Home / TEKNOLOGI

Senin, 3 Juli 2023 - 14:00 WIB

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

- Penulis

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

MoccaapediaFungsi adaptor sendiri adalah untuk mengubah arus AC bolak balik menjadi arus DC atau arus searah dengan besar tegangan tertentu. Sesuai dengan kebutuhan bebas maupun peralatan listrik yang Anda gunakan.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, jika arus listrik yang Anda gunakan baik di rumah, kantor hingga di berbagai tempat lain. Adalah arus listrik yang berasal dari PLN atau Perusahaan Listrik Negara. Arus listrik tersebut didistribusikan dalam bentuk AC atau arus bolak balik.

Akan tetapi peralatan elektronik yang sering Anda gunakan, hampir semuanya membutuhkan arus DC. Dengan tegangan yang lebih rendah untuk pengoprasiannya. Salah satunya termasuk adaptor.

Maka dari itu, Anda membutuhkan rangkaian elektronika atau sebuah alat yang bisa mengubah arus dari AC menjadi DC. Serta menyediakan tegangan dengan daya besar tertentu sesuai kebutuhan.

Rangkaian yang berfungsi untuk mengubah arus AC hingga menjadi DC tersebut adalah DC Power Supply. Atau bisa Anda sebut juga dengan istilah Adaptor.

Anda pastinya sudah tahu dan pernah melihat bentuk hingga penggunaan dari sebuah adaptor. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa saja fungsi adaptor dan bagaimana cara kerjanya.

Bahkan tidak sedikit juga yang tidak dapat membedakan antara charger dan power adaptor.

Padahal sebenarnya, mengetahui fungsi, pengertian hingga cara kerjanya adalah hal yang cukup penting. Sehingga Anda dapat membedakan apa itu adaptor dan charger.

 

Baca Juga :   Realme C67 yang Rilis di India, Gimana Spesifikasinya?

 

Pengertian Adaptor atau Catu Daya

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Adaptor atau bisa Anda sebut sebagai Catu Daya sendiri merupakan sebuah perangkat elektronik yang bermanfaat sebagai alat pengubah tegangan AC atau arus bolak balik yang tinggi. Menjadi DC, arus bolak balik yang lebih rendah atau searah.

Di dalam dunia kelistrikan, adaptor sendiri adalah salah satu alternatif pengganti bagi tegangan DC. Seperti AKI, baterai dan lainnya. Dengan begitu, setiap orang bisa menggunakan tegangan AC lebih lama, asalkan terdapat aliran listrik.

Wajib Anda ketahui juga jika perangkat elektronik adaptor ini juga banyak dipakai dalam berbagai alat, salah satunya sebagai catu daya. Seperti radio, amplifier, TV dan perangkat elektronik lainnya.

Jika berdasarkan prinsipnya, adaptor sendiri adalah sebuah power supply atau catu daya yang voltasenya sudah sesuai dengan peralatan elektronik yang di supplynya.

Sehingga semua alat elektronik yang beroperasi pada voltase sebesar 12 Volt. Maka harus mempunyai sebuah alat yang bernama adaptor. Alat ini bertugas untuk mengubah voltase 220V AC dari PLN untuk menjadi 12 VDC.

Tanpa adanya adaptor maka perangkat elektronik tersebut bisa mengalami kerusakan sebab tidak sanggup beradaptasi pada voltase yang terlalu tinggi. Dalam bentuk AC bolak balik.

 

Fungsi Adaptor

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Berdasarkan dari pengertiannya di atas, maka mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan jika fungsi dari adaptor ini sendiri adalah untuk mengubah arus AC bolak balik menjadi arus DC atau arus searah. Dengan besar tegangan tertentu sesuai dengan kebutuhan beban, maupun peralatan listrik yang Anda pakai.

Fungsi lain dari adaptor juga adalah sebagai alat penyambung sumber tegangan DC atau juga menjadi sebuah alternatif pengganti dari tegangan DC. Seperti baterai dan juga AKI.

Selain itu, adaptor juga berguna sebagai power supply atau catu daya untuk beberapa peralatan elektronik. Seperti radio, televisi dan berbagai perangkat lainnya.

Ada adaptor yang terpasang menyatu dengan perangkat elektronik namun ada juga adaptor yang terpasang secara terpisah.

Sedangkan catu daya yang terpisah sendiri adalah catu daya yang sifatnya universal. Artinya alat ini memiliki tegangan yang mana outputnya bisa diatur secara manual sesuai dengan kebutuhan. Contohnya 3 Volt, 4.5 Volt, 6 Volt, 9 Volt dan seterusnya.

Akan tetapi ada juga adaptor yang menyediakan tegangan tertentu. Dan dapat diaplikasikan untuk rangkaian elektronik. Misalnya adaptor untuk perangkat laptop dan monitor.

