Home / TEKNOLOGI

Selasa, 7 November 2023 - 18:25 WIB

13 Komponen pada Komputer beserta Fungsinya

- Penulis

13 Komponen pada Komputer beserta Fungsinya

13 Komponen pada Komputer beserta Fungsinya

Moccaapedia – Adanya perkembangan teknologi membuat siapa saja bisa melakukan banyak aktivitas karena hanya membutuhkan satu perangkat saja yaitu komputer. Ada banyak komponen pada komputer yang membantu suatu pekerjaan.

Komponen komputer dapat membantu aktivitas pekerjaan pengguna sehingga lancar dan hasilnya juga maksimal.

 

Baca Juga :   Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!

 

Komponen pada Komputer

13 Komponen pada Komputer beserta Fungsinya
13 Komponen pada Komputer beserta Fungsinya

 

Komponen di komputer adalah unit elektronik yang saling terhubung satu sama lain langsung di komputer. Terbagi menjadi dua jenis yaitu perangkat tambahan dan perangkat utama yang fungsinya sama-sama penting.

 

  1. Mouse

Bentuknya mirip dengan tikus dan fungsinya adalah untuk mengarahkan kursor komputer sehingga pengguna akan merasa lebih terarah. Ada tiga bagian dalam mouse yaitu kiri untuk OK, kanan untuk memunculkan beberapa menu, dan tombol bagian tengah untuk menutup dan membuka jendela tab.

 

  1. Touchpad

Ada lagi komponen pada komputer yaitu touchpad yang fungsinya bisa digunakan untuk pengganti mouse. Perbedaannya terdapat pada bentuknya yang terlihat pipih persegi panjang dan langsung terpasang di komputer.

 

  1. Keyboard

Komponen berikutnya yang tidak kalah penting adalah keyboard dan berfungsi untuk memasukkan simbol, huruf, dan angka. Keyboard memiliki peranan penting dalam menyelesaikan aktivitas masing-masing seperti membuat konten, menulis dokumen, mengirim email, dan sebagainya.

 

  1. Headphone dan Microphone

Headphone dan microphone adalah bagian di dalam komputer yang memiliki fungsi untuk membantu berbicara dengan seseorang. Anda juga bisa menambahkan suara ke komputer dan akan diproses lebih lanjut oleh sistem komputer.

 

  1. Light Pen

Light pen adalah komponen yang cocok digunakan oleh graphic designer untuk membantu menuangkan ide. Komponen ini juga membantu pengguna untuk menulis sesuatu di layar yang menggunakan jenis touch screen.

 

  1. Speaker

Speaker adalah salah satu komponen di dalam komputer yang mirip dengan headphone. Hanya saja, speaker bisa menghasilkan suara yang lebih besar karena memiliki lubang-lubang kecil untuk menyalurkan suara.

 

Baca Juga :   Super Murah, Ini Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Spek Tinggi

 

  1. Power Supply

Berikutnya adalah power supply yang berfungsi untuk mengirim arus listrik ke seluruh komponen pada komputer. Dengan adanya komponen ini, semua daya listrik di komputer akan terpenuhi sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Processor atau CPU

CPU atau processor adalah bagian pada komputer yang tidak kalah penting. Fungsinya adalah untuk menerima dan menjalankan tugas ketika Anda sedang menggunakan komputer sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan lancar.

 

  1. Motherboard

Motherboard adalah komponen yang berfungsi untuk computer base atau sebagai penghubung fungsi setiap perangkat dalam komputer. Hal ini akan membantu semua perangkat bisa terhubung dengan baik.

 

  1. RAM

RAM adalah kependekan dari random access memory yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dalam komputer agar tetap aman. Ukuran RAM setiap perangkat berbeda-beda tergantung jenisnya.

 

  1. Scanner

Adapun bagian pada komputer selanjutnya yang perannya tidak kalah penting adalah scanner. Fungsinya adalah untuk memindai dokumen dalam bentuk fisik ke digital contohnya adalah KTP yang ingin disimpan di dalam komputer.

 

  1. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat tambahan yang fungsinya sama dengan RAM yaitu untuk menyimpan data, namun ukurannya terbatas. Bentuk flashdisk adalah persegi panjang dan besarannya berbeda-beda.

 

  1. Modem

Ingin terhubung ke internet secara mudah? Anda bisa menggunakan modem walaupun sekarang zamannya sudah beralih ke WiFi. Ada berbagai macam bentuk modem yang dijual untuk komputer yaitu seperti GSM, DSL, dial-up, kabel, dan sebagainya.

Agar bisa berfungsi dengan baik, Anda perlu membeli paket internet untuk modem lalu bisa dihubungkan dengan komputer.

 

Berbagai komponen pada komputer di atas memiliki fungsi yang sangat penting, oleh karena itu Anda harus merawatnya dengan baik.

 

Baca Juga :   Ini Fitur dan Segala Kelebihan Nokia Magic Max 2023

Share :

Baca Juga

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

TEKNOLOGI

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja
3 Fitur Kulkas 1 Pintu Belleza: Semakin Canggih, Miliki Sekarang

TEKNOLOGI

Miliki Sekarang Kulkas 1 Pintu Semakin Canggih Dengan 3 Fitur Pada Kulkas Belleza!
Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis! (Istockphoto)

TEKNOLOGI

Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis!
Jenis Jaringan Komputer dalam Bidang Teknologi

TEKNOLOGI

Jenis Jaringan Komputer dalam Bidang Teknologi
Baru Tahu, Aplikasi AI Ini Bantu Mempermudah Pekerjaan

TEKNOLOGI

Baru Tahu, Aplikasi AI Ini Bantu Mempermudah Pekerjaan
10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap

TEKNOLOGI

10 Aplikasi Chatting Gratis dengan Fitur Lengkap
5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

TEKNOLOGI

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi
Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon

TEKNOLOGI

Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon yg Mati