Home / INTERNET

Minggu, 9 April 2023 - 10:00 WIB

Berapa Ukuran Video Tiktok? Content Creator Wajib Tahu!

- Penulis

Ukuran Video TikTok - Pixabay.com

Ukuran Video TikTok - Pixabay.com

Moccaapedia – TikTok menjadi salah satu media hiburan dan media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak di dunia. Bahkan aplikasi ini menjadi tren tersendiri bagi dunia media sosial, misalnya penggunaan video pendek. Memangnya berapa sih durasi hingga ukuran video TikTok yang ideal dan terbaik?

Mari kita temukan jawaban dari pertanyaan tersebut agar bisa membuat konten yang menarik hingga masuk fyp. Content creator wajib baca sampai akhir!

 

Baca Juga :   Jualan Followers, Keuntungan Punya Banyak Followers

 

Ukuran Video TikTok

Membuat video di TikTok memang mudah, tetapi jika itu Anda lakukan sembarangan dan tanpa tahu aturan, maka kecil kemungkinan video tersebut akan mempunyai banyak penonton. Adapun beberapa aturan yang wajib Anda ketahui salah satunya terkait ukuran video agar nyaman dan bagus.

Memang aplikasi ini memungkinkan penggunaan video horizontal, tetapi sebagian besar pengguna memakai smartphone untuk menikmati segala konten. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan video vertikal.

Sementara itu, untuk ukurannya sendiri adalah 1080 x 1920 piksel dengan saran rasio terbaik adalah 1:1 atau 9:16 sesuai ukuran layar smartphone. Jika tidak mengikuti standar ini, maka konten Anda tidak bisa dinikmati secara optimal, misal ada yang terpotong, tulisan sulit dibaca, dan lain sebagainya.

 

Resolusi Video TikTok

Menggunakan resolusi video sesuai standar TikTok juga perlu Anda perhatikan sebagai content creator. Ini agar penikmat video bisa merasa lebih puas dan nyaman ketika menontonnya. Adapun beberapa jenis resolusi video, yaitu mulai dari 360p, 480p, 720p, 1080p, 1440p, 2160p, hingga 4320p.

Sementara itu, TikTok menawarkan resolusi video hingga berukuran High Definition (HD) 1080p. Ini merupakan resolusi yang sudah sangat jernih dan tidak terlalu mengganggu koneksi internet sehingga penonton bisa menikmati konten Anda dengan lancar.

 

Baca Juga :   3 Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Yang Tercatat Dalam OJK

 

Durasi Video TikTok

Ukuran Video TikTok
Ukuran Video TikTok – Pexels.com

Setelah mengetahui berapa ukuran video TikTok hingga resolusinya, kini Anda juga wajib rasanya untuk memahami durasi minimal hingga maksimalnya. Ketika TikTok baru keluar, mereka memberikan batas durasi standar, yaitu selama 15 detik saja.

Kemudian, muncul masalah di mana sudah ada banyak penonton, tetapi mereka tidak bisa menonton video hingga puas, seperti penjelasan yang masih belum pada bagian akhir sehingga content creator hanya bisa membuat video pendek dengan penjelasan yang sangat ringkas.

Oleh sebab itu, TikTok terus mengalami perbaikan hingga menambah durasi video dari 1 menit, 3 menit, hingga 10 menit. Namun, durasi minimalnya adalah selama 3 detik. Walaupun terdapat durasi maksimal yang cukup panjang, tetapi sebaiknya buatlah video seperlunya saja.

Jika dirasa penjelasan bisa Anda persingkat, maka buatlah lebih singkat tanpa harus memperpanjangnya dengan kalimat basa-basi yang menjadikan penonton merasa bosan. Ini nantinya bisa berurusan dengan algoritma TikTok yang memungkinkan video Anda tidak mereka anggap menarik.

Begitu pula sebaliknya dengan durasi minimum yang mana jika tidak penting atau sekadar iseng, ada baiknya untuk tidak membuat video berdurasi 3 atau 4 detik. Ini mungkin bisa menjadi upaya clickbait yang cukup efektif, tetapi lagi-lagi algoritma akan terus mengawasi kinerja Anda.

 

Ukuran dan Format File Video TikTok

Terkait ukuran file video, TikTok tidak memberikan standar minimum melainkan membatasinya pada 72 MB untuk Android dan 287,6 MB untuk iOS. Mengapa berbeda? Ini karena Android dan iOS sendiri mempunyai perbedaan pula dalam sistem operasi penyimpanan videonya.

Sementara itu, untuk jenis format file yang didukung dibedakan menjadi dua bagian, yaitu unggahan standar dan unggahan video iklan. MP4 dan MOV adalah format yang cocok untuk unggahan video standar, sedangkan 3GP, MPEG, dan AVI untuk unggahan video iklan.

TikTok adalah media sosial yang penggunanya sudah sangat besar dan tersebar di seluruh dunia. Maka dari itu, content creator perlu memperhatikan beberapa standar termasuk ukuran video TikTok hingga durasinya untuk bisa menghasilkan video berkualitas yang disenangi oleh banyak audience.

 

Baca Juga :   Cara Cek E-KTP Lewat HP Menggunakan NFC, Awas Palsu!

Share :

Baca Juga

Yuk, Kenalan dengan Kak Jil Shine Gorden yang Viral

INTERNET

Yuk, Kenalan dengan Kak Jill Shine Gorden yang Viral
Pijaraya Lirik Lagu Soegi Bornean yang Punya Makna Dalam

INTERNET

Pijaraya Lirik Lagu Soegi Bornean yang Punya Makna Dalam
Kata Kata Lucu Gusdur Mantan Presiden RI yang Nyentrik

INTERNET

Kata Kata Lucu Gusdur Mantan Presiden RI yang Nyentrik
Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan

INTERNET

Best Korean Drama yang Wajib Ditonton di Akhir Pekan
Film Youtube Anak Anak

INTERNET

Rekomendasi 7 Film Youtube Anak Anak yang Menyenangkan
Sinopsis One Piece Red, Movie Perdana Terlaris

INTERNET

Sinopsis One Piece Red, Movie Perdana Terlaris
Lirik Lagu Darari Treasure, Ternyata Begini Loh Maknanya

INTERNET

Lirik Lagu Darari Treasure, Ternyata Begini Loh Maknanya
Rahasia Handuk Hotel yang Bisa Anda Terapkan di Rumah

INTERNET

Rahasia Handuk Hotel yang Bisa Anda Terapkan di Rumah