Home / HEWAN

Minggu, 6 Agustus 2023 - 21:23 WIB

3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

- Penulis

3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

Moccaapedia – Terdapat tiga jenis hewan berdasarkan sumber makanannya yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging, omnivora merupakan hewan pemakan segala. Sedangkan contoh hewan herbivora adalah hewan-hewan yang suka memakan tumbuhan.

Adapun golongan hewan herbivora adalah konsumen tingkat I dalam rantai makanan atau termasuk konsumen primer. Artinya adalah binatang herbivora bisa menjadi sumber makanan bagi binatang-binatang lainnya.

 

Baca Juga :   Tips Terbaik Merawat Bayi Tupai

 

Contoh Hewan Herbivora

3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan
3 Contoh Hewan Herbivora Pemakan Tumbuh-Tumbuhan

 

Adapun ciri-ciri hewan herbivora selain pemakan tumbuh-tumbuhan adalah suka tinggal di daerah persawahan, padang rumput, dan hutan. Selain itu hewan ini juga memiliki gigi geraham di bagian depan dan belakang yang sama kuatnya. Berikut ini beberapa contoh dari binatang herbivora.

 

  1.     Kelinci

Kelinci adalah hewan peliharaan yang sangat menggemaskan dan bisa Anda temukan di daerah pegunungan. Binatang menggemaskan ini suka memakan tumbuh-tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan.

Orang-orang memelihara kelinci karena berbagai alasan seperti untuk mencari teman, menghilangkan penat, atau mencari teman bermain. Berikut ini klasifikasi mengenai hewan menggemaskan ini.

  •         Kingdom: Animalia
  •         Filum: Chordata
  •         Kelas: Mamalia
  •         Ordo: Artiodactyla
  •         Famili: Leporidae
  •         Sub Filum: Vertebrata
  •         Spesies: Lepus spp

Kelinci merupakan yang memiliki ciri-ciri morfologi tertentu mulai dari bagian bulu yang memiliki beragam warna mulai dari hitam, coklat, putih, abu-abu, dan masih banyak lagi. Lalu pada bagian telinga yang menghadap ke depan dan berbentuk tegak.

Lalu ada bagian kaki yang terdiri dari 4 kaki, 2 di bagian depan dan 2 lainnya ada di bagian belakang. Kaki yang berada di bagian depan memiliki ukuran yang lebih panjang daripada kaki bagian belakang. Adapun jenis-jenis kelinci yang tersebar di dunia ini adalah sebagai berikut.

 

  1.     Kelinci Himalaya

Nama lain dari kelinci satu ini adalah kelinci Rusia yang memiliki warna tubuh dominan putih dan pada bagian hidungnya cenderung berwarna gelap. Kelinci Himalaya merupakan jenis kelinci yang sulit dibudidayakan dan harganya bisa mencapai 4 juta rupiah.

Tentu saja harga tinggi ini sebanding dengan keunikan pada bagian matanya yang berwarna merah muda.

 

  1.     Kelinci Dutch

Jenis kelinci lain yang juga cukup populer adalah kelinci dutch karena memiliki warna bulu unik yaitu dengan kombinasi warna abu-abu, coklat, bercak hitam, dan putih. Selain itu bulunya berwarna hitam dan putih mirip seperti boneka. Harganya juga cukup mahal sekitar 100 ribu sampai 2 juta rupiah.

 

  1.     Kelinci Anggora

Terakhir adalah kelinci anggora yang berasal dari Turki dan memiliki bulu tebal beserta jumlah bulunya sangat banyak. Tidak hanya itu, teksturnya juga terbilang lembut. Adapun bobot kelinci ini adalah 3.5 kg dan termasuk hewan yang sangat aktif.

Kalau Anda tertarik dengan hewan satu ini bisa menyiapkan dana sebesar 600 ribu sampai dengan 2 juta rupiah.

 

  1.     Kambing

Salah satu contoh hewan herbivora adalah kambing yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Binatang berkaki empat ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Walaupun memiliki kadar kolesterol tinggi, akan tetapi daging kambing memiliki banyak manfaat kesehatan.

Hewan pemakan tumbuhan ini memiliki ciri-ciri berkaki empat, bulunya berwarna coklat, hitam, putih, dan abu-abu. Memiliki satu buah tanduk pada bagian kepala dan tanduk jantan lebih pendek daripada tanduk betina.

Memiliki rambut dan janggut di bagian bawah dagu dan mata bagian tengah berwarna hitam sedangkan untuk mata bagian samping berwarna kecoklatan. Adapun daun telinganya panjang dan memiliki gigi geraham dan gigi seri seperti hewan mamalia lainnya.

Adapun jenis-jenis kambing yang sering dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.

 

  1.     Kambing Kacang

Kambing kacang merupakan hewan dengan kemampuan adaptasi baik sehingga terkenal di tanah air. Selain itu, kambing kacang juga cepat berkembang biak jadi sering dibudidayakan.

Adapun ciri-ciri kambing kacang adalah memiliki bentuk tubuh ramping dan kepalanya kecil serta berwarna coklat, putih, dan hitam. Sedangkan untuk bobot dari kambing kacang adalah 25 sampai 30 kilogram.

