Home / TEKNOLOGI

Rabu, 15 Februari 2023 - 10:11 WIB

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

- Penulis

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

Moccaapedia – Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah sebuah dokumen identitas resmi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

KTP berfungsi sebagai alat identifikasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas untuk mengidentifikasi seseorang saat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari melakukan transaksi keuangan hingga melakukan pendaftaran di sekolah atau bahkan untuk kursus.

KTP juga berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang adalah warga negara Indonesia yang sah, serta bukti bahwa seseorang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara lainnya.

 

Baca Juga :   Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Flip Terbaru Tahun 2022

 

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

 

Apa Itu E-KTP ?

E-KTP atau elektronik ktp adalah kartu identitas yang berbasis elektronik yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara digital dan menggunakan sistem keamanan canggih.

Kartu ini berisi data identitas pemilik, termasuk nama, foto, tanggal lahir, nomor identitas, dan informasi lainnya yang relevan. Data ini dienkripsi untuk menjaga privasi dan keamanan pemilik.

 

Apa Itu Fitur NFC Pada Smartphone ?

Fitur nfc pada smartphone merupakan salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data antar perangkat. Fitur ini juga mempermudah pengguna untuk mentransfer data tanpa perlu menggunakan kabel.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk membayar dengan mudah di beberapa toko yang menggunakan teknologi ini.

NFC juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone sebagai kartu identitas digital. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan smartphone mereka sebagai kartu kredit, kartu debit, tiket transportasi, dan lain-lain.

 

Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan HP Anda memiliki fitur NFC. Beberapa tipe HP yang memiliki fitur NFC antara lain: Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Apple iPhone 6, Apple iPhone 6s, Nokia Lumia 920, dan LG G2, dll.
  2. Buka aplikasi e-KTP. Aplikasi e-KTP tersedia untuk Android dan iOS.
  3. Aktifkan fitur NFC di pengaturan HP Anda.
  4. Pastikan Anda berada di jangkauan NFC e-KTP.
  5. Hubungkan HP Anda ke e-KTP Anda dengan menempelkan kedua perangkat dengan menggunakan fitur NFC.
  6. Tunggu sampai proses pairing selesai.
  7. Setelah proses pairing selesai, Anda akan mendapatkan data e-KTP Anda di aplikasi e-KTP. Anda dapat memeriksa data e-KTP Anda melalui aplikasi tersebut.

 

Baca Juga :   9 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan dalam Kehidupan

 

Manfaat e-ktp di Android

Ada beberapa manfaat dan kemudahan yang akan didapatkan jika anda menggunakan e-ktp digital lewat smartphone anda, yaitu:

 

  1. Memudahkan proses verifikasi identitas

E-KTP di Android menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk memverifikasi identitas seseorang. Ini membantu memastikan bahwa orang yang mengakses informasi atau layanan yang tersedia melalui aplikasi Android benar-benar orang yang sah.

 

  1. Memastikan keamanan data

E-KTP di Android memungkinkan untuk mengamankan informasi dan data pribadi pengguna dengan cara yang lebih aman. Hal ini sangat penting untuk mencegah pencurian identitas dan melindungi data pribadi pengguna.

 

  1. Mengurangi biaya

Dengan E-KTP di Android, para pengguna dapat mengakses layanan yang tersedia tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebihan. Ini memungkinkan mereka untuk menghemat uang ketika menggunakan layanan dan aplikasi yang tersedia.

 

Contoh Penggunaan e-KTP di Android

E-KTP dapat digunakan di Android melalui beberapa aplikasi resmi yang disediakan oleh pemerintah.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kartu identitas secara online, memvalidasi data pada kartu, dan melakukan verifikasi kartu secara cepat dan mudah.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menerima informasi tentang pemilik kartu, seperti nama, alamat, dan tanggal lahir.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tentang layanan kesehatan, pendidikan, dan pajak, serta mengelola data pribadi mereka secara online.

 

Cara Cek e-ktp Asli atau Palsu

Cara cek keaslian e-ktp adalah sebagai berikut:

  1. Periksa kode verifikasi hologram. Setiap e-KTP memiliki kode verifikasi hologram yang unik. Anda dapat memeriksa kode ini dengan membandingkannya dengan data di database Departemen Dalam Negeri.
  2. Periksa foto. Foto di e-KTP asli akan berwarna dan terlihat jelas. Jika foto berwarna dan tidak jelas, mungkin e-KTP palsu.
  3. Periksa tanda tangan. Pastikan tanda tangan pada e-KTP sama dengan tanda tangan di database Departemen Dalam Negeri. Jika ada perbedaan, mungkin e-KTP palsu.
  4. Periksa nomor seri. Pastikan nomor seri pada e-KTP sama dengan nomor seri yang tercantum di database Departemen Dalam Negeri. Jika ada perbedaan, mungkin e-KTP palsu.
  5. Periksa informasi dasar. Pastikan informasi dasar di e-KTP sama dengan informasi dasar di database Departemen Dalam Negeri. Jika ada perbedaan, mungkin e-KTP palsu.

 

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, yang bisa anda gunakan untuk memudahkan dan mengamankan transaksi keuangan dan data diri digital anda dalam berbagai keperluan.

 

Baca Juga :   Line, Aplikasi Chat Gratis Dengan Berbagai Fitur

Share :

Baca Juga

Jualan Aplikasi Premium, Jadi Mudah Berlangganan

TEKNOLOGI

Jualan Aplikasi Premium, Jadi Mudah Berlangganan
5 Merk Provider WiFi Terbaik, Dijamin Lancar

TEKNOLOGI

5 Merk Provider WiFi Terbaik, Dijamin Lancar
Daftar Rekomendasi Koneksi Internet di HP dengan 5G (Selular.id)

TEKNOLOGI

Daftar Rekomendasi Koneksi Internet di HP dengan 5G
Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang

TEKNOLOGI

Honda V-Go Review Motor Pintar Asal Jepang
Jelaskan Tahapan Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi

TEKNOLOGI

Jelaskan Tahapan Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi
Cara Cek Nomor 3 Mudah dan 100% Berhasil

TEKNOLOGI

Cara Cek Nomor 3 Mudah dan 100% Berhasil
Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis! (Istockphoto)

TEKNOLOGI

Cara Mudah Beralih ke Siaran TV Digital, Gratis!
Hp Xiaomi 13 Rilis dengan Kamera Leica dan Chip Snapdragon 8

TEKNOLOGI

Hp Xiaomi 13 Rilis dengan Kamera Leica dan Chip Snapdragon 8