Home / FINANCE

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:00 WIB

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

- Penulis

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Moccaapedia – Melihat geliat bisnis yang semakin meningkat, lalu bagaimanakah peluang produk masyarakat menembus pasar internasional? Karena dengan melebarnya pasar bisnis Indonesia hingga di skala internasional.

Maka sudah pasti, membukakan pintu untuk produk lokal agar bisa bersaing di pasar internasional. Tapi meskipun pintu pasar internasional sudah terbuka lebar. Bukan berarti produk lokal bisa diterima pasar internasional dengan mudah.

Karena ada beberapa hal yang wajib pebisnis atau produsen tahu mengenai cara memasarkan produk mereka di pasar internasional. Dengan tingginya persaingan pasar internasional, produk yang bagus saja cukup. Namun juga harus memperhatikan kualitas hingga kebutuhan pasar.

Sementara itu, pasar internasional sendiri sangatlah luas. Sehingga Anda tidak hanya harus bersaing dengan pebisnis lokal. Namun juga harus bersaing dengan pebisnis dari seluruh dunia.

Untuk itulah, pastinya muncul banyak pertanyaan mengenai bagaimana cara agar produk lokal bisa diterima di pasar internasional.

 

Baca Juga :   5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

 

Lalu Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional?

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional
Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Pasar internasional memang memiliki skala yang sangat besar daripada pasar lokal. Inilah sebabnya, sangat sulit untuk menembus pasar internasional. Karena terkadang untuk bisa menguasai pasar lokal saja sudah sulit. Apalagi harus bersaing dengan pasar internasional.

Pastinya hal tersebut akan jauh lebih sulit. Meski begitu, setiap jenis pasar tetap mempunyai kesamaan  fungsi. Terlepas dari luas jangkauan wilayahnya yang memiliki perbedaan cukup besar. Fungsi atau aspek pasar tersebut meliputi fungsi sosial, fungsi budaya, fungsi ekonomi hingga fungsi arsitektur.

Nah, lalu bagaimanakah peluang dari produk lokal untuk bisa menembus pasar internasional?

 

1. Apakah Produk Lokal Bisa Bersaing di Pasar Internasional?

Tentu saja pasar internasional berhubungan dengan perdagangan berskala internasional yang jauh lebih besar dari pasar lokal. Sehingga masalah yang akan Anda hadapi nantinya akan jauh lebih besar dan rumit.

Pasar sendiri termasuk kontrak sosial yang berlangsung di antara formal dan non formal secara langsung. Di dalam interaksi pasar ini pun, nantinya akan terjadi aktivitas transaksi sosial dan budaya yang ada di dalam masyarakat.

Aktivitas perdagangan yang ada di dalam pasar tersebut, tidak hanya berlangsung secara nasional. Namun juga bisa berlangsung secara internasional. Hal inilah yang memunculkan istilah pasar lokal dan pasar internasional.

Lalu apakah produk lokal asal Indonesia dapat mampu bersaing dengan pasar internasional?

Tentu produk lokal kita akan mampu bahkan memiliki peluang untuk dapat menembus pasar internasional. Karena perdagangan tidak akan bisa berlangsung apabila tidak akan produk yang diperjual belikan.

Produk yang masuk ke pasar pun akan dinilai oleh konsumen. Apakah mereka menyukainya atau tidak. Jika produk dinilai bagus, memiliki kualitas tinggi dan menarik bagi konsumen. Maka sudah pasti, produk tersebut akan laku terjual.

Tidak hanya di pasar lokal namun juga bisa terjual di pasar internasional. Sehingga semua produk lokal berpeluang untuk menembus pasar internasional.

 

2. Dukungan Pemerintah Terhadap Produk Lokal

Apalagi sekarang pemerintah sudah mulai gencar untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Karena masyarakat memiliki kreativitas dan budaya yang unik untuk mengolah serta menghasilkan berbagai produk yang sanggup bersaing di pasar internasional.

Namun keunikan saja tentunya tidaklah cukup. Setiap produk harus memenuhi standar internasional terlebih dahulu. Selain itu, strategi pemasaran yang tepat juga menjadi elemen penting untuk bisa mencapai pasar internasional yang sangat luas dan punya banyak pesaing dari seluruh negara.

