Home / TEKNOLOGI

Selasa, 6 Juni 2023 - 12:59 WIB

5 Cara Membersihkan Furniture Kayu Agar Awet, Tahan Lama

- Penulis

Cara Membersihkan Furniture Kayu

Cara Membersihkan Furniture Kayu

Moccaapedia Furniture kayu adalah perlengkapan rumah tangga yang banyak dipilih karena nilai estetikanya tinggi. Perlengkapan dari kayu merupakan investasi jangka panjang karena interior ruangan akan terlihat estetik. Selain itu Anda juga perlu tahu cara membersihkan furniture kayu.

Merawat furniture dari kayu berbeda dari bahan lainnya karena kayu mudah lapuk dimakan rayap. Oleh karena itu Anda harus sering membersihkan perlengkapan tersebut agar tahan lama dengan cara berikut ini.

 

Baca Juga :   Jurusan Teknologi Informasi Bisa Kerja Apa?

 

Cara Membersihkan Furniture Kayu

Berbeda dengan perlengkapan rumah berbahan sintetis, perawatan dari bahan kayu membutuhkan waktu lama. Kendati demikian jika Anda bisa merawatnya dengan baik maka furniture akan tahan bertahun-tahun.

 

1. Menghilangkan Debu dari Furniture

Langkah pertama adalah dengan menghilangkan debu pada furniture menggunakan sikat dan vakum. Tetapi sebaiknya Anda tidak menggunakan bantalan kasar sebagai pelapis karena bisa menciptakan goresan yang merusak estetika dan tidak bisa dihilangkan.

Apabila menggunakan vakum agak memberatkan Anda bisa menggunakan peralatan lain seperti kain lembut basah. Fungsinya adalah untuk membersihkan debu dengan cepat. Selain itu hindari penggunaan pembersih berbahan kimia kecuali furniture memiliki lapisan plastik.

Selain itu cara membersihkan furniture kayu jati berikutnya adalah dengan tidak menggunakan air berlebihan. Penggunaan air diperbolehkan khusus untuk menghilangkan noda yang sulit dibersihkan.

Anda bisa menggunakan air dengan campuran sabun atau deterjen kemudian bersihkan area yang terdapat banyak noda secara perlahan.

 

2. Menghilangkan Furniture Kayu dari Noda Membandel

Cara lain untuk menghilangkan noda membandel pada perabotan rumah tangga dari kayu adalah dengan ekstrak lemon, tepung jagung, dan cat kayu. Langkah-langkahnya adalah pertama poles furniture dengan cat buatan sendiri yang sudah dicampur dengan mineral oil dan ekstrak lemon

Kedua ambil potongan kain kemudian oleskan cat lalu aplikasikan ke mebel secara melingkar. Ketiga taburi area tersebut dengan tepung jagung dan lap kering hingga noda menghilang

 

Baca Juga :   12 Rekomendasi Game Asah Otak untuk Anak

 

3. Membersihkan Furniture Kayu yang Dipoles

Cara membersihkan furniture kayu yang sudah dipoles juga mudah. Anda bisa menyiapkan lilin atau pernis dan cat komersial. Aplikasikan cat tersebut pada bagian atas furniture lalu bersihkan dengan cepat.

Apabila furniture tersebut merupakan bahan antik maka Anda bisa menggunakan lilin pasta agar tahan lama. Kalau Anda melihat munculnya bintik-bintik putih pada bagian luar furniture bersihkan dengan mayones.

Caranya dengan mendiamkan mayones selama satu jam kemudian bersihkan dengan kain bersih dan bersihkan secara perlahan.

 

4. Membersihkan Furniture Kayu dari Bahan Khusus

Apakah Anda baru membeli produk khusus dari Citra Krayon? Ternyata cara merawat barang-barang khusus dari tebu, bambu, anyaman, dan rotan itu berbeda lho. Cara membersihkan furniture kayu khusus bisa mulai dari sela-sela rotan.

Anda bisa memanfaatkan microfiber basah untuk membersihkan bagian luar furniture. Setelah itu siapkan air untuk membilas secara perlahan. Jangan terburu-buru saat membersihkan produk khusus agar tidak rusak.

Jika ingin tahan lama Anda bisa menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun dengan campuran cuka putih. Kemudian oleskan bahan tersebut dengan bantuan kain ke seluruh permukaan furniture.

 

5. Merawat Perabotan Kayu yang Sudah Dicat

Cara membersihkan furniture kayu jati yang sudah dicat dengan menggunakan penyedot debu kecil. Agar terhindar dari goresan Anda bisa memasang sikat dengan vakum dan mengelap sela-sela furniture dengan spons.

Fungsi spons disini adalah untuk menghilangkan debu dan bekas noda agar mudah lepas. Untuk menyikat permukaan furniture bisa menggunakan cairan pencuci.

Kelima cara membersihkan furniture kayu bisa Anda terapkan kalau sudah memiliki furniture dari kayu.

 

Baca Juga :   Jelaskan Tahapan Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi

Share :

Baca Juga

Jualan Aplikasi Premium, Jadi Mudah Berlangganan

TEKNOLOGI

Jualan Aplikasi Premium, Jadi Mudah Berlangganan
10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap

TEKNOLOGI

10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap
Ponsel Terbaru 2023, Ada Incaranmu?

TEKNOLOGI

Ponsel Terbaru 2023, Ada Incaranmu?
Cara Membedakan iPhone HDC dan Ori

TEKNOLOGI

Wajib Tahu! Ini Dia Fitur iPhone 14
Cara Mengubah Emoji Oppo Menjadi iPhone 100% Gampang Banget

TEKNOLOGI

Cara Mengubah Emoji Oppo Menjadi iPhone 100% Gampang
Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan

TEKNOLOGI

4 Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan
5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

TEKNOLOGI

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi
Cara Aktifkan Google Assistant

TEKNOLOGI

Cara Aktifkan Google Assistant untuk Membantu Pekerjaan Anda!