 

Jenis-jenis Adaptor

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Secara umum, adaptor sendiri terbagi ke dalam dua jenis yang harus Anda ketahui. Jenis yang pertama adalah adaptor konvensional. Sedangkan jenis yang kedua adalah adaptor yang menggunakan sistem switching atau SMPS.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis jenis adaptor dan fungsinya:

 

Baca Juga :   Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

 

1. Adaptor Konvensional

Jenis yang pertama adalah adaptor atau catu daya konvensional, pada adaptor ini sendiri tegangan AC akan terlebih dahulu diturunkan lewat sebuah transformator step down. Lalu akan disearahkan dengan dioda atau rectifier. Kemudian diratakan dengan kapasitor elektrolit.

Adaptor jenis ini sendiri menggunakan sebuah prinsip yang masih menerapkan mode pengubahan tegangan dari AC hingga berubah menjadi DC. Dengan menggunakan transformator step down sebagai komponen utama penurunan tegangannya.

 Besaran arus yang dihasilkan pada adaptor ini sendiri akan bertumpu dengan arus yang dihasilkan oleh trafo penurun tegangan. Sesuai dengan jenis adaptor yang dijelaskan di dalam penjelasan sebelumnya.

Nah, untuk peralatan yang masih memakai jenis adaptor atau catu daya konvensional ini sendiri bisa Anda temukan pada perangkat elektronik seperti amplifier hingga radio tape.

Namun sayangnya jenis adaptor atau catu daya konvensional ini terbilang masih memiliki kekurangan. Sehingga akhirnya disempurnakan dengan adaptor atau catu daya versi terbaru atau adaptor switching.

Sehingga catu daya ini lebih sering dipakai untuk perangkat elektronik lawas atau lama. Karena beberapa perangkat elektronik terbaru sudah tidak menggunakan catu daya ini. Dan menggunakan jenis catu daya terbaru yang sudah disempurnakan. Baik dari fungsi hingga cara kerjanya yang lebih sesuai dengan perangkat elektronik terbaru.

 

2. Adaptor Switching atau SPMS

Jenis berikutnya ada adaptor atau catu daya dengan sistem switching atau SPMS yang merupakan jenis adaptor yang lebih sempurna dari jenis adaptor sebelumnya atau jenis adaptor konvensional.

Karena adaptor adaptor atau catu daya konvensional masih dianggap memiliki banyak kelemahan. Sehingga akhirnya disempurnakan dengan catu daya switching yang mana sistem yang digunakan sudah berbeda.

Karena sudah tidak memakai trafo step down yang ada pada adaptor konvensional. Sehingga sistem rangkaian pada kedua jenis catu daya ini berbeda.

Untuk catu daya yang memakai sistem switching ini, seperti perangkat TV, PC, Laptop, Power Supply dan masih banyak perangkat canggih yang modern sudah menggunakan jenis catu daya switching ini.

 

Bagaimana Cara Kerja Catu Daya

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Setelah mengetahui pengertian, fungsi hingga jenis jenis catu daya. Ada baiknya jika Anda juga mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Untuk itu, berikut ini adalah proses atau cara kerja dari catu daya bagaimana alat ini berjalan dan melakukan fungsinya:

  • PLN mendistribusikan atau menyalurkan arus menu ke beberapa sumber tegangan yang masuk ke trafo.
  • Lalu arus yang masuk ke trafo ini nantinya akan di ubah untuk menjadi arus daya yang searah atau DC. Hingga masuk ke rangkaian.
  • Dan proses selanjutnya adalah tegangan daya akan masuk menuju ke blok inverter, yang mana tegangan DC nantinya akan di ubah oleh perangkat catu daya ini untuk menjadi daya AC.

 

Itulah penjelasan lengkap dari perangkat catu daya yang sebenarnya sudah Anda gunakan setiap hari, tapi mungkin baru kali ini Anda tahu apa itu catu daya, jenis jenis, cara kerjanya hingga fungsi adaptor itu sendiri.

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo saat meninjau penyaluran sejumlah bansos di Kantor Pos Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu (28/9/2022). Ilustrasi pencairan BLT BBM 2022.(dok.Sekretariat Presiden)

TEKNOLOGI

Cara Daftar BLT BBM Via Online Langsung diterima !!
10 Rekomendasi Jet Cleaner Terbaik dan Tips Memilihnya

TEKNOLOGI

10 Rekomendasi Jet Cleaner Terbaik dan Tips Memilihnya
Bikin Main Game Makin Nyaman, Begini Cara Pakai Play Mode

TEKNOLOGI

Bikin Main Game Makin Nyaman, Begini Cara Pakai Play Mode
pola jp starlight princess

TEKNOLOGI

Pola JP Starlight Princess Pembawa Keberuntungan Awal Tahun 2024
Bagaimana Perbandingannya dengan Sumber Energi Non Bio

TEKNOLOGI

Bagaimana Perbandingannya dengan Sumber Energi Non Bio
Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon

TEKNOLOGI

Cara Melacak HP Vivo yang Hilang dengan Nomor Telepon yg Mati
Cara Membuat Akun Netflix

TEKNOLOGI

Cara Membuat Akun Netflix Lewat HP, PC dan Laptop
kendaraan listrik

TEKNOLOGI

Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik, Sudah Tahu?