Home / TEKNOLOGI

Selasa, 18 Juli 2023 - 09:23 WIB

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

- Penulis

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

Moccaapedia – Empat bidang yang berperan besar dalam dunia adalah science, math, engineering, dan technology. Tentu saja di antara 4 bidang itu terdapat ilmuwan yang berperan penting dalam penemuannya. Contohnya adalah ilmuwan wanita di bidang teknologi yang dapat meningkatkan kualitas manusia saat ini.

Para ilmuwan di bawah ini memiliki kontribusi yang besar dalam menemukan dan menciptakan pemrograman. Bahkan ada beberapa ilmuwan yang mendapatkan penghargaan berkat jasanya itu.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Apple ID Tanpa Perangkat iPhone

 

Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya
5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

 

Tanpa adanya ilmuwan dari bidang teknologi, manusia tidak akan bisa hidup nyaman sampai saat ini. Oleh karena itu sudah seharusnya manusia bisa menghargai penemuan mereka bahkan kalau bisa mengembangkannya. Berikut ini beberapa ilmuwan wanita di bidang teknologi.

 

  1. Radia Perlman

Radia Perlman adalah seorang insinyur jaringan dan programmer Amerika yang lahir pada 18 Desember 1951. Penemuannya yang paling terkenal adala STP atau spanning tree protocol yang merupakan dasar dari pengoperasian jembatan jaringan.

Tidak hanya itu, Perlman juga memberikan kontribusi di bidang lain seperti standarisasi jaringan dan desain. Perlman lahir dari seorang ibu seorang matematikawan yang bekerja sebagai programmer dan ayah yang bekerja di radar.

Lahir dari orang tua yang menyukai matematika dan sains membuat Perlman merasa tertarik dengan dua bidang tersebut. Selain itu, Perlman sering mendapatkan nilai tertinggi dari dua pelajaran di atas.

Selain mencintai matematika dan sains, Perlman juga mencintai musik dan sastra. Ia memiliki hobi bermain terompet dan piano saat di Prancis. Berkat nilainya yang tinggi di MIPA membuat Perlman memutuskan untuk mengambil kelas programmer di sekolah menengah. Kemudian Perlman memutuskan untuk menjadi mahasiswa MIT.

Pada tahun 1971 Perlman mendapatkan kesempatan dengan menjadi programmer paruh waktu di kampusnya. Ketika bekerja di Digital Equipment Corporation, Perlman menulis sebuah buku mengenai jaringan.

Buku tersebut ditulis bersama dengan penulis lain yang juga ahli teknologi. Ada banyak penghargaan yang berhasil Perlman raih yaitu sebagai berikut.

  •         Rekan dari Association for Computing Machinery 2016
  •         20 orang paling berpengaruh di industri
  •         Honorary Doctorate dari Royal Institute of Technology
  •         National Inventors Hall of Fame
  •         Internet Hall of Fame
  •         Penghargaan SIGCOMM
  •         Penghargaan dari Silicon Valley Intellectual Property Law Association
  •         Penghargaan dari Anita Borg Institute Women of Vision Award

 

  1. Grace Hopper

Salah satu ilmuwan wanita yang berpengaruh di dunia adalah Grace Hopper yang lahir pada tanggal 9 Desember 1906. Hopper adalah seorang perwira tinggi Angkatan Laut Amerika sekaligus ilmuwan komputer.

Hopper lahir dengan nama Grace Brewster Murray di New York yang merupakan anak sulung dari 7 bersaudara. Sejak kecil, Hopper selalu penasaran dengan cara kerja jam alarm kemudian karena rasa ingin tahunya yang besar ia memutuskan untuk membongkar 7 jam alarm.

Sempat ditolak di Vassar College karena nilai bahasa Latinnya sangat rendah, akhirnya berhasil lulus dengan gelar sarjana di bidang Fisika dan Matematika. Kemudian Hopper melanjutkan studi masternya di Universitas Yale dua tahun setelah lulus.

Ada banyak penghargaan yang sudah Hopper raih sejak tahun 1969 hingga 2013 yaitu sebagai berikut.

  •         Penghargaan dari Data Processing Management Association sebagai computer sciences man of the year 1969
  •         Penghargaan dari Association for Computing Machinery sebagai Grace Murray Hopper Award for Outstanding Young Computer Professionals 1971
  •         Penghargaan Distinguished Fellow of the British Computer Society di tahun 1973. Hopper juga menjadi perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan ini di dunia.
  •         American Association of University Women Achievement Award tahun 1982
  •         Defense Distinguished Service Medal 1986
  •         Computer History Museum Fellow Award 1987
  •         Golden Award dari Toastmasters International di Washington DC tahun 1988
  •         National Medal of Technology 1991
  •         USS Hopper DDG 70 (kapan militer AS yang dinamai dengan nama wanita) 1996
  •         Puisi Eavan Boland berjudul Code tentang Grace Hopper tahun 2011
  •         National Energy Research Scientific Computing Center menamai kapal mereka di tahun 2009 dengan nama Hopper
  •         Tampil di fitur Google Doodle pada halaman pertama Google tahun 2013

 

Baca Juga :   Rekomendasi Kamera untuk Pemula dengan Fitur Canggih

 

  1. Annie Easley

Annie Easley merupakan salah satu ilmuwan wanita di bidang teknologi yang sangat berjasa. Annie lahir pada tanggal 23 April 1933 yang merupakan seorang matematikawan, ahli komputer, dan ilmuwan roket Amerika.