Karena persaingan tidak hanya berasal dari produk dalam negeri saja. Melainkan dari produk luar negeri yang pastinya memiliki kualitas terbaik.

Meski begitu, bukan hal mustahil untuk menembus pasar internasional. Apalagi dengan adanya teknologi yang lebih canggih. Salah satunya seperti internet yang memudahkan promosi bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan dengan cakupan yang lebih luas.

Sehingga promosi bisa menjangkau tidak hanya di dalam negeri saja. Namun juga bisa menembus luar negeri.

 

3. Menghadirkan Produk Berkualitas dan Punya Karakter Unik

Untuk bisa masuk ke pasar internasional, pastinya Anda harus memiliki sebuah produk untuk dijual atau dipasarkan. Nah, produk ini tidak hanya harus berkualitas dan memenuhi standar internasional saja. Namun juga harus memiliki ciri khas dan mampu menunjukkan jati diri bangsa.

Dengan begitu, maka peluang untuk bisa menembus pasar internasional sangatlah besar bagi produk dalam negeri. Apalagi sekarang ini akses untuk mendapatkan segala macam informasi sudah jauh lebih mudah.

Promosi dan pemasaran pun bisa berlangsung secara online dengan cara yang gampang, tidak butuh modal banyak dan punya jangkauan luas.

Namun selain itu, pastikan produk tersebut original atau asli dengan ciri khas yang unik yang tidak ada pada produk lain. Agar bisa bersaing dengan produk produk lain dari seluruh dunia yang pastinya sudah punya nama besar dan punya konsumen setia.

 

Baca Juga :   Trik Agar Pinjol di ACC dan Dana Cepat Cair 100% Berhasil

 

Tips Agar Produk Lokal Bisa Menembus Pasar Internasional

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional
Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Saat ini, Pemerintah Indonesia sendiri sedang gencar gencarnya memberikan dukungan dan bantuan bagi UKM serta UMKN. Agar mereka mampu berkreasi dan membuat produk mereka memiliki kualitas tinggi. Hingga tidak hanya bisa diterima di pasar nasional namun juga bisa bersaing di pasar internasional.

Kesempatan ini pastilah harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Apalagi jika Anda ingin menembus pasar internasional dengan produk produk yang Anda buat.

Agar bisa memanfaatkan kesempatan dari Pemerintah sebaik mungkin, maka Anda harus memahami beberapa langkah berikut:

 

1. Memahami dan Mengamati Potensi Pasar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari data ekspor, agar mengetahui keinginan pasar. Dengan begitu, Anda akan tahu produk apa saja yang kemungkinan besar bisa laku di pasar internasional.

Data tersebut juga bisa membantu untuk mengetahui potensi yang ada pada produk yang Anda miliki.

 

2. Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Promosi atau Pemasaran

Anda bisa membuka situs atau website khusus produk Anda agar bisa diakses oleh semua orang dari seluruh dunia. Sehingga mereka bisa mengetahui deskripsi produk dan kualitasnya dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkan produk Anda pada sosial media sebagai media promosi yang mudah, murah dan punya jangkauan luas.

 

3. Menghadirkan Produk dengan Mutu dan Kualitas Terbaik

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan agar bisa menembus pasar internasional adalah dengan menghadirkan produk yang berkualitas dan bermutu tinggi. Selain itu, Anda juga harus membuka alur komunikasi pada konsumen serta secara rutin melakukan evaluasi terhadap produk Anda.

 

4. Bergabung dengan komunitas Bisnis Berskala Internasional

Dengan bergabung bersama komunitas bisnis berskala internasional maka Anda bisa menambah wawasan untuk mencari tahu tips berbisnis. Selain itu, Anda juga bisa membuka celah untuk produk Anda agar bisa go internasional.

 

5. Menyediakan Metode Pembayaran Berskala Internasional

Karena bisnis Anda berskala internasional maka sudah pasti Anda wajib untuk menyediakan metode pembayaran yang bisa dilakukan di seluruh dunia dengan mudah. Untuk mendukung proses jual beli dengan konsumen yang berasal dari seluruh dunia.

Misalnya saja dengan menyediakan metode pembayaran