah nutrisi yang dapat meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh sehingga suasana hati bisa meningkat. Anda tentu ingin bukan selalu berada dalam perasaan bahagia tanpa khawatir? Oleh karena itu Anda perlu mengkonsumsi karbohidrat secara rutin.

 

Baca Juga :   5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

 

  1. Kacang Merah

Kalau ingin membatasi konsumsi nasi putih bisa mencari penggantinya yaitu kacang merah yang juga kaya akan kandungan karbohidrat. Diketahui dalam 1 cangkir kacang merah terdapat 21 gram karbohidrat yang cukup untuk tubuh.

Kacang merah juga mengandung serat, zat besi, protein, dan kalium yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada usus besar. Anda bisa mengkonsumsi kacang merah secara rutin namun tidak boleh berlebihan.

 

  1. Sayuran

Sayuran juga menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat serta menjadi sumber mineral dan vitamin bagi tubuh. Adapun jenis sayuran yang tinggi akan karbohidrat dan perlu dihindari adalah sebagai berikut.

  • Dalam 170 gram mengandung 17 gram karbohidrat
  • Ubi jalar berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat
  • Dalam 165 gram jagung mengandung 24 gram karbohidrat
  • Kentang berukuran sedang terdapat 34 gram kandungan karbohidrat

 

  1. Buah-Buahan

Kalau sayur saja mengandung karbohidrat, berarti buah-buahan juga sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Adapun buah-buahan yang tinggi karbohidrat sehingga perlu Anda hindari adalah sebagai berikut.

  • Dalam 165 gram mangga mengandung 25 gram karbohidrat
  • 2 buah kurma berukuran sedang terdapat 36 gram kandungan karbohidrat
  • Sebanyak 1 ons atau 28 gram kismis terdapat 23 gram karbohidrat
  • Pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat
  • Satu biji apel mengandung 23 gram karbohidrat

Selain buah-buahan yang disebut di atas Anda bisa mengkonsumsinya. Sebenarnya tidak masalah mengkonsumsi buah dan sayuran di atas, hanya saja tidak baik kalau berlebihan.

 

  1. Singkong

Singkong bisa menjadi alternatif makanan dengan kandungan karbohidrat berikutnya. Tidak hanya itu, singkong juga mengandung serat dan indeks glikemiknya rendah, sehingga Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari.

Selain itu, singkong juga mengandung zat besi, kalsium, selenium, magnesium, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

 

  1. Jagung

Biji-bijian seperti jagung juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan sumber karbohidrat selain nasi putih. Kadar glikemik pada jagung terbilang rendah sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan kadar gula tetap terjaga.

Tidak hanya itu, jagung juga memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi dari buah apel, sehingga bisa menangkal radikal bebas yang merusak sistem tubuh.

 

  1. Quinoa

Tahukah Anda apa itu quinoa? Quinoa adalah makanan yang termasuk biji-bijian dan mengandung protein serta serat. Sama halnya dengan jagung, mengkonsumsi quinoa juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Fakta menarik tentang quinoa adalah tidak mengandung gluten sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet bebas gluten. Anda akan merasa kenyang lebih lama dan kadar gula juga tetap terjaga dengan mengkonsumsi quinoa.

 

  1. Kentang

Kentang termasuk umbi-umbian yang kaya akan kandungan pati, mineral, vitamin B6, vitamin C, dan zat besi. Namun, Anda tetap harus membatasi konsumsi kentang dalam jumlah besar karena indeks glikemiknya sangat tinggi.

Cara mengolah kentang juga perlu diperhatikan yaitu bisa dengan merebus, menghaluskan, atau memanggang kentang. Hal ini karena ketika Anda mengkonsumsi kentang goreng, hanya ada kandungan lemak di dalamnya.

 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat adalah hal baik bagi tubuh karena jika kekurangan karbohidrat, kesehatan bisa terganggu. Namun, perhatikan makanan yang dikonsumsi karena tidak boleh berlebihan.

 

Baca Juga :   Jangan Sepelekan! Berikut 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Tubuh

Share :

Baca Juga

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Manusia

KESEHATAN

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Manusia
Kelapa Muda Ingusan

KESEHATAN

Apa itu Kelapa Muda Ingusan? Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa 1

KESEHATAN

Waspada, Kenali Gejala Omicron XBB yang Mirip Flu Biasa
Mengenal Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan

KESEHATAN

Defisit Kalori Untuk Turunkan Berat Badan, Apakah Efektif?
Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita

KESEHATAN

Rekomendasi Sufor Tinggi Kalori untuk Balita
4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur

KESEHATAN

4 Obat Batuk Alami, Dijamin Manjur
Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya

KESEHATAN

Macam-macam Vitamin Lengkap dengan Manfaatnya
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS