Home / WISATA

Selasa, 22 Agustus 2023 - 19:49 WIB

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat

- Penulis

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat

Moccaapedia – Pulau Lombok adalah salah satu pulau wilayah timur di Indonesia yang sangat indah dan kaya akan tempat wisata Lombok. Para wisatawan yang datang sering menyebutnya dengan nama lain Pulau Bali Indonesia timur karena memang lokasinya berdekatan dengan Bali.

Luas Pulau Lombok adalah 4.800 kilometer yang penuh dengan tempat wisata seperti gunung, pantai, bahari, dan masih banyak lagi. Ini yang menjadi alasan mengapa Lombok selalu ramai pengunjung terutama saat memasuki masa liburan.

 

Baca Juga :   Liburan Nyaman! Ini 5 Rekomendasi Hotel OYO Terdekat di Bali

 

Tempat Wisata Lombok

5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat
5 Tempat Wisata Lombok, Destinasi Sejuta Umat

 

Ingin berkeliling Lombok tidak cukup kalau hanya menghabiskan waktu satu hari saja karena selain tempat wisata, Anda juga perlu mencicipi kelezatan kuliner khas Lombok. Namun sebelum itu, Anda bisa datang ke beberapa tempat berikut kalau belum pernah ke Lombok.

 

  1.     Gunung Rinjani

Siapa yang tidak kenal dengan destinasi wisata Gunung Rinjani? Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi nomor dua di Indonesia sehingga banyak yang penasaran dengan gunung tersebut. Adapun ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl dan menjadi salah satu destinasi kesukaan para pendaki.

Ketika Anda berkunjung ke Gunung Rinjani maka akan menikmati pemandangan Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya mencapai 40 ribuan hektar. Adapun Segara Anakan adalah bagian dari kaldera Rinjani yang luasnya mencapai 11 juta meter persegi dan memiliki kedalaman sepanjang 230 meter.

Segara Anakan memiliki air yang sangat deras dan mengalir layaknya air terjun sehingga menciptakan pemandangan indah. Anda bisa melihat ikan mas berenang di Segara Anakan dan tentu saja wisatawan diperbolehkan untuk memancing.

Lalu bagian mana dari Rinjani yang menjadi favorit pengunjung? Tentu saja bagian puncak. Ada banyak pendaki dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Gunung Rinjani khususnya saat musim liburan. Rata -rata pendaki lokal pergi ke Rinjani untuk mengibarkan bendera Merah Putih saat 17 Agustus.

 

  1.     Pantai Pink

Tempat wisata Lombok wajib dikunjungi adalah Pantai Pink yang memiliki warna merah muda yang sangat cantik dan menawan. Jarang ada pantai berpasir merah muda ini sehingga ketika berada di Lombok seperti berada di luar negeri.

Warga setempat sering menyebutnya dengan nama Pantai Tangsi yang berlokasi di Desa Sekaroh Jerowaru Lombok Timur dan merupakan salah satu pantai merah muda di dunia. Memang ada 7 pantai dengan pasir merah muda di dunia dan beruntung jika Anda pernah ke Lombok.

Selain warna pasirnya yang unik, Anda juga akan melihat keindahan lain yaitu berupa air laut yang sangat jernih. Wisatawan yang baru pertama kali ke sana mungkin akan kebingungan darimana warna merah muda pada pasir pantai?

Warna tersebut berasal dari kerang-kerang berwarna merah muda yang sudah hancur menjadi serpihan. Apabila Anda melihat pemandangan ini dari atas, Anda akan berdecak kagum atas ciptaan Tuhan yang satu ini.

Ombaknya juga terbilang tenang sehingga wisatawan boleh bermain air sepuasnya. Pemandangannya tidak hanya sampai sana, di sekeliling pantai terdapat hamparan perbukitan yang membuat Pantai Pink terasa lengkap.

Sayang sekali karena aksesnya masih lumayan sulit yaitu membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Mataram. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menyewa mobil di jasa rental Lombok agar bisa lebih mudah untuk kembali ke penginapan.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik

 

  1.     Pantai Selong Belanak

Rekomendasi tempat wisata Lombok berikutnya adalah Pantai Selong Belanak yang berada di Desa Selong Belanak Praya Lombok Tengah. Keindahannya tidak jauh berbeda dengan Pantai Pink dan masyarakat menyebutnya dengan Hawai-nya Indonesia.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah ini kapan saja karena selalu buka. Bagian paling menarik dari Pantai Selong Belanak adalah garis pantai yang bentuknya melengkung terlihat seperti bulan sabit.

Belum lagi jajaran perbukitan yang membentang mengeliling pantai membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Air pantai yang sangat jernih berpadu dengan pasir pantai putih membuat pesonanya berkali-kali lipat lebih indah.