 

  1.     Kambing Jawarandu

Jenis kambing berikutnya adalah kambing jawarandu yang sering disebut dengan kambing bligon atau kacukan. Jawarandu merupakan kambing yang berasal dari persilangan antara kambing kancang dengan kambing peranakan.

Alasan mengapa peternak sangat menyukai kambing ini adalah karena memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Selain itu, jawarandu juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis tumbuhan sehingga berat tubuhnya mencapai 40 kilogram.

 

  1.     Kambing Peranakan Etawa

Kambing PE adalah jenis kambing yang berasal dari persilangan antara kambing kancang dengan kambing etawa. Kemampuan reproduksinya mirip dengan kambing kancang, hanya saja postur tubuhnya mirip dengan kambing etawa.

Karakteristik dari kambing PE adalah memiliki warna bulu putih, merah, coklat, dan belang. Sedangkan untuk ukuran telinganya terbilang lebar.

 

Baca Juga :   Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

 

3.Panda

Contoh hewan herbivora adalah panda yang berasal dari Tiongkok dengan ciri-ciri tubuh berbulu berwarna hitam dan putih. Panda merupakan hewan menggemaskan dan lucu yang terkenal di seluruh penjuru dunia bahkan menjadi inspirasi film animasi seperti Kung Fu Panda.

Panda adalah hewan dari golongan beruang hanya saja tidak memakan daging seperti beruang lain. Binatang ini lebih sering memakan bambu. Adapun untuk klasifikasi dari hewan panda adalah sebagai berikut.

  •         Kingdom: Animalia
  •         Filum: Chordata
  •         Kelas: Mamalia
  •         Ordo: Carnivora
  •         Famili: Ursidae
  •         Genus: Ailuropoda
  •         Spesies: Ailuropoda melanoleuca

Morfologi dari hewan panda adalah memiliki postur tubuh gemuk dan besar serta wajahnya bulat dan ekornya pendek. Ukuran panda dewasa adalah 150 sampai 160 cm sedangkan panjang kaki dan tangannya adalah 90 cm.

Lalu berat tubuh panda dewasa bisa mencapai 150 kg untuk panda jantan. Sedangkan bobot panda betina sekitar 10 sampai 20% dari bobot panda jantan. Walaupun panda termasuk hewan menggemaskan, akan tetapi panda memiliki gigi taring berukuran besar.

Gigi taring itu berfungsi untuk memudahkan panda dalam memakan bambu. Selain gigi taring, panda juga memiliki gigi seri dan geraham yang terbilang kuat. Pada kaki dan tangannya masing-masing memiliki jari dengan cakar yang cukup tajam dan kuat.

Habitat asli panda adalah di lingkungan hutan area pegunungan yang memiliki iklim sedang. Kalau Anda ke Cina, bisa menemukan pada di daerah pegunungan barat daya. Adapun di Indonesia, Anda bisa menemukan panda di kebun binatang.

Satu-satunya kebun binatang yang merawat panda adalah Taman Safari di Bogor Jawa Barat dan termasuk hewan yang terancam punah. Akan tetapi, pada tahun 2021 lalu pemerintah Tiongkok meningkatkan populasinya hingga menjadi status rentan.

Hewan ini hampir punah karena orang-orang banyak yang melakukan perburuan liar sehingga populasinya menjadi berkurang. Sekarang hanya terdapat sekitar 1.800 ekor panda yang hidup di alam liar. Adapun panda yang hidup di kebun binatang hanya sejumlah 100 ekor saja dan itu berada di beberapa negara.

 

Contoh hewan herbivora di atas ada yang sering Anda lihat di kehidupan sehari-hari seperti kambing dan kelinci. Hanya panda yang jarang terlihat karena memang habitatnya berada di Tiongkok.

 

Baca Juga :   Inilah 5 Hewan Mamalia Terkecil di Dunia yang Wajib diKetahui

Share :

Baca Juga

Jenis Kucing Hutan di Indonesia

HEWAN

Apa Saja Jenis Kucing Hutan di Indonesia? Yuk Cari Tahu!
Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan yang Dapat Membunuh Kapan Saja

HEWAN

Hati-hati! 6 Hewan Lucu Tapi Mematikan Dapat Membunuhmu
Hewan Langka di Dunia (Paul Faith)

HEWAN

5 Hewan Terlangka di Dunia
5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?

HEWAN

5 Jenis Ikan Air Laut yang Bisa Dikonsumsi, Apa Saja?
Kenapa Gelembung Ikan Mahal

HEWAN

Baru Tahu, Ternyata Ini Alasan Kenapa Gelembung Ikan Mahal
7 Contoh Hewan Vivipar di Sekitar Manusia

HEWAN

7 Contoh Hewan Vivipar di Sekitar Manusia
Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia

HEWAN

Contoh Hewan Vertebrata yang Hidup di Dekat Manusia
5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami

HEWAN

5 Cara Melestarikan Hewan yang Hampir Punah, Pahami