Home / TEKNOLOGI

Selasa, 11 Juli 2023 - 11:28 WIB

Line, Aplikasi Chat Gratis Dengan Berbagai Fitur

- Penulis

Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur

Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur

Moccaapedia Line adalah aplikasi berlogo hijau yang fungsinya untuk mengirim chat. Hampir sama dengan Whatsapp, Line merupakan aplikasi yang menyediakan banyak stiker lucu. Selain itu, pengguna juga bisa mengubah tema aplikasi.

Pengguna bisa memilih tema sesuai keinginan dan mengubahnya secara gratis. Tersedia di semua sistem operasi seperti Android, iOs, Windows, Chrome, dan MacOS. Pengguna dari aplikasi Line juga sudah banyak.

 

Baca Juga :   Pola JP Starlight Princess Pembawa Keberuntungan Awal Tahun 2024

 

Sejarah Singkat Aplikasi Line

 

Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur
Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur

 

Pada Maret 2011 silam terjadi tsunami dan gempa bumi di Tohoku Jepang yang merusak infrastruktur telekomunikasi negara tersebut. Hal ini membuat masyarakat setempat mengandalkan sumber daya berbasis internet untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kemudian ada sebuah perusahaan yang mengembangkan Line sehingga bisa membantu para korban bencana Tohoku. Akhirnya pada Bulan Juni 2011, perusahaan mulai merilis ke publik dan berhasil mendapatkan 100 juta pengguna.

Dalam waktu 18 bulan, pengguna Line sudah meningkat drastis yaitu mencapai 200 juta pengguna. Line termasuk jejaring sosial terbesar di Jepang saat tahun 2013 dan satu tahun kemudian sudah mendapat 500-an juta pengguna.

Maret 2021, perusahaan pengembang Line melakukan merger dengan SoftBank Group Z Holdings yang berhasil meningkatkan jumlah pengguna sehingga menjadi aplikasi paling populer di Thailand dan Taiwan.

 

Fitur Aplikasi Line

Ada banyak fitur pada aplikasi tersebut sehingga memudahkan para pengguna apabila ingin mengirim pesan kepada orang lain. Cara menghubungkan kontak bisa dengan nomor telepon atau menambahkan id line.

ID Line biasanya dibuat saat pertama kali mendaftar ke aplikasi tersebut dan Anda tidak dapat mengubahnya. Di bawah ini beberapa fitur pada aplikasi Line yang sangat menarik.

1. Tema dan Sticker

Kalau berbicara perihal sticker-sticker lucu, Line merupakan juaranya. Semua fiturnya berkarakter dan jarang ada di aplikasi chatting lainnya. Telegram dan Whatsapp selaku aplikasi kompetitor memiliki stiker yang berbeda dengan Line.

Pengguna dapat mengunduh stiker sebanyak-banyaknya, namun ada beberapa stiker yang berbayar. Selain itu, terdapat juga berbagai pilihan tema gratis dan berbayar yang sangat keren. Apabila ingin menggunakan tema berbayar, pengguna perlu mengisi koin sesuai dengan harga tema. Anda bisa top up koin lewat GoPay, kartu kredit, kartu debit, dan Google Play.

 

2. Line Shopping

Aplikasi berikutnya yang menjadi ciri khas Line adalah Line shopping yang hampir sama dengan marketplace. Pengembang bekerja sama dengan iPrice untuk menjual berbagai produk seperti laptop, charger, kaos, celana, dan sebagainya.

 

3. Line Today

Siapa yang tidak kenal dengan Line Today? Fitur ini sama dengan fitur berita lainnya yang menyajikan beragam informasi menarik seputar games, otomotif, dunia artis, hiburan, teknologi, musik, dan sebagainya.

Line Today merupakan bagian dari LINE Corporation yang sudah bekerja sama dengan media-media Indonesia seperti Kumparan, Kompas, Liputan6, Medcom, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengakses fitur ini langsung ke aplikasi atau browser.

 

4. Line Webtoon

Bagi penggemar komik sebaiknya segera mengunduh aplikasi ini karena menyediakan fitur Webtoon. Fitur tersebut dikembangkan oleh Naver Corporation pada tahun 2004 di Korea. Anda bisa membaca komik setiap hari secara gratis.

 

5. Line Pay

Fitur selanjutnya adalah Line Pay yang terkenal sejak 16 Desember 2014 silam. Fungsi dari fitur tersebut adalah untuk kemudahan transaksi pengguna yang ingin melakukan pembayaran ke minimarket atau toko.

Tidak hanya menyediakan fitur pembayaran saja, pemilik merchant juga sudah mengintegrasikan dengan aplikasi POS yang memudahkannya untuk mengelola transaksi. Namun, hanya beberapa negara saja yang dapat menikmati Line Pay yaitu Jepang, Taiwan, dan Thailand.

 

Baca Juga :   Macam-Macam Aplikasi Trading Ojk Terbaik

 

6. Chat, Voice Call, Story, Group, dan Video Call

Ingin melakukan semua model komunikasi dengan Line? Anda bisa melakukannya dengan mudah. Jika ingin mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan video, membuat story, dan membuat grup Line memiliki kelengkapan fitur.

