Home / INTERNET

Kamis, 13 April 2023 - 14:00 WIB

Facebook TikTok, Ini Informasi yang Wajib Anda Pahami!

- Penulis

Facebook TikTok

Facebook TikTok

Moccaapedia – Media sosial terus berkembang seiring berjalannya waktu termasuk Facebook TikTok. Kedua jenis platform media sosial ini sudah mempunyai banyak sekali pengguna di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Namun, antara Facebook dan TikTok mana yang lebih baik serta apa perbedaannya?

Mari pelajari artikel ini dengan seksama untuk mengetahui banyak informasi tentang kedua platform tersebut yang wajib Anda pahami!

 

Baca Juga :   6 Aplikasi Android Pelacak Smartphone, Sering di Pakai

 

Apa Itu Facebook?

Facebook TikTok
Facebook TikTok – Pexels.com

Facebook adalah media sosial yang sudah hadir sejak tahun 2004 silam dan memungkinkan para penggunanya agar bisa terhubung dengan teman, kolega, maupun orang asing melalui akun atau profil gratis. Selain itu, Anda juga bisa terhubung dengan perusahaan, tokoh publik, dan organisasi.

Ini juga memungkinkan mereka untuk saling berbagi pandangan, informasi, dan pendapat kepada siapa saja, baik melalui media gambar, musik, artikel, hingga video. Ini menjadi aktivitas paling populer yang pengguna Facebook lakukan agar tetap bisa terhubung dengan teman mereka.

Facebook sendiri mempunyai banyak sekali pengguna bahkan ini sekitar 36,7% dari total populasi di dunia dan sekitar 60% pengguna internet yang mengaksesnya setiap bulan. Hal tersebut menjadikan Facebook sebagai platform yang tepat untuk menjalankan strategi pemasaran media sosial dan iklan.

 

Apa Itu TikTok?

Facebook TikTok
Facebook TikTok – Pexels.com

Aplikasi media sosial yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak di China, yaitu ByteDance pada tahun 2016 silam. Kini, TikTok yang berawal dari aplikasi Musical.ly ini sudah mempunyai lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Media sosial TikTok sendiri bisa pengguna gunakan untuk membuat, menonton, dan berbagi video dengan bermacam topik, baik sebagai hiburan hingga edukasi sekalipun. TikTok berhasil menarik perhatian banyak orang hingga mempunyai tingkat interaksi yang tinggi dengan sifat sangat adiktif.

Bahkan ada banyak hal dalam aplikasi ini yang menjadi tren di sebagian besar platform media sosial lainnya. TikTok menawarkan konten kreatif dan menjadi sarana komunikasi yang orisinal. Semua kalangan telah menggunakannya, baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

 

Baca Juga :   Salah Satu Jalur yang Digunakan untuk Berkomunikasi Data Adalah Satelit

 

Facebook TikTok, Mana yang Lebih Baik?

Kedua platform media sosial ini sama-sama mempunyai banyak sekali pengguna yang tersebar di seluruh dunia karena mereka mempunyai fungsi hingga keunikan tersendiri. Facebook yang menawarkan hubungan dengan teman atau kolega, sedangkan TikTok memberikan konten super kreatif.

Lalu, antara keduanya mana yang lebih baik dan cocok untuk Anda gunakan? Mari cari tahu jawabannya di poin tentang Facebook TikTok berikut ini, yaitu:

 

1.     Konten

Terdapat beberapa perbedaan antara konten TikTok dan konten Facebook, yaitu:

  • Konten TikTok

TikTok semuanya berisi video pendek yang biasanya berupa pengguna merekam diri mereka sendiri dan melakukan hal-hal lucu. Beberapa yang paling populer dan disukai adalah video dance, video musik lip-syncing, dan sandiwara komedi. Namun, ada juga banyak creator yang membuat video edukasi.

 

  • Konten Facebook

Facebook berisi meme, pertanyaan trivia, postingan menghibur, postingan tantangan, foto, video, kuis, dan banyak lagi. Berita terkini menjadi topik terbaik untuk konten Facebook Anda. Ini sangat sederhana dan efektif untuk menarik audiens dengan menggabungkan kata-kata dan grafik.

 

2.     Iklan

Selain konten, iklan pada platform Facebook dan TikTok juga cukup berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu:

  • Iklan TikTok

TikTok menjadi platform yang sesuai untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pengguna yang aktif di dalamnya. Ini karena ada lebih dari 1 miliar pengguna aktif sehingga jangkauan pasarnya juga semakin besar.

Apalagi ini didukung dengan waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton konten video sangat besar sehingga memudahkan perusahaan besar maupun kecil untuk menilai efektivitas pemasaran mereka.

 

  • Iklan Facebook

Facebook menjadi salah satu platform yang umum pengguna gunakan sebagai tempat meletakkan iklan online. Ini karena Facebook memungkinkan seseorang atau perusahaan untuk menargetkan pasarnya berdasarkan usia, minat, aktivitas, dan geografi.

Oleh sebab itu, Facebook menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek. Anda sebagai pemilik bisnis bisa menyebarkan berita atau konten tentang bisnis produk, dan melakukan penjualan melalui iklan Facebook.

Namun, perlu Anda ingat bahwa iklan Facebook memberikan hasil yang lebih mengesankan daripada iklan TikTok, tetapi harganya juga lebih mahal. Jadi, antara Facebook TikTok mereka mempunyai keunggulan sendiri dengan pengguna yang sama-sama banyak. Pilih yang mana ini?

 

Baca Juga :   Cek DA PA Hingga Lolos Google Adsense, Ini Syaratnya!

Share :

Baca Juga

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah

INTERNET

Cara Membuat PP Menyala untuk WA 100 % Mudah
Cara Mendapatkan Kode Voucher Shoope Hari Ini

INTERNET

Cara Mendapatkan Kode Voucher Shoope Hari Ini
Hal yang Diperhatikan Saat Membuat Langkah Pembelajaran

INTERNET

Hal yang Diperhatikan Saat Membuat Langkah Pembelajaran
Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

INTERNET

100% Benar: Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah
Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan

INTERNET

Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan

INTERNET

Cara Membuat Hastag Tiktok Biar Banyak Like
Merch Tema Adalah Istilah yang Viral di TikTok

INTERNET

Merch Tema Adalah Istilah yang Viral di TikTok
Bagaimana Caranya Menghormati Orang Tua Kita yang Masih Hidup Ya

INTERNET

Bagaimana Caranya Menghormati Orang Tua Kita yang Masih Hidup Ya?