Home / INTERNET

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:00 WIB

100% Benar: Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

- Penulis

Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah


MoccaapediaKini terjawab sudah pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah berikut ini, bisa Anda simak hingga selesai pada ulasan yang sudah kami siapkan.

Karena dengan menyimak dan membaca dengan seksama mengenai jawaban soal untuk pernyataan yang banyak orang simpulkan salah mengenai budi pekerti ini.

Sekaligus mendapatkan visualisasi lebih detail mengenai Kurikulum Merdeka berdasarkan penjelasan yang ada di bawah ini.

Sebab, soal pernyataan yang salah mengenai perihal budi pekerti tersebut memang bisa Anda temukan di dalam Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Modol 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti ini sendiri adalah salah satu modul yang wajib Anda tuntaskan. Di dalam Pelatihan Mandiri pada Portal Merdeka Mengajar atau PMM.

Nah, untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai materi ini, Anda pun bisa menyimak terlebih dahulu penjelasan mengenai istilah budi pekerti. Karena kerap kali pernyataan mengenai budi pekerti ini maknanya disalah artikan.

Untuk itulah kami akan mencoba memberikan penjelasan lebih detail dan lebih dan lebih jelas mengenai materi budi pekerti. Sekalus menjabarkan mengenai pembahasannya untuk memberikan jawaban yang benar bagi Anda.

 

Baca Juga :   Dampak Negatif Perkembangan Teknologi di Masa Kini

 

Berikut Ini Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah dan Pembahasannya

Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah
Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

Berikut ini adalah salah satu contoh soal mengenai budi pekerti beserta dengan jawaban dan kunci jawabannya. Anda juga bisa melihat pembahasannya agar lebih memahami materi ini:

 

Pertanyaan 1

Sebutkan di antara penjelasan di bawah ini, manakah pernyataan yang salah mengenai budi pekerti, adalah:

 

A. Budi Pekerti atau bisa juga disebut dengan watak manusia hanya bisa terbentuk di lingkungan sekolah.

B. Budi Pekerti sendiri adalah kodrat dari seorang manusia.

C. Budi Pekerti adalah perpaduan dari rasa dan cipta yang menghasilkan sebuah karya.

D. Budi Pekerti adalah bulatnya tekad dan jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya pikiran, kehendak dengan perasaan.  

 

Kunci Jawaban

A

Berdasarkan pertanyaan di atas, maka jawaban yang benar mengenai pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah jawaban yang A, yakni Budi Pekerti atau bisa juga disebut dengan watak manusia hanya bisa terbentuk di lingkungan sekolah.

 

Pembahasan

Karena budi pekerti sendiri merupakan sifat atau watak manusia yang tidak hanya bisa berkembang di lingkungan sekolah. Melainkan dari lingkungan keluarga, pergaulan hingga lingkungan sekitar.

Sehingga sangat salah jika budi pekerti diartikan sebagai watak yang hanya bisa tercipta dan dibangun di sekolah saja ya.

 

Pertanyaan 2

Ki Hadjar Dewantara sendiri tidak serta merta yakin dan percaya mengenai dua teori Pendidikan yang berkembang ketika itu. Maka dari itu, beliau pun mengintegrasikan dua teori tersebut hingga akhirnya menjadi teori konvergensi.

 

Nah, sebutkan kedua teori tersebut:

A. Teori Gestalt dan Teori Tabula Rasa

B. Teori Positif dan Teori Negatif

C. Teori Medan dan Teori Tabula Rasa

D. Teori Tabula Rasa dan Teori Negatif

 

Kunci Jawaban

D

Teori Tabula Rasa dan Teori Negatif dari Ki Hadjar Dewantara sendiri merupakan sebuah teori yang beliau gunakan untuk mendeskripsikan proses penumbuhan. Serta pelatihan untuk menumbuhkan budi pekerti pada anak di lingkungan sekolah.

 

Pembahasan

Berdasarkan teori Teori Tabula Rasa dan Teori Negatif dari Ki Hadjar Dewantara, budi pekerti memang bisa tumbuh di lingkungan sekolah.

Dengan cara yang cukup sederhana dan bisa dilakukan setiap hari secara rutin untuk menumbuhkan kebiasaan tersebut. Sehingga bisa terbentuk menjadi watak atau perilaku.

Cara yang sederhana untuk dilakukan adalah sebelum masuk ke dalam sekolah, di pintu gerbang siswa bisa dibiasakan untuk memberikan salam, saling menyapa pada guru dan siswa lain, bersikap sopan dan santun.

Lalu siswa juga bisa dibiasakan untuk memarkirkan sepeda mereka sesuai dengan tempatnya secara rapi dan teratur.

Di awal pembelajaran siswa bisa diajak untuk terbiasa berdoa, mengingat pada Sang Pencipta dan mengucap syukur. Karena masih mendapatkan nikmat berupa kesempatan untuk belajar di hari tersebut bersama dengan guru dan teman dalam keadaan sehat.

