Home / KESEHATAN

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

- Penulis

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

Cara Meratakan Gigi Gingsul dan Bahanyanya Bagi Kesehatan

Moccaapedia – Cara meratakan gigi gingsul bisa Anda lakukan dengan operasi atau menggunakan kawat gigi, tapi apakah hal ini aman bagi kesehatan? Memang bagi sebagian orang menganggap jika memiliki gigi gingsul adalah sebuah keberuntungan.

Karena beberapa orang menganggap jika gigi gingsul membuat penampilan semakin menarik.

Namun, tidak sedikit juga yang tidak suka dengan penampilan dirinya dengan gigi gingsul karena menganggap jika gigi gingsul membuat mereka merasa rishi.

Hingga bahkan membuat mereka merasa sangat tidak nyaman.

Untuk itulah, pada topik saat ini Moccaapedia ingin memberikan berbagai informasi bagaimana cara merapikan dan meratakan gigi gingsul. Dan apakah hal tersebut dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan Anda.

 

Baca Juga :   Manfaat Bersihkan Karang Gigi di Palu: Konsultasi Lengkap untuk Hasil Maksimal

 

Solusi dan Cara Meratakan Gigi Gingsul yang Aman Bagi Kesehatan

Keberadaan gigi gingsul memang tidak hanya bisa membuat gigi terlihat tidak rapi, namun juga memiliki dampak yang cukup bahaya bagi kesehatan mulut. Meski dalam beberapa kasus, kehadiran gigi gingsul tidak berbahaya bagi kesehatan namun justru malah mampu menambah kecantikan dan meningkatkan daya tarik.

Tapi terdapat juga beberapa kasus yang mana gigi gingsul membuat si pemilik merasa tidak nyaman. Karena keberadaannya yang tidak rapi dan menumpuk sehingga tidak hanya sulit untuk digunakan mengunyah namun juga terkadang membuat si pemiliknya sulit untuk menutup mulut dengan rapat.

Jika sudah seperti ini, maka tidak ada cara atau opsi lain selain merapikan bentuk gigi yang gingsul dan berantakan tersebut. Anda bisa merapikannya, atau jika kondisi dan posisi gigi cukup berbahaya, maka ada opsi untuk mencabut gigi gingsul dengan tindakan operasi.

Berikut ini cara meratakan gigi gingsul dengan cara yang aman bagi kesehatan:

1. Meratakan Gigi Gingsul dengan Kawat Gigi 

Penggunaan kawat gigi bukan hanya untuk merapikan gigi normal yang tidak rata. Tapi banyak dokter menyarankan untuk memakai kawat gigi supaya memperbaiki gigi gingsul Anda supaya jadi rata dan normal kembali.

Namun, untuk pemasangan kawat gigi tersebut pun gak boleh sembarangan. Kami sarankan berkonsultasi dulu dengan dokter gigi berpengalaman. Lakukan pemasangan kawat gigi hanya pada klinik dokter gigi yang sudah berlisensi.

Meskipun sekarang sudah banyak sekali kawat gigi yang beredar di pasaran, dengan harga yang relatif jauh lebih murah dan bahkan bisa Anda pasang sendiri di rumah.

Tapi yakinlah jika kawat gigi tersebut tidak resmi alias ilegal yang pastinya tidak aman untuk Anda gunakan. Sehingga sebaiknya pergi ke klinik dokter gigi untuk konsultasi dan pemasangannya agar bisa meratakan gigi gingsul dengan sempurna.

Dan pastinya jauh lebih aman bagi kesehatan.

2. Menggunakan Aligner Bening

Jika Anda kurang merasa nyaman dengan menggunakan kawat gigi, maka ada opsi lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara meratakan gigi gingsul yang aman. Yakni dengan memakai aligner bening.

Aligner bening ini sendiri merupakan sebuah alat untuk menyanggah gigi. Tidak perlu khawatir karena aligner bening sendiri terbuat dari bahan aman, seperti plastic bening tipis sterli. Serta penggunaan dan bentuknya akan menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran gigi Anda.

Tapi wajib Anda pastikan juga, dalam penggunaan aligner bening ini juga perlu arahan dari dokter bersangkutan ya. Seperti lama penggunaan, kapan saja aligner bening digunakan pasien, efek, dan manfaatnya. Perlu Anda tahu agar proses perataan gigi gingsul pun berlangsung dengan cepat dan aman,

3. Melalui Operasi Gigi

Perataan gigi gingsul nyatanya bisa dilakukan melalui proses operasi. Tapi, hal ini jarang sekali terjadi. Sebab, operasi tersebut hanya akan dilaksanakan apabila gigi gingsul pasien semakin parah dan sulit untuk diobati menggunakan cara biasa.

Umumnya, operasi gigi gingsul atau dalam istilah kedokteran, yaitu operasi orthogenic akan melakukan perubahan kecil dalam struktur rahang. Sehingga gigi gingsul dapat dikembalikan seperti gigi normal lainnya.

