Home / INTERNET

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 14:00 WIB

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

- Penulis

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

MoccaapediaLogis adalah dan contoh lengkapnya akan bisa Anda lihat pada pembahasan di bawah ini, karena Moccaapedia akan menjelaskannya untuk Anda.

Logika adalah aspek penting dalam pemikiran manusia yang membantu Anda untuk berpikir dengan cara yang sistematis dan rasional. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian logika, mengapa logika penting dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sekaligus memberikan beberapa contoh konkret tentang bagaimana logika digunakan dalam berbagai situasi. Sehingga dengan artikel ini dapat membantu Anda memahami konsep logika dengan lebih baik.

 

Baca Juga :   Berapa Ukuran Video Tiktok? Content Creator Wajib Tahu!

 

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya
Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

Logis atau biasa juga disebut dengan logika adalah suatu cara berpikir yang sistematis dan rasional untuk menghubungkan fakta, ide, atau pernyataan agar dapat mencapai kesimpulan yang benar.

Dengan kata lain, logika membantu Anda untuk berpikir secara terstruktur dan objektif. Sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang Anda miliki.

Logika memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan Anda, mulai dari pemecahan masalah sehari-hari hingga pengambilan keputusan yang kompleks.

Sehingga seseorang yang mengambil keputusan dengan mengandalkan logika yang mereka miliki akan disebut juga dengan pemikiran logis.

Dalam konteks ini, logika membantu Anda untuk:

 

1. Membantu untuk Mengidentifikasi Masalah

Logika akan sangat penting dan sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi masalah atau situasi yang memerlukan pemecahan. Dengan berpikir logis, Anda dapat merinci masalah dengan lebih baik.

Sehingga pengambilan keputusan tidak akan berpengaruh pada perasaan. Sebab penggunaan perasaan dalam pengambilan keputusan seringkali akan membuat Anda mengambil tindakan yang kurang bijak.

Hal tersebut bisa terjadi karena Anda hanya menggunakan sudut pandang subjektif saja. Padahal pengambilan keputusan yang bijak harus berdasarkan pada sudut pandang objektif.

 

2. Menganalisis Informasi

Logika memungkinkan Anda untuk dapat menganalisis informasi yang Anda miliki dengan cermat. Anda dapat memilah-milah fakta dari pendapat, memeriksa keabsahan sumber informasi dan mengidentifikasi argumen yang valid.

Sehingga keputusan yang Anda ambil atau pemikiran yang Anda miliki tidak hanya berdasarkan pada perasaan saja. Melainkan memiliki data data yang valid dan kebenarannya bisa dibuktikan.

 

3. Mengembangkan Argumen

Dalam berbagai situasi, Anda perlu mengembangkan argumen yang kuat untuk mendukung pandangan atau pendapat Anda. Logika membantu Anda merancang argumen yang koheren dan meyakinkan.

Sehingga sudut pandang atau argument Anda tidak akan mudah terbantah oleh orang lain. Karena Anda memiliki data yang konkret yang bisa orang lihat dan percayai. Dengan begitu, semua pendapat yang Anda kemukakan, tidak akan mudah orang lain bantah.

Bahkan jika ingin dibantah pun, mereka harus memberikan ide atau konsep dengan data data yang valid juga. Agar bisa masuk akal dan logis.

 

4. Membuat Keputusan yang Bijak Bukan Hanya Berdasarkan Perasaan

Ketika Anda dihadapkan pada banyak pilihan, logika membantu Anda untuk memilih opsi yang paling rasional berdasarkan informasi yang Anda miliki. Dan bukan hanya berdasarkan pada perasaan saja.

 

Contoh Penggunaan Logika dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya
Pengertian Logis Adalah dan Contoh Lengkapnya

Setelah Anda mengetahui pengertian Logis adalah dan contoh lengkapnya juga akan Moccaapedia jabarkan di bawah ini.