Anda bisa membagikan file dengan format apapun seperti PNG, JPG, RAR, ZIP, dan sebagainya. Selain itu terdapat juga menu lokasi, keep (menyimpan file), kontak, polling, setting jadwal, dan lainnya.

 

7. Line Jobs

Aplikasi Line adalah salah satu wadah yang sangat direkomendasikan khusus untuk pencari kerja. Hal ini karena pengembang sudah membuat fitur bernama Line Jobs yang memudahkan pengguna mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Anda bisa mendapatkan lowongan pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggal dan tidak perlu takut akan penipuan. Line Jobs sudah bekerja sama dengan situs penyedia lowongan kerja terpercaya.

 

8. Watch Now

Ingin menonton video hiburan langsung melalui aplikasi Line? Anda bisa memanfaatkan fitur Watch Now. Sesuai dengan namanya, Anda bisa menonton tayangan apa saja yang tersedia di situs Line Today.

 

9. Line Taxi

Pada Bulan Januari 2015, perusahaan juga menghadirkan fitur baru yang bernama Line Taxi. Sesuai dengan namanya, fitur Line Taxi sama dengan Grab dan GO-JEK di Indonesia yaitu untuk memesan taxi online. Hanya saja fitur tersebut tidak tersedia di negara manapun selain Jepang.

 

10. Line TV

Terakhir adalah Line TV yang merupakan layanan video on demand khusus Thailand dan Taiwan saja. Lewat fitur ini, pengguna dapat menikmati tayangan seru seperti drama, film, TV shows, dan sebagainya.

 

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Line

Aplikasi tersebut bisa mendatangkan banyak manfaat karena fiturnya sangat lengkap. Bahkan Anda bisa mengembangkan usaha, organisasi, rumah makan, dan sebagainya. Di bawah ini beberapa keunggulan apabila Anda menggunakan aplikasi Line.

 

1. Bisa Membagikan Campaign atau Kupon

Kalau Anda ingin mengirim kupon atau informasi campaign lainnya bisa langsung lewat Line. Anda bisa membagikannya secara langsung ke seluruh kontak Line. Dengan cara ini akan lebih mudah untuk mempromosikan brand dan mendapatkan banyak konsumen sehingga penjualan dapat meningkat.

 

2. Mengelola Akun Lebih Maksimal dengan Adanya Fitur Statistik

Keunggulan berikutnya dari menggunakan Line yaitu bisa mengelola akun lebih maksimal. Hal ini karena adanya bantuan dari fitur statistik yang berfungsi untuk mengukur followers, like, share, dan jumlah komentar.

Data tersebut pasti Anda butuhkan untuk mengetahui seberapa efektif campaign yang sudah tersebar. Contohnya Anda ingin melakukan paid promote pada Hari Minggu, sebelum melakukannya bisa mengecek terlebih dahulu apakah waktu tersebut sudah tepat atau belum?

Anda bisa melihatnya lewat fitur statistik yang menunjukkan berapa jumlah interaksi dari audience. Selain itu, apabila ada pengikut baru notifikasinya juga langsung muncul.

 

3. Tersedia Akun Premium

Manfaat dari akun premium milik Line yaitu bisa mendapatkan layanan eksklusif yang tidak dimiliki oleh pengguna gratis. Perbedaannya dengan pengguna biasa adalah terdapat batasan dalam mengirim campaign.

Biasanya Line membatasi pengguna untuk mengirim campaign selama 50 ribu pesan saja tiap bulan. Apabila ingin mengirim pesan lebih dari itu akan dikenakan biaya sebesar Rp 128/pesan. Nah berbeda jika Anda mendaftar menjadi member premium karena tidak ada batasan maksimal.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan ID khusus dan lebih otentik daripada pemilik ID dari pengguna gratis.

 

Line adalah aplikasi yang dikembangkan di Jepang untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan komunikasi, transaksi, dan mengembangkan bisnis. Tersedia berbagai fitur menarik yang bisa Anda coba setelah mengunduh Line. 

 

Baca Juga :   7 Aplikasi Android Terbaik Penghilang Background Saat Ini!

Share :

Baca Juga

Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan

TEKNOLOGI

4 Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan
Baru Tahu, Aplikasi AI Ini Bantu Mempermudah Pekerjaan

TEKNOLOGI

Baru Tahu, Aplikasi AI Ini Bantu Mempermudah Pekerjaan
4 Game Online Terbaik Produksi Lytogames Indonesia

TEKNOLOGI

4 Game Online Terbaik Produksi Lytogames Indonesia
Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan

TEKNOLOGI

Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan
Cara Membersihkan Furniture Kayu

TEKNOLOGI

5 Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet, Tahan Lama
Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

TEKNOLOGI

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis
5 Rekomendasi Laptop Asus Untuk Mahasiswa Terbaru 2023

TEKNOLOGI

5 Rekomendasi Laptop Asus Untuk Mahasiswa Terbaru 2023
Cara Berbagi Kode QR WiFi di HP Oppo yang Gampang Banget

TEKNOLOGI

Cara Berbagi Kode QR WiFi di HP Oppo yang Gampang Banget