Home / TEKNOLOGI

Minggu, 4 Desember 2022 - 10:13 WIB

Apa Itu iPhone HDC? Cek Perbedaan dan Risikonya

- Penulis

Apa Itu iPhone HDC? Cek Perbedaan dan Risikonya (Iphone.com)

Apa Itu iPhone HDC? Cek Perbedaan dan Risikonya (Iphone.com)

iPhone HDC

Moccaapedia – Istilah iPhone HDC cukup banyak menjadi bahasan belakangan ini. Namun sebenarnya, apa itu iPhone HDC? Lewat pembahasan ini, kita akan memahami pengertian, perbedaan, dan dampak penggunaan palsu.

Perangkat resmi iPhone HDC merupakan smartphone replika yang memiliki tampilan serupa dengan produk keluaran Apple. Meski memiliki tampilan fisik dan layar serupa ipHone, namun perangkat dan sistem yang digunakan umumnya bukan produk keluaran Apple.

HDC merupakan singkatan dari high detailed copy atau produk dengan tingkat duplikasi yang sangat detail. Jadi, merupakan duplikasi produk dengan tingkat detail tinggi agar memiliki tampilan dan pengalaman penggunaan serupa dengan brand Apple tersebut.

 

Baca Juga :   Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

 

Perbedaan iPhone HDC dengan Ori

Dengan tampilan luar dan sistem yang serupa, produk iPhone HDC tetap bukanlah perangkat resmi dari brand Apple. Sehingga terdapat beberapa perbedaan mendasar yang hampir selalu ditemukan di perangkat handphone.

Berikut beberapa perbedaan umum yang terdapat pada produk. Pengetahuan ini dapat mengamankan pembeli dari risiko penjualan iPhone HDC yang diklaim sebagai produk original.

 

Sistem Operasi (iOS)

Seluruh produk iPhone menggunakan sistem operasi iOS sebagai modul pengoperasian dasar. Sistem iOS dikembangkan secara mandiri oleh produsen Apple untuk operasional yang lebih maksimal.

Dengan iOS yang dikembangkan secara mandiri, integrasi sistem dengan perangkat keras dapat berjalan lebih baik. Hal ini tidak terdapat pada Android yang merupakan sistem open source untuk ratusan hingga ribuan brand smartphone yang ada di dunia.

Keistimewaan ini yang umumnya tidak akan ditemukan pada iPhone HDC. Hal tersebut disebabkan umumnya merupakan smartphone dengan sistem dasar Android. Jadi pengguna tidak akan menemukan iOS di dalam produk.

Keberadaan iOS ditandai dengan beberapa indikator, termasuk adanya App Store sebagai sistem utama untuk pengelolaan aplikasi di dalam perangkat. Produk umumnya akan tetap menggunakan Play Store sebagai aplikasi standar Android.

 

Bahan Perangkat

Pada produk standar iPhone, bagian luar produk umumnya terbuat dari bahan aluminium atau stainless steel. Kedua bahan tersebut tergolong cukup ringan namun sangat kokoh untuk menopang komponen di dalam perangkat.

Meski begitu, stainless steel dan aluminium tetap lebih berat dari plastik. Hal tersebut menjadi salah satu pembeda utama iPhone HDC dengan produk original. Sebab berbagai produk lebih banyak menggunakan body berbahan plastik.

Hal tersebut disebabkan bahan stainless steel ataupun aluminium memiliki tingkat kesulitan produksi body yang lebih tinggi. Selain itu, kedua bahan tersebut juga membutuhkan biaya produksi lebih besar.

 

Baca Juga :   Mengenal Think With Google Indonesia Beserta Toolsnya
Sumber: apple.com

Spesifikasi Sistem

Seperti berbagai perangkat komputasi lain, sebuah smartphone terdiri dari sistem memori, penyimpanan, hingga mainboard. Masing-masing komponen tersebut membentuk kesatuan perangkat dengan performa tertentu.

Produk iPhone HDC umumnya dijual dengan rentang harga di bawah standar produk original. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan komponen yang berbeda dengan produk aslinya.

Komponen berbeda tentu akan menghasilkan performa yang tidak sesuai dengan standar produk original. Meski tampak memiliki harga lebih murah dari produk original, tetapi hal tersebut merupakan langkah yang sangat berisiko.

 

Risiko Penggunaan iPhone HDC

Produk iPhone HDC memiliki sejumlah perbedaan mencolok dengan versi originalnya. Maka terdapat juga risiko penggunaan produk yang terjadi pada pengguna. Risiko tersebut dapat diterima secara instan dalam momen pembelian maupun jangka panjang.

Berikut ulasan beberapa risiko yang diterima pembeli produk iPhone HDC. Risiko berikut berhubungan dengan performa, daya tahan, dukungan, hingga ancaman hukum yang mengikat pada produk.

 

Ancaman Pidana

Desain produk, termasuk milik iPhone tentu memiliki perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual. Hal tersebut melindungi unsur eksklusif sebuah produk dari pembajakan. Dengan begitu, aktivitas duplikasi pada produk termasuk aksi yang tergolong pembajakan.

Meski hal tersebut lebih memberatkan pihak produsen, namun bukan tidak mungkin pengguna juga memiliki risiko hukum yang besar dengan menggunakan produk. Sejauh ini, sudah cukup banyak produsen dan distributor yang terjerat pidana atas kasus serupa.

 

Kerusakan Sistem

Produk iPhone HDC memiliki tampilan smartphone Apple, namun sistem yang digunakan adalah Android. Hal tersebut membuat relasi konsumen dengan produsen yang bersifat tidak jelas.

Dengan kondisi demikian, pengguna produk tidak memiliki kejelasan tentang layanan resmi yang dapat dihubungi. Hal tersebut akan sangat menyulitkan apabila terjadi kerusakan sistem pada perangkat.

 

Tanpa Garansi

Serupa dengan kondisi sebelumnya, produk iPhone HDC juga tidak memiliki relasi jaminan garansi yang jelas. Hal tersebut disebabkan produk itu sendiri yang termasuk pada kategori produk ilegal.

Apabila terdapat garansi yang diberikan, umumnya hal tersebut merupakan fasilitas tidak resmi yang diberikan distributor. Namun hal tersebut juga tidak memiliki perikatan hukum yang kuat, sebab perjanjian di atas produk ilegal umumnya dinyatakan batal secara hukum.

Demikian ulasan tentang produk iP dan berbagai detail yang terjadi di sekelilingnya. Terdapat risiko besar pembelian dan penggunaan produk HDC. Sangat disarankan untuk menghindari risiko tersebut agar tidak mendapat kerugian di masa depan.

 

Baca Juga :   5 Jenis Kain Anti Kusut, Lembut dan Bagus, Kalian Wajib Tau!!

Share :

Baca Juga

Sejarah Ponsel Lipat di Dunia

TEKNOLOGI

Sejarah Ponsel Lipat di Dunia yang Kini Banyak Diminati
Think with Google Indonesia

TEKNOLOGI

Mengenal Think With Google Indonesia Beserta Toolsnya
Jualan Followers, Keuntungan Punya Banyak Followers

TEKNOLOGI

Jualan Followers, Keuntungan Punya Banyak Followers
5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

TEKNOLOGI

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja
Lampu CCTV Tidak Menyala, Kenapa?

TEKNOLOGI

Lampu CCTV Tidak Menyala, Kenapa?
Ukuran Mobil Sesuai Jenisnya Biar Mudah Saat Bikin Garasi

TEKNOLOGI

Ukuran Mobil Sesuai Jenisnya Biar Mudah Saat Bikin Garasi
Cara Melacak Akun Instagram Mudah dan 100% Berhasil

TEKNOLOGI

Cara Melacak Akun Instagram Mudah dan 100% Berhasil
Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!

TEKNOLOGI

Tanpa Aplikasi, Nih Cara Download Video Instagram yg Gampang!