Home / TEKNOLOGI

Jumat, 1 Desember 2023 - 14:14 WIB

5 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya

- Penulis

4 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya

4 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya

Moccaapedia – CCTV Klaten memiliki banyak komponen dengan fungsi berbeda-beda sehingga Anda harus menjaganya dengan baik agar tetap berfungsi. Dengan adanya CCTV maka lingkungan rumah Anda akan aman dari tindak kejahatan.

CCTV biasanya terpasang di hotel, pusat perbelanjaan, rumah sakit, rumah, dan gedung-gedung lainnya. Dengan adanya CCTV maka lingkungan akan aman sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa was-was.

 

Baca Juga :   Jualan Followers, Keuntungan Punya Banyak Followers

 

Komponen CCTV Klaten

4 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya
4 Komponen CCTV Klaten beserta Fungsinya

 

Kebanyakan orang hanya melihat CCTV sebagai kamera saja, padahal ada banyak komponen di dalamnya yang berperan penting untuk memaksimalkan kerja CCTV. Apa saja komponen tersebut dan fungsinya? Ini di penjelasan selengkapnya.

 

  1.     Digital Video Recorder (DVR)

DVR atau Digital Video Recorder adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data rekaman yang ditangkap oleh kamera. Satu DVR bisa merekam dan menampilkan empat hingga enam belas kamera CCTV.

Jadi, hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat penampilan dalam rekaman tersebut baik secara bergantian atau bersamaan.

 

  1.     Kabel CCTV

Adapun komponen lain pada CCTV Klaten adalah kabel CCTV yang biasanya Anda dapatkan bersamaan dengan paket CCTV yang Anda beli. Fungsi dari kabel ini adalah untuk menghubungkan satu sama lain ke setiap perangkat.

Ada dua jenis kabel CCTV yaitu kabel coaxial dan kabel power yang fungsinya berbeda-beda. Kabel coaxial adalah kabel yang berfungsi untuk memberikan daya listrik dan nantinya akan tersalurkan ke CCTV.

Sedangkan kabel power berfungsi untuk menjadi penghubung antara DVR dan CCTV agar bisa menyalurkan sinyal yang ditangkap oleh kamera di rekaman. Tanpa adanya kedua kabel ini maka CCTV tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga :   Cara Reset Router Tenda N301 100% Mudah

 

  1.     Power Supply

Berikutnya adalah power supply yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus sebagai penyedia tegangan listrik. Tegangan listrik berfungsi agar kamera CCTV bisa terus menyala tanpa adanya kendala.

Tegangan listrik yang dialirkan melalui power supply pada umumnya sebesar 12V untuk listrik DC. Adapun satu power supply dapat menghidupkan sebanyak 4 hingga 16 kamera CCTV sehingga Anda bisa memasang banyak CCTV untuk gedung besar.

 

  1.     Kamera CCTV

Kamera adalah komponen paling penting dari CCTV karena tanpa adanya kamera Anda tidak akan melihat tangkapan gambar apapun. Dengan kamera, Anda jadi tahu bagaimana kondisi di dalam atau luar ruangan di setiap properti.

Komponen satu ini memang didesain secara khusus agar bisa bertahan di berbagai lingkungan sesuai dengan spesifikasinya. Oleh karena itu, terdapat dua jenis kamera yang digunakan untuk dalam maupun luar ruangan.

 

  1.     Network Video Recorder

Network Video Recorder atau NVR adalah komponen yang juga memiliki peranan penting dalam CCTV yaitu sebagai CCTV IP. NVR hanya terdapat di CCTV digital sedangkan pada CCTV analog terdapat DVR.

NVR biasanya terdapat satu paket dengan komponen CCTV lainnya sehingga Anda tidak perlu membeli lagi. Hanya saja, Anda tetap bisa membelinya secara terpisah kalau komponen satu ini tiba-tiba error.

Kalau DVR akan menyimpan rekaman CCTV lewat kabel yang sudah terpasang, berbeda dengan NVR. NVR akan menggunakan koneksi wireless lewat jaringan internet untuk menyimpan rekaman.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengecekan lewat footage serta bisa untuk mengawas dari jarak jauh. Hal ini karena Anda bisa menghubungkan footage dengan ponsel yang Anda miliki dan mengaksesnya lewat aplikasi.

 

Komponen pada CCTV Klaten memiliki peranan penting agar bisa menghasilkan gambar yang jernih untuk merekam seluruh area. Apabila ada yang bermasalah dengan CCTV maka Anda perlu langsung mengeceknya.

Baca Juga :   Line, Aplikasi Chat Gratis Dengan Berbagai Fitur

Share :

Baca Juga

Cara Membedakan iPhone HDC dan Ori

TEKNOLOGI

Cara Membedakan iPhone HDC dan Ori
Cara Membuat Apple ID Tanpa Perangkat iPhone

TEKNOLOGI

Cara Membuat Apple ID Tanpa Perangkat iPhone
AirAsia Luncurkan Ojek Online (IG/Airasiasuperapp)

TEKNOLOGI

AirAsia Luncurkan Ojek Online, Berikut Info Lengkapnya!
100% Asik, Ini Rekomendasi Game Offline Seru untuk Perempuan

TEKNOLOGI

100% Asik, Ini Rekomendasi Game Offline Seru untuk Perempuan
Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3S

TEKNOLOGI

Cara Transfer Data Samsung ke Samsung yang Gampang Banget
Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan

TEKNOLOGI

4 Game Action Terbaik yang Seru Dimainkan
Jelaskan Tahapan Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi

TEKNOLOGI

Jelaskan Tahapan Awal dan Kedua Pengolahan Energi Minyak Bumi
Cara Keluar dari Mode Anak HP Vivo Karena Lupa PIN

TEKNOLOGI

Cara Keluar dari Mode Anak HP Vivo Karena Lupa PIN