Ilmuwan ini pernah bekerja di Lewis Research Center yang sekarang Anda kenal dengan nama Glenn Research Center dari NASA. Ia adalah salah satu anggota paling terkenal yang bekerja untuk mengembangkan perangkat lunak pada roket.

Selain itu, Annie juga merupakan orang pertama Afrika – Amerika yang bekerja di NASA. Annie menempuh pendidikan di Holy Family High School kemudian menjadi pembaca pidato saat hari kelulusannya.

Annie sebenarnya minat untuk menjadi perawat dan saat usianya menginjak 16 tahun, ia memilih untuk melanjutkan pendidikan di sekolah farmasi selama dua tahun di Universitas Xavier New Orleans.

Kemudian Annie melanjutkan pendidikannya di Cleveland State University dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor di bidang Matematika. Tahun 1955, Easley memilih untuk memulai karirnya di NACA.

Tugas Annie selama 34 tahun berkarir adalah menerapkan kode komputer dan mengembangkannya untuk berbagai proyek. Di tahun 1970-an Annie menjalankan proyek untuk menganalisis kerusakan ozon.

 

  1. Marie Van Brittan Brown

Ilmuwan wanita di bidang teknologi yang berikutnya adalah Marie Van Brittan Brown dan juga berhasil menemukan penemuan yaitu kamera pengawas atau CCTV. Benda tersebut masih digunakan sampai saat ini.

Perempuan yang lahir pada tahun 1922 ini berasal dari New York, dulunya ia adalah seorang perawat dan suaminya bekerja sebagai seorang teknisi elektronik. Perempuan keturunan Afrika – Amerika ini sering mendapat perlakuan diskriminatif dari warga Amerika Serikat.

Belum lagi kejahatan di sekitar rumahnya sering terjadi membuatnya dan suaminya terus berjaga siapa yang berada di depan rumah. Ia kemudian membuat empat lubang untuk mengintip siapa di luar rumah.

Kemudian ide muncul, Marie dan suami akhirnya memutuskan untuk membuat kamera pengintai yang bisa bergerak ke seluruh area rumah sesuai dengan perintah pemilik. Marie memasang monitor untuk memantau di kamar tidurnya.

Tidak hanya itu, bahkan Marie juga memasang mikrofon untuk memudahkannya berbicara dengan tamu tanpa harus keluar dari kamar. Pada Agustus 1966 Marie mengajukan hak paten atas kamera pengintai tersebut.

Lalu tiga tahun kemudian lebih tepatnya 2 Desember 1969 hak paten tersebut terbit. Marie meninggal pada 2 Februari 1999, tetapi temuannya tersebut digunakan untuk sistem keamanan di dunia. Orang-orang kemudian mengenalnya dengan istilah CCTV.

 

  1. Hedy Lamarr

Terakhir adalah Hedy Lamarr yang menjadi awal mula WiFi muncul dan kehadirannya sangat bermanfaat sampai saat ini. Hedy Lamarr merupakan seorang aktris Hollywood senior yang merupakan wanita tercantik di dunia.

Ketika melihat wajahnya mungkin Anda langsung teringat dengan Snow White karena memang pernah menjadi inspirasi dari karakter princess tersebut. Ia berkarir selama 28 tahun dan setelah Hedy Lamarr meninggal baru mengetahui tentang penemuannya itu.

Ia berhasil menemukan teknologi wireless atau sistem nirkabel yang menjadi gerbang utama WiFi, bluetooth, dan GPS. Temuan tersebut sudah ada sejak 1940-an hanya saja baru terkenal di tahun 1980-an.

Ada banyak ilmuwan wanita di bidang teknologi yang berkontribusi besar pada kehidupan. Temuan mereka berhasil mengubah dunia khususnya di bidang teknologi menjadi lebih baik.

 

Baca Juga :   10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap

Share :

Baca Juga

Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang

TEKNOLOGI

Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang
Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!

TEKNOLOGI

Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!
Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

TEKNOLOGI

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis
Cara Membersihkan Furniture Kayu

TEKNOLOGI

5 Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet, Tahan Lama
100% Berhasil, Ini Cara Merekam Layar HP Vivo Y12 dengan Suara

TEKNOLOGI

100% Berhasil, Cara Merekam Layar HP Vivo Y12 dengan Suara
kendaraan listrik

TEKNOLOGI

Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik, Sudah Tahu?
Gampang, Ternyata Ini Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone

TEKNOLOGI

Gampang, Ternyata Ini Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone
Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3S

TEKNOLOGI

Cara Transfer Data Samsung ke Samsung yang Gampang Banget