Home / INTERNET

Senin, 10 April 2023 - 10:00 WIB

Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google

- Penulis

Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google - Pexels.com

Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google - Pexels.com

Moccaapedia – Sebuah artikel yang SEO friendly wajib menyertakan kata kunci atau keyword yang potensial atau dicari oleh banyak pengguna internet. Cara mencari kata kunci yang banyak dicari di Google ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Anda bisa melakukannya tanpa atau dengan bantuan tools untuk memungkinkan website atau artikel bisa hadir di halaman pertama hasil pencarian. Maka dari itu, potensi artikel mendapatkan banyak klik akan jauh terbuka lebar daripada jika ada di peringkat bawah. Bagaimana caranya? Yuk cari tahu di bawah ini!

 

Baca Juga :   Kumpulan Lirik Lagu Penutup Ibadah di Gereja

 

1.    Memahami Topik Konten Artikel

Sebelum membuat artikel atau konten, pastinya harus memikirkan apa topik yang akan Anda bahas. Pastikan itu sesuai dengan niche website agar pengunjung atau pembaca tidak kebingungan dan bisa membaca informasi serupa.

Setelah berhasil mendapatkan topik terbaik, langkah selanjutnya adalah identifikasi kata kunci atau keyword yang paling tepat.

 

2.    Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google Secara Manual

Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google
Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google – Pexels.com

Anda bisa mencari kata kunci potensial dengan cara manual menggunakan menggunakan mesin pencarian Google. Caranya adalah ketikkan kata pertama topik atau kata kunci tertarget di kolom pencarian.

Suggestion atau saran kata kunci potensial biasanya akan langsung muncul di bagian bawah begitu Anda mengetikkan kata kunci tertarget.

Contoh, ketika Anda memasukkan “cara menghilangkan jerawat”, maka terdapat saran kata kunci di bawahnya berupa cara menghilangkan jerawat batu, cara menghilangkan jerawat secara alami, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga :   Mengenal Think With Google Indonesia Beserta Toolsnya

 

3.    Gunakan Bantuan Tools

Selain cara manual, Anda juga bisa mencari kata kunci dengan menggunakan bantuan tools. Kata kunci potensial adalah mereka yang jumlah pencarian per bulannya cukup tinggi. Cara mengetahui hal tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa tools, salah satunya adalah Ubersuggest.

Anda hanya perlu memasukkan kata kunci tertarget ke dalam kolom pencarian. Setelah itu, ubah menjadi bahasa Indonesia dan klik tombol search. Selanjutnya, layar akan menampilkan grafik rata-rata pencarian keyword tersebut setiap bulannya.

Selain Ubersuggest, ada pula beberapa tools lain, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, Yoast SEO, Ahrefs, Keywordtool.io, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih mana yang paling nyaman untuk digunakan.

 

4.    Lihat Tingkat Persaingan Kata Kunci

Cara mencari kata kunci yang banyak dicari di Google selanjutnya adalah melihat tingkat persaingan atau kompetitor. Jika sudah mengantongi kata kunci potensial hasil riset sebelumnya, berarti Anda sudah bisa mengoptimasinya dengan memasukan mereka ke dalam artikel.

Cepat atau lambatnya proses optimasi suatu website atau artikel ini sangat berpengaruh pada tingkat persaingan. Semakin mudah atau sedikit tingkat persaingan, maka semakin mudah juga artikel masuk ke peringkat teratas.

Pastinya ada banyak cara untuk mengetahui tingkat persaingan ini salah satunya adalah dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian.

Sama dengan cara mencari kata kunci sebelumnya, tetapi ini bertujuan untuk melihat siapa saja kompetitor yang masuk ke jajaran top 5 di mesin pencari. Semakin populer dan besar kompetitor, maka semakin sulit tingkat persaingannya.

Kata kunci atau keyword adalah kunci SEO bagi suatu artikel atau website. Ini berguna untuk membantu mereka agar masuk ke dalam jajaran peringkat teratas dua mesin pencari.

Cara mencari kata kunci yang banyak dicari di Google bukanlah hal yang sulit. Oleh sebab itu, segera aplikasikan cara-cara di atas agar artikel Anda berhasil nangkring di halaman pertama!

 

Baca Juga :   7 Rekomendasi Film Marvel dengan Alur Menarik

Share :

Baca Juga

Ide Konten YouTube Short

INTERNET

Ide Konten YouTube Short Super Kreatif dan Menarik
Hal yang Diperhatikan Saat Membuat Langkah Pembelajaran

INTERNET

Hal yang Diperhatikan Saat Membuat Langkah Pembelajaran
Tahukah Anda, jika menurut Ki Hadjar Dewantara kodrat keadaan merupakan bagian paling dasar dari sebuah Pendidikan bagi siswa di Indonesia

INTERNET

Kodrat Keadaan Merupakan Bagian Pendidikan
Ternyata Begini Makna Lirik Lagu Hati Hati di Jalan - Tulus

INTERNET

Ternyata Begini Makna Lirik Lagu Hati Hati di Jalan – Tulus
Ukuran Video TikTok

INTERNET

Berapa Ukuran Video Tiktok? Content Creator Wajib Tahu!
Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus? Ini Penjelasannya

INTERNET

Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus? Ini Penjelasannya
cara cek da pa hingga lolos google adsense, pahami ini!

INTERNET

Cek DA PA Hingga Lolos Google Adsense, Ini Syaratnya!
Kumpulan Lirik Lagu Penutup Ibadah di Gereja

INTERNET

Kumpulan Lirik Lagu Penutup Ibadah di Gereja