Pasirnya juga terasa sangat halus di kaki, jadi tidak perlu khawatir kalau mengajak anak kecil ke sini. Pantai Selong Belanak terbagi menjadi dua yaitu daerah yang airnya tenang dan daerah yang airnya kencang

Kalau Anda terbiasa dengan pantai dengan ombak besar maka bisa ke daerah tersebut untuk menantang nyali. Adapun fasilitas yang terdapat pada lokasi di antaranya adalah kafe, tempat parkir, kamar mandi, restoran seafood, dan masih banyak lagi.

 

  1.     Gili

Kepulauan Gili di Lombok adalah tempat wisata alam di Lombok sangat terkenal. Terbagi menjadi tiga pulau yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Kepulauan Gili tidak hanya cantik dari segi alam saja tetapi juga spot fotonya sangat estetik.

Cocok sekali dengan Anda yang suka berfoto dan mempostingnya ke sosial media, hitung-hitung untuk memperbaiki feed. Berikut penjelasan mengenai Kepulauan Gili Lombok tersebut.

 

  • Gili Meno

Gili Meno adalah destinasi wisata di Lombok yang jaraknya 45 menit dari Mataram. Ada taman burung di Gili Meno dan rata-rata burung di sana tergolong fauna langka. Memiliki pasir pantai berwarna putih dan pantainya masih perawan.

Hanya saja di Gili Meno, masih jarang ada penyewaan kendaraan bermotor sehingga wisatawan perlu menggantinya dengan kereta kuda dan sepeda. Tidak hanya itu, penggunaan listrik saja juga cukup terbatas, jadi jangan kaget kalau tiba-tiba hilang sinyal ya!

 

  • Gili Air

Gili kedua adalah Gili Air yang terkenal dengan wisata berupa pantai. Ada banyak tempat berfoto indah di Gili Air seperti melihat kuda laut, spot kura-kura, ikan warna-warni, dan biota laut lainnya.

Masyarakat Gili Air berasal dari Suku Sasak dan Bugis dan rata-rata pekerjaannya adalah seorang pedagang, pemandu wisata, dan nelayan. Wisata asing cukup sering datang pada Bulan Juli dan Agustus.

 

  • Gili Trawangan

Terakhir adalah Gili Trawangan yang juga tidak kalah terkenal dari kedua Gili di atas. Gili Trawangan adalah pulau yang paling luas dari kedua gili di atas dan berada di bagian barat laut Pulau Lombok.

Ada 800 jiwa penduduk yang tinggal di pulau indah ini dengan panjang hanya 2 kilometer saja. Memang terlihat kecil, hanya saja fasilitasnya sudah sangat lengkap salah satunya adalah bar Irlandia.

Masyarakat sering mengadakan pesta sampai malam di tengah keindahan Gili Trawangan dan wisatawan juga tidak diperbolehkan untuk mengendarai motor ketika di sini. Anda bisa menemukan alat transportasi berupa cidomo yang mirip dengan kereta kuda dan motor.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Trawangan mulai dari snorkeling, berselancar, berkuda, diving, dan masih banyak lagi.

 

  1.     Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile adalah salah satu tempat wisata Lombok yang tidak kalah cantik. Berada di Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile selalu ramai dengan pengunjung dan berada satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun di sini memiliki ketinggian mencapai 31 meter dan jika Anda ingin menuju air terjun maka perlu menuruni sekitar ratusan anak tangga sepanjang 40 meter. Nama lain Air Terjun Sendang Gile adalah Batu Ko’ yang berarti batu kerbau.

 

Sekarang Anda sudah tahu apa saja tempat wisata Lombok yang bisa Anda kunjungi ketika datang ke sana. Jangan lupa untuk mempersiapkan banyak hal saat liburan ke tempat-tempat yang minim fasilitas.

 

Baca Juga :   Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi

Share :

Baca Juga

Inilah Perlengkapan Traveling yang Harus kalian Bawa saat Pergi !!

WISATA

Inilah Perlengkapan Traveling yang Harus kalian Bawa saat Pergi !!
Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan

WISATA

Pesona Tempat Wisata di Hawaii yang Sayang Dilewatkan
12 Wisata Menjelang Ramadhan dan Tipsnya, Wajib diKunjungi!!

WISATA

12 Wisata Menjelang Ramadhan dan Tipsnya, Wajib diKunjungi!!
Bugis Waterpark Adventure

WISATA

Bugis Waterpark Adventure, Taman Hiburan Terbesar di Makasar
Hotel Oyo Terdekat

WISATA

Liburan Nyaman! Ini 5 Rekomendasi Hotel OYO Terdekat di Bali
5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik

WISATA

5 Rekomendasi Hotel Terdekat Masjidil Haram Terbaik
6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!

WISATA

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!
Malang Dreamland Pesona Wisata Baru yang Seru

WISATA

Dreamland Malang, Wahana Terbaik dan Paling Seru