Sebelum guru memulai pembahasan materi pembelajaran, ajak siswa untuk menyapa guru dan kawan di kelas mereka. Selain itu, biasakan para siswa untuk meminta izin apabila ingin meminjam atau menggunakan barang orang lain.

Siswa juga bisa belajar meminta maaf apabila melakukan sebuah kesalahan hingga mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan bantuan. Baik dari guru maupun dari teman.

Setelah sesi pembelajaran selesai, maka biasakan siswa untuk mengucapkan salam.

 

Baca Juga :   Cara Menjadi Digital Marketing Enthusiast yang Andal

 

Apa itu Budi Pekerti?

Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah
Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

Untuk menjawab pertanyaan di atas dengan lebih detail, maka kita bisa membahas mengenai Budi Pekerti berdasarkan pada sudut pandang dari Ki Hadjar Dewantara.

Beliau pernah memberikan pernyataan jika budi pekerti sendiri merupakan sebuah kemampuan maupun kodrat manusia maupun individu. Dan berkaitan dengan bagian biologis.

Sehingga memberikan peran yang sangat penting dalam menentukan dan mengembangkan karakter seseorang.

Ki Hajar Dewantara juga pernah memberikan pernyataan jika budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya beberapa hal. Yakni gerakan pikiran, kehendak, perasaan hingga kemauan.

Dan akhirnya menimbulkan suatu tenaga untuk melakukan sebuah tindakan.

Ki Hajar Dewantara juga pernah menyatakan jika watak atau karakter adalah budi pekerti yang merupakan perpaduan dari gerak pikiran, kehendak atau kemauan dengan perasaan.

Sehingga juga bisa menimbulkan sebuah tenaga yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengambil sebuah keputusan maupun tindakan.

Selain itu, budi pekerti juga memiliki arti tersendiri sebagai perpaduan dari Cipta atau Kognitif dan Karsa atau Afektif. Sehingga jika keduanya bersatu maka bisa menciptakan sebuah Karya atau Psikomotor.

 

Cara Menerapkan Pendidikan Budi Pekerti

Pendidikan sendiri harus bersifat seimbang dan holistic yang dapat membawa anak anak langsung pada sikap bijaksana secara perlahan dan konsisten. Dengan cara mengajak anak anak untuk melakukan berbagai tindakan kecil guna membangun pribadi dan watak mereka.

Ada banyak sekali tindakan kecil yang bisa membangun karakter dan watak anak anak sejak dini. Dengan membiasakan mereka melakukan tindakan kecil yang bermanfaat bukan hanya bagi diri mereka dan orang orang sekitarnya. Namun juga bagi lingkungan tempatnya tinggal.

Misalnya dengan mengajak anak anak untuk terbiasa mengucapkan salam saat masuk ke dalam rumah, saling menyapa dengan sopan baik pada orang yang lebih tua atau pada teman teman sebaya.

Biasakan anak anak untuk mengucapkan maaf untuk kesalahan yang mereka perbuat baik sengaja maupun tidak. Beberapa kebiasaan tersebut adalah perilaku yang bisa menumbuhkan karakter bertanggung jawab bagi dirinya dan orang orang di sekitarnya.

Ajak juga anak anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan ajarkan budaya untuk mengantri. Kebiasaan ini bisa membentuk karakter bijaksana dan tenggang rasa untuk sesama dan lingkungannya.

 

Akhir Kata

Itulah kunci jawaban dan pembahasan mengenai soal yang membahas tentang budi pekerti yang ada pada Modul 4 Pendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti.

Dengan penjelasan dan pembahasan dari kunci jawaban di atas, maka kini Anda sudah tahu kan pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah mengenai sudut pandang banyak orang yang sering keliru mengenai budi pekerti.

 

Baca Juga :   Mengenal Presidensi G20 dan Apa Manfaatnya Buat Indonesia

Share :

Baca Juga

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah

INTERNET

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah
6 Aplikasi Islami Terbaik Saat Ramadhan Bulan Puasa

INTERNET

6 Aplikasi Islami Terbaik Saat Ramadhan Bulan Puasa
Bagaimana Caranya Menghormati Orang Tua Kita yang Masih Hidup Ya

INTERNET

Bagaimana Caranya Menghormati Orang Tua Kita yang Masih Hidup Ya?
Fungsi Kaca Fiberglass dan Keunggulannya

INTERNET

Fungsi Kaca Fiberglass dan Keunggulannya
omnichannel

INTERNET

5 Keuntungan Kelola Banyak Marketplace dengan Omnichannel
7 Aplikasi Android Buku Pelajaran

INTERNET

7 Aplikasi Android Buku Pelajaran, Makin Ahli!
Perkalian 1 sampai 10

INTERNET

Rekomendasi 5 Aplikasi Perkalian 1 Sampai 10 Terbaik untuk Belajar
Ukuran Video TikTok

INTERNET

Berapa Ukuran Video Tiktok? Content Creator Wajib Tahu!