Home / TEKNOLOGI

Selasa, 14 November 2023 - 08:15 WIB

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

- Penulis

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

Moccaapedia – Dengan komponen pada HP akan membantu ponsel tersebut bisa berfungsi dengan baik dan benar sehingga akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan. Apalagi sekarang zaman serba canggih sehingga Anda perlu tahu apa saja fungsi dari komponen pada ponsel.

Ketika akan membeli ponsel Anda perlu memperhatikan beberapa faktor seperti baterai, mode pengisian ponsel, speaker, kamera, layar, dan sebagainya. Komponen-komponen tersebut memiliki peranan yang sangat penting agar ponsel tetap bisa digunakan.

 

Baca Juga :   Realme 10 Pro Hadir 10 Januari di Indonesia, Cek Harga dan Speknya!

 

Komponen pada HP

5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi
5 Komponen Pada HP Lengkap beserta Fungsi

 

Ukuran dari komponen untuk ponsel itu bermacam-macam mulai dari kecil hingga berukuran besar dengan fungsinya masing-masing. Di bawah ini ada beberapa komponen pada HP yang memiliki peranan penting beserta fungsinya.

 

  1. Baterai

Baterai pada ponsel biasanya menggunakan teknologi bernama lithium ion yang biasanya tidak bisa terlepas dari ponsel. Namun pada beberapa ponsel ada yang bisa melepas baterainya, jadi tergantung dari merk ponselnya.

Baik baterai yang bisa ditanam atau bisa dilepas, baterai adalah komponen paling penting karena menentukan mati atau hidupnya ponsel tersebut. Beberapa jenis baterai ponsel yang digunakan selain lithium ion adalah Nikel Metal Hidrida dan Nikel Kadmium.

 

  1. Memori Penyimpanan Internal

Selain baterai yang termasuk dalam salah satu komponen pada HP berikutnya adalah memori penyimpanan internal. Memori penyimpanan adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kinerja ponsel karena semakin besar kapasitas penyimpanannya semakin banyak pula dokumen yang bisa Anda simpan.

Di pasaran terdapat berbagai kapasitas seperti 16 GB, 32 GB, atau 64 GB bahkan ada merk ponsel yang kapasitasnya lebih besar. Secara umum, memori penyimpanan internal digunakan sebagai tempat menyimpan foto, video, dokumen, musik, dan sebagainya.

Ada juga RAM yang mempengaruhi kinerja ponsel sehingga besaran RAM juga berbeda-beda. Semakin besar RAM, semakin lancar pula kinerja dari ponsel tersebut.

 

  1. Kamera

Kamera juga merupakan salah satu komponen yang bisa menjadi salah satu pertimbangan mengapa Anda perlu membeli ponsel tersebut. Seiring berkembangnya waktu, kamera pada ponsel terus mengalami peningkatan dari segi teknologi sehingga tampak canggih.

Ponsel zaman sekarang memiliki dua jenis kamera yaitu kamera belakang dan kamera depan. Adapun bagian dari kamera adalah sebagai berikut.

  • Lensa adalah bagian dari kamera yang berfungsi untuk mengatur fokus.
  • Sensor adalah bagian dari kamera yang fungsinya untuk merekam cahaya dan ukurannya lebih kecil dari lensa.
  • Image Signal Processor adalah bagian dari kamera yang berfungsi untuk membantu proses sinyal gambar secara real time.
Baca Juga :   Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon yg Mati

 

  1. Prosesor

Ada lagi komponen pada HP yaitu prosesor atau disebut dengan CPU atau Central Processing Unit adalah sebuah otak dari ponsel tersebut. Fungsi utama dari CPU adalah sebagai pemberi instruksi data agar bisa diterima lebih mudah dengan ponsel.

Jadi, kecepatan prosesor yang menentukan bagaimana kinerja dari ponsel tersebut. Kalau kinerjanya cepat maka akan lebih mudah menjalankan aplikasi. Anda perlu mempertimbangkan CPU di sebuah ponsel sebelum membeli karena ponsel akan digunakan untuk jangka panjang.

 

  1. Layar atau Display

Selain CPU, komponen lain yang juga memiliki peran penting pada ponsel adalah display atau layar yang ukurannya berbeda-beda. Layar adalah komponen yang dapat menunjukkan tampilan visual secara jelas dari sebuah ponsel.

Berbagai teknologi digunakan untuk pembuatan layar mulai dari AMOLED, IPS, atau LCD. Resolusi layar, tingkat kecerahan pada layar, dan ukurannya bisa berpengaruh terhadap kualitas dari visual yang ditampilkan.

 

Penting untuk mengetahui apa saja komponen pada HP beserta fungsinya karena bisa mempengaruhi bagaimana kinerja dari ponsel tersebut.

 

Baca Juga :   Cara Melacak dan Menemukan iPhone Hilang

Share :

Baca Juga

4 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya

TEKNOLOGI

5 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya
5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya

TEKNOLOGI

5 Ilmuwan Wanita di Bidang Teknologi Beserta Penemuannya
4 Game Online Terbaik Produksi Lytogames Indonesia

TEKNOLOGI

4 Game Online Terbaik Produksi Lytogames Indonesia
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

TEKNOLOGI

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Cara Menambah Aplikasi di Smart TV Samsung

TEKNOLOGI

Cara Menambah Aplikasi di Smart TV Samsung 100% Mudah
Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

TEKNOLOGI

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!
Karakter Game Paling Ganteng, Bikin Pangling

TEKNOLOGI

Karakter Game Paling Ganteng, Bikin Pangling
Line, Aplikasi Chat Gratis dengan Berbagai Fitur

TEKNOLOGI

Line, Aplikasi Chat Gratis Dengan Berbagai Fitur