Home / WISATA

Sabtu, 16 September 2023 - 18:49 WIB

Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler

- Penulis

Moccaapedia – Tahukah Anda bahwa di Indonesia ada banyak tempat wisata yang tidak kalah indah seperti di luar negeri? Berbicara tentang keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya karena ada banyak tempat indah di sini. Seperti rekomendasi danau terindah di Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa.

Danau adalah salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi kalau bosan ke tempat yang itu-itu saja. Tempat wisata berupa danau juga merupakan aset wisata Indonesia yang perlu dilestarikan agar bisa dinikmati sampai kapanpun.

 

Baca Juga :   5 Tips Liburan Keluar Negeri Khusus untuk Pemula

 

Danau Terindah di Indonesia

Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler
Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler

 

Indonesia kaya akan destinasi wisata mulai dari danau, laut, pantai, gunung, dan tempat-tempat menarik lainnya. Kalau Anda penasaran dengan danau yang ada di Indonesia bisa berkunjung ke salah satu tempat di bawah ini.

 

1. Danau Maninjau

Sumatera Barat memiliki keindahan alam berupa Danau Maninjau yang berada di ketinggian 460 meter dari permukaan laut. Kalau Anda ingin berkunjung ke Danau Maninjau membutuhkan tenaga besar karena akses jalannya terbilang sulit.

Wisatawan harus melewati jalan berkelok-kelok khas wilayah di pegunungan yang sangat panjang sehingga cukup melelahkan. Oleh karena itu, kalau Anda ingin pergi ke Danau Maninjau pastikan tubuh dalam kondisi fit dan menyiapkan perbekalan air. Sebagai salah satu danau terindah, Danau Maninjau memiliki daya tarik berikut ini.

 

1. Acara Festival

Masyarakat setempat sering mengadakan acara festival di Danau Maninjau seperti festival masyarakat Minang yang dilaksanakan selama 3 malam. Ketika acara, masyarakat akan menghiasa sedemikian rupa dengan lampu warna-warni.

Selain itu, ada juga festival kuliner yang menampilkan banyak makanan khas warga Sumatera Barat dengan harga terjangkau. Anda bisa menikmati santapan khas warga setempat jika berkunjung ke festival ini.

 

2. Spot Foto Menarik

Sebagai salah satu danau terindah di Indonesia, Danau Maninjau memiliki beragam spot foto menarik yang cocok untuk mengabadikan momen bsersama keluarga. Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menampilkan siluet jingga di langit malam.

 

2.Danau Ranu Kumbolo

Pergi ke Jawa Timur, Anda bisa berkunjung ke Danau Ranu Kumbolo yang masih berada satu Kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Agar bisa tiba di lokasi juga membutuhkan tenaga ekstra karena jalannya cukup sulit.

Wisatawan harus melewati jalur pendakian yang cukup sulit tetapi rasa lelahnya akan terbayarkan dengan pemandangan dari Danau Ranu Kumbolo. Anda akan bertemu dengan pemandangan indah berupa barisan pohon cemara dan pinus serta daya tarik lain dari danau seperti berikut ini.

 

1. Terdapat Ikan Mas

Sebagai salah satu danau terindah, di Ranu Kumbolo Anda akan menemukan banyak ikan mas. Hanya saja wisatawan dilarang untuk memancing ikan mas tersebut. Masyarakat setempat meyakini ikan mas sebagai jelmaan dewi yang menjaga Danau Ranu Kumbolo.

 

2. Terdapat Tanjakan Cinta

Ranu Kumbolo juga memiliki tanjakan cinta yang berada di sebelah barat lokasi. Tanjakan cinta merupakan rute pendakian untuk mencapat Puncak Semeru. Mendaki tanjakan cinta juga bisa melatih kekuatan tubuh karena kemiringan 45 derajat sangat menguras energi.

 

3. Puncak Mahameru

Daya tarik terakhir adalah terdapat Puncak Mahameru yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa sehingga Anda bisa mendaki setelah istirahat. Masyarakat Bali dan Jawa meyakini bahwa di Puncak Mahameru merupakan tempat kediaman dewa.

 

Baca Juga :   Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dari Jogja

 

3.Danau Kelimutu

Danau Kelimutu juga termasuk salah satu danau terindah di Indonesia yang terdapat di wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya di Flores. Danau Kelimutu merupakan salah satu tempat terbaik untuk berburu pemandangan matahari terbenam.

Keunikan dari Danau Kelimutu adalah terdapat tiga macam danau yang memiliki air dengan warna berbeda yang dianggap memiliki kekuatan mistik bagi masyarakat setempat. Adapun daya tarik dari Danau Kelimutu Flores adalah sebagai berikut.

 

1. Terdapat Monyet

Kalau Anda berkunjung ke Danau Kelimutu maka akan melihat banyak monyet yang merupakan penjaga tebing curam. Monyet dengan bulu berwarna coklat itu adalah penunggu tebing yang bertengger pada ranting-ranting pohon.

Tebing di Danau Kelimutu memang terkenal akan keindahannya, hanya saja wisatawan dilarang untuk terlalu lama melihat pemandangan tebing. Hal ini karena tebingnya terlalu curam sehingga dapat membahayakan keselamatan.

 

2. Menikmati Pemandangan Danau Lain

Saat mendaki anak tanggak berupa semen, Anda akan melihat dua dari tiga danau yang bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Timu Ata Polo. Timu Ata Polo merupakan danau yang berada di sebelah kanan dan memiliki air berwarna hitam pekat.

Sedangkan untuk danau satunya terletak di bagian kiri dan memiliki warna hijau tosca yang sangat indah. Letaknya berdampingan dan hanya dipisahkan oleh tebing berbentuk cekungan yang dipenuhi oleh bebatuan.

 

4.Danau Labuan Cermin

Danau terindah di Indonesia berikutnya adalah Labuan Cermin yang terletak di Kalimantan Timur dan memiliki air yang sangat jernih. Ketika berkunjung ke Danau Labuan Cermin, wisatawan akan melihat satu fenomena yang jarang ditemukan yaitu meromictic lake.

Fenomena tersebut adalah fenomena yang menampilkan dua lapisan air dengan rasa berbeda yaitu asin dan tawar. Pada bagian bawah danau, rasa airnya asin, sedangkan pada bagian atas danau, rasa airnya tawar.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke Danau Labuan Cermin yaitu sebagai berikut.

 

1. Berenang dengan menikmati kesegaran dan kejernihan air danau yang juga bersih.

2. Snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan bagian bawah danau. Wisatawan akan berjumpa dengan terumbu karang yang subur serta berbagai spesies ikan.

3. Mengambil foto bersama keluarga dengan latar belakang danau yang sangat mengagumkan dan cantik.

4. Berkemah di sekitar danau agar puas menghabiskan waktu di sana.

5. Menikmati pemandangan danau yang tampak asri dan mengagumkan.

6. Menyewa perahu karet atau perahu kayu untuk berkeliling ke sekitar danau.

 

Selain itu, pihak pengelola Danau Labuan Cermin juga menyediakan berbagai fasilitas berupa penginapan, pos penjagaan, area parkir luas, dermaga penyebrangan, toilet pria dan wanita, kamar ganti untuk pria dan wanita, penyewaan alat snorkeling, tempat ibadah, tempat sewa perahu, dan tempat sampah.

 

5.Danau Segara Anak

Terakhir adalah Danau Segara Anak yang berada di Nusa Tenggara Barat dan merupakan salah satu danau terindah di wilayah timur Indonesia. Danau Segara Anak berada di kawah Gunung Rinjani yang memiliki air berwarna biru jernih.

Agar bisa mencapai lokasi, wisatawan harus mengerahkan seluruh tenaga untuk melewati jalur track yang lumayan sulit. Mengingat danau tersebut berada 2000 meter di atas permukaan laut sehingga Anda harus kuat agar bisa tiba di danau tersebut. Berikut daya tarik yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke Danau Segara Anak.

 

1. Memancing

Wisatawan diperbolehkan untuk memancing karena ada banyak ikan yang tersimpan di sana. Berbeda dengan danau lainnya yang tidak mengizinkan wisatawan untuk memancing.

 

2. Pemandangan Alam yang Sangat Cantik

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat cantik di sekitar danau. Tidak hanya pemandangan danau saja, wisatawan bisa menikmati pemandangan anak gunung di sana.

 

Kelima danau terindah di Indonesia adalah rekomendasi danau yang memiliki banyak spot cantik dan sebagian besar memiliki mitos-mitos yang masih dipercaya masyarakat.

 

Baca Juga :   8 Wisata Skandinavia dengan Keindahan Alam Luar Biasa

 

Share :

Baca Juga

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan

WISATA

11 Tempat Wisata di Filipina dengan Keindahan yang Menakjubkan
Spot Indah Taman Bunga New Celosia yang Mempesona

WISATA

Spot Indah Taman Bunga New Celosia yang Mempesona
Inilah Perlengkapan Traveling yang Harus kalian Bawa saat Pergi !!

WISATA

Inilah Perlengkapan Traveling yang Harus kalian Bawa saat Pergi !!
9 Rekomendasi Wisata Anak Surabaya Harga Terjangkau

WISATA

9 Rekomendasi Wisata Anak Surabaya Harga Terjangkau
7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman

WISATA

7 Tips Memilih Travel Jakarta-Bandung Murah dan Nyaman
Wisata Wonosobo, Aktivitas Bareng Keluarga di Dataran Tinggi Dieng

WISATA

Wisata Wonosobo, Aktivitas Bareng Keluarga di Dataran Tinggi Dieng
5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga

WISATA

5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga
Tak Kalah Mempesona, Berikut Tempat Wisata Bali Utara

WISATA

Objek Wisata Utama yang Harus Anda Kunjungi di Bali