 

Penyebab Gigi Seseorang Bisa Gingsul

Nah, ternyata ada beberapa pilihan metode untuk meratakan atau merapikan gigi gingsul. Mulai dari cara ringan seperti pemasangan kawat gigi dan aligner. Hingga melalui cara operasi.

Tentunya metode untuk meratakan atau bahkan menghilang gigi gingsul bisa Anda sesuaikan dengan kondisi gigi yang Anda miliki. Sehingga untuk proses ini sendiri tidak boleh Anda lakukan dengan sembarangan. Dan hanya bisa Anda lakukan bersama dokter ahli gigi yang sudah berlisensi.

Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini ya.

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara meratakan gigi gingsul. Pernahkah Anda terpikir dan bertanya-tanya, apa yang menyebabkan seseorang memiliki gigi gingsul?

Untuk menambah informasi dan pengetahuan, di sini Moccaapedia juga sudah merangkum apa saja penyebab gigi gingsul yang biasanya terjadi:

 

Baca Juga :   5 Masalah Kesehatan Saat Puasa Sering Terjadi Ini Solusinya

 

1. Ukuran Rahang Seseorang

Salah satu penyebab gigi gingsul pertama bisa terjadi karena ukuran rahang seseorang. Perubahan tersebut pun ternyata tidak terjadi secara alami loh. Umumnya hal tersebut karena faktor makanan yang Anda konsumsi.

2. Faktor Genetik atau Keturunan

Baru tahu kan, jika ternyata salah satu penyebab gigi gingsul adalah karena adanya faktor genetik atau keturunan. Ternyata jika ada anggota keluarga Anda yang dulu memiliki gigi gingsul, seperti nenek, kakek, ayah dan ibu. Maka besar kemungkinan Anda dan keturunan Anda nantinya juga memiliki gigi gingsul loh.

Faktor ini sendiri terjadi karena manusia mewarisi overbite atau underbite pada rahang gigi dari orang tuanya. Hal inilah yang membuat seorang anak bisa memiliki gigi gingsul jika kedua orang tua, atau salah satu orang tuanya juga memiliki gigi gingsul ya.

 

Gangguan Kesehatan yang Timbul Akibat Gigi Gingsul

Di sebagian negara, gigi gingsul menjadi salah satu standar kecantikan. Sebut saja di Jepang yang mana hal ini membuat warga di negeri sakura tersebut rela membuat gigi mereka yang sudah rapi menjadi gingsul lewat proses operasi.

Namun sebenarnya gigi gingsul ini sendiri juga memiliki bahaya dan dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Terutama kesehatan pada mulut.

Akibat dari gigi gingsul pun ternyata bisa menyebabkan berbagai efek bagi penderitanya. Bahkan bisa cukup mengganggu kegiatan sehari-hari, loh.

Nah, Adapun beberapa gangguan dari gigi gingsul diantaranya adalah:

  • Merasa tidak nyaman saat mengunyah makanan, sehingga mengganggu proses makan yang akan berakibat pada terganggunya pencernaan dan metabolisme tubuh.
  • Gigi sulit untuk Anda bersihkan karena bentuknya yang tidakrata dan suling dijangkau oleh sikat gigi. Sehingga hal ini dapat membuat gigi menjadi lebih cepat keropos karena kotoran yang menumpuk pada gigi mengakibatkan munculnya karang pada gigi.
  • Resiko gigi tanggal semakin tinggi karena akan mengalami penekanan rahang dan otot mulut akibat gigi gingsul.

 

Gangguan tersebut menjadi salah satu hal yang membuat pemilik gigi gingsul merasa kurang nyaman. Sehingga tidak jarang membuat mereka ingin menghilangkannya atau meratakannya dengan berbagai cara.

Meskipun begitu, pastikan Anda hanya melakukan cara meratakan gigi gingsul dengan bantuan dokter gigi yang sudah berlisensi. Agar prosesnya tidak hanya bisa membuat gigi rata namun juga tidak menimbulkan berbagai bahaya pada kesehatan gigi dan mulut Anda.

Share :

Baca Juga

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

KESEHATAN

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Tubuh
Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh

KESEHATAN

Super Sehat, Ini Loh Manfaat Wortel Rebus Bagi Tubuh
5 Penyakit yang Menyerang Kesehatan Reproduksi

KESEHATAN

5 Penyakit yang Menyerang Kesehatan Reproduksi
7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan

KESEHATAN

7 Obat Pilek Alami yang Mudah Ditemukan
5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya

KESEHATAN

5 Rekomendasi Pil KB yang Bikin Kurus Memang Ada? Pahami Jenisnya
Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya

KESEHATAN

Daftar Masalah Kesehatan Bayi dan Penyebabnya
Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

KESEHATAN

5 Layanan Kesehatan dan Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS
100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

KESEHATAN

100% Ampuh, Ini Tanaman Penurun Kadar Gula Darah