Sekarang mari Anda lihat beberapa contoh konkret tentang bagaimana logika digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

 

Baca Juga :   Yuk, Kenalan dengan Kak Jill Shine Gorden yang Viral

 

1. Pemecahan Masalah

Bayangkan Anda menghadapi masalah teknis dengan komputer Anda yang tidak mau menyala. Dalam situasi ini, Anda dapat menggunakan logika untuk memecahkan masalah tersebut. Anda mungkin mulai dengan langkah-langkah dasar seperti memeriksa koneksi daya dan memastikan bahwa semua kabel terhubung dengan baik.

Jika itu tidak berhasil, Anda mungkin akan mencari solusi lain berdasarkan pengetahuan Anda tentang perangkat keras komputer. Logika membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan cara yang sistematis.

 

2. Pengambilan Keputusan

Saat Anda berada di supermarket dan harus memilih produk yang akan Anda beli, logika membantu Anda membuat keputusan yang terbaik.

Anda mungkin mempertimbangkan faktor seperti harga, kualitas, merek hingga kebutuhan pribadi yang Anda miliki. Dengan menggunakan logika, Anda dapat membandingkan berbagai pilihan dan memilih produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

 

3. Penyusunan Argumen

Dalam diskusi atau debat, logika sangat penting untuk membangun argumen yang kuat. Anda perlu menyusun argumen yang logis dan meyakinkan untuk mendukung pandangan Anda.

Sehingga hal tersebut akan melibatkan penggunaan premis dan kesimpulan yang jelas, serta pembuktian yang relevan dan valid.

Contoh:

Premis: Semua manusia adalah makhluk berpikir.

Premis: Anda adalah manusia.

Kesimpulan: Oleh karena itu, Anda adalah makhluk berpikir.

Dalam contoh ini, argumen tersebut menggunakan logika deduktif untuk mencapai kesimpulan yang benar.

 

4. Penggunaan Statistik

Logika juga berperan dalam penggunaan statistik dalam penelitian atau analisis data. Saat Anda menginterpretasikan data statistik, Anda perlu menggunakan logika untuk mengambil kesimpulan yang benar berdasarkan informasi yang tersedia.

Misalnya, jika Anda melihat bahwa sebagian besar responden dalam sebuah survei menyatakan bahwa mereka menyukai produk tertentu, Anda dapat menggunakan logika untuk menyimpulkan bahwa produk tersebut mungkin populer di pasar.

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari Anda, logika adalah alat penting yang membantu Anda berpikir dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih baik. Logika membantu Anda mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, mengembangkan argumen, dan membuat keputusan yang rasional.

Nah, sekarang sudah tahu kan pengertian Logis adalah dan contoh lengkapnya. Semoga bermanfaat ya

 

Baca Juga :   Bergenre Horor Fantasy, Ini Sinopsis Kuntilanak 3

Share :

Baca Juga

Aplikasi Islami dan Kegiatan Untuk Anak Saat Ramadhan, Lebih Berkah

INTERNET

Aplikasi Islami dan Kegiatan Untuk Anak Saat Ramadhan, Lebih Berkah
Biodata dan Agama Arya Saloka Pemeran Aldebaran

INTERNET

Biodata dan Agama Arya Saloka Pemeran Aldebaran
Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan

INTERNET

Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan
Ukuran Video TikTok

INTERNET

Berapa Ukuran Video Tiktok? Content Creator Wajib Tahu!
Ketahui Apa Arti Bestie dan Bagaimana Cara Menggunakannya

INTERNET

Ketahui Apa Arti Bestie dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Daftar Program Affiliate Paling CuanĀ  (Google)

INTERNET

Daftar Program Affiliate Paling menguntungkan, Komisi Hingga 80% !!
Ternyata Ini Alasan Mengapa Manusia Menciptakan Uang

INTERNET

Ternyata Ini Alasan Mengapa Manusia Menciptakan Uang
Teknik Linier, Pengertian, Unsur-unsur dan Cara Menggambarnya

INTERNET

Teknik Linier, Pengertian, Unsur-unsur dan Cara Menggambarnya