Home / INTERNET

Senin, 30 Oktober 2023 - 14:46 WIB

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

- Penulis

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Moccaapedia – Mengembangkan sebuah website bisa disamakan dengan proses memilih produk lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, terdapat berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan guna menemukan jenis website yang paling sesuai.

Setiap jenis website memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Misalnya, ketika Anda berencana untuk membeli sebuah komputer, Anda pasti memiliki preferensi tertentu mengenai jenis dan spesifikasi yang Anda inginkan.

Begitu pula dalam hal pembuatan website, Anda perlu memahami ragam jenis website, hingga pilihan hosting
dan domain yang ada agar dapat menentukan jenis yang paling cocok dengan keperluan Anda.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat lebih mudah menentukan arah dan tujuan pembuatan website Anda.

Setiap jenis website memiliki keunggulan dan kelemahan masing- masing, Lalu, apa saja jenis-jenis website berdasar fungsinya?

 

Baca Juga :   Cara Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari di Google

 

1. Blog

Saat ini, peran blog telah berkembang jauh lebih luas daripada sekadar menjadi wadah untuk mencatat jurnal pribadi. Blog juga telah menjadi salah satu alat yang kuat dalam strategi pemasaran.

Dalam konteks pemasaran melalui blog, pembuatan konten memegang peranan kunci.

Salah satu strategi yang efektif adalah dengan mengintegrasikan kata kunci yang umumnya digunakan oleh calon konsumen ke dalam artikel blog Anda.

Misalnya, jika kata kunci yang populer adalah “baju wanita,” Anda dapat membuat artikel pemasaran di blog yang berisi 10 rekomendasi baju wanita dan menyelipkan kata kunci tersebut ke dalam kontennya.

 

2. Portofolio

Website portofolio sebenarnya mirip dengan website bisnis yang dibahas sebelumnya, dengan perbedaan utama terletak pada keberadaan sampel pekerjaan yang dapat bermanfaat baik bagi perusahaan maupun freelancer.

Seperti halnya website bisnis, tujuan utama website portofolio adalah memberikan informasi kepada pengunjung tentang layanan yang ditawarkan.

Namun, perbedaannya terletak pada fokusnya. Website portofolio lebih menitikberatkan pada menampilkan contoh-contoh hasil pekerjaan yang telah dilakukan.

Dengan membuat website portofolio, calon klien memiliki kesempatan untuk
mengevaluasi dan memahami standar kualitas yang ditawarkan sebelum mereka membuat keputusan untuk bekerja sama.

Adanya website portofolio menjadi alat yang efektif untuk membuktikan kemampuan dan kompetensi, baik bagi individu maupun perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang.

 

3. Landing Page

Landing page merupakan suatu halaman web yang ditujukan untuk kunjungan oleh calon konsumen potensial. Halaman ini diciptakan dengan tujuan khusus, yaitu untuk mengalihkan pengguna menuju tindakan tertentu, seperti mengakses laman produk tertentu atau mengeksplorasi penawaran khusus.

Dalam perumpamaan yang lebih sederhana, landing page adalah halaman yang dihasilkan secara khusus untuk memberikan informasi yang sangat rinci dan spesifik mengenai produk, layanan, atau topik tertentu kepada pengunjungnya.

Fungsinya adalah untuk mendukung kegiatan pemasaran dengan menciptakan penjualan, mengumpulkan informasi pelanggan, dan mendorong tindakan tertentu.

 

Baca Juga :   Pisces Bulan Apa? Dan Bagaimana Karakternya

 

4. Website Bisnis

Penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki website perusahaan, bahkan jika perusahaan tersebut tidak menjalankan transaksi secara daring.

Mengapa demikian? Hal ini karena keberadaan website perusahaan dapat memberikan akses kepada calon konsumen untuk menemukan informasi resmi mengenai perusahaan Anda, termasuk rincian lengkap mengenai layanan dan produk yang ditawarkan.

Sebuah website perusahaan yang berkualitas akan mampu menyajikan seluruh Informasi penting mengenai perusahaan, termasuk alamat dan informasi kontak yang dapat dihubungi.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengenalan yang kuat kepada calon konsumen potensial mengenai perusahaan Anda.

Sementara itu, dalam desain website bisnis, sangat penting untuk mengikuti gaya branding perusahaan.

Hal ini akan membantu menciptakan konsistensi antara citra merek perusahaan dan tampilan website, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya tarik bagi target pasar yang diinginkan.

 

5. Toko Online/E-Commerce

Website e-commerce atau toko online adalah bentuk website berikutnya yang perlu dipertimbangkan. Terlepas dari keberadaan Anda di platform marketplace atau media sosial, website e-commerce tetap menjadi elemen yang sangat penting.

Website ini sebagaimana toko fisik dalam dunia nyata, berfungsi sebagai “gerai” Anda dalam dunia maya.

Dengan website e-commerce, Anda memiliki kemampuan untuk mengalihkan calon konsumen dari media sosial ke platform toko online Anda, memastikan bahwa semua transaksi terjadi di lingkungan yang Anda kendalikan.

Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mencatat semua transaksi secara otomatis dan memberikan Anda akses untuk mengevaluasinya dengan bantuan alat seperti Google Analytics.

 

Kesimpulan

Berbagai jenis website yang telah dibahas di atas dapat menjadi landasan untuk mempertimbangkan jenis website yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan website dengan cepat tanpa perlu belajar banyak, Anda dapat mempertimbangkan beli VPS murah di DomaiNesia.

Dengan memahami jenis-jenis website ini, Anda dapat membuat pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Anda dalam mengelola website Anda.

 

Baca Juga :   100% Benar: Pernyataan yang Salah Tentang Budi Pekerti Adalah

Share :

Baca Juga

Bergenre Horor Fantasy, Ini Sinopsis Kuntilanak 3

INTERNET

Bergenre Horor Fantasy, Ini Sinopsis Kuntilanak 3
Mengenal Sosok Raja Baru Inggris Charles III (New York Post)

INTERNET

Mengenal Sosok Raja Baru Inggris Charles III, Pengganti Ratu Elizabeth
Cara Mendapatkan Uang Tambahan dengan Mudah dan Cepat (Shutterstock)

INTERNET

Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Internet !! Mudah & Cepat
Susunan Acara Pengajian Yasinan

INTERNET

Susunan Acara Pengajian Yasinan dan Syarat Pelaksanaannya
5 Cara Screenshot di Laptop atau PC Praktis dan Cepat

INTERNET

5 Cara Screenshot di Laptop dengan Praktis dan Cepat
Fakta Bella Poarch Dulu Sebelum Terkenal

INTERNET

Fakta Bella Poarch Dulu Sebelum Terkenal
Yuk, Kenalan dengan Kak Jil Shine Gorden yang Viral

INTERNET

Yuk, Kenalan dengan Kak Jill Shine Gorden yang Viral
Dragon Nest Return Download New Version 2023

INTERNET

Dragon Nest Return Download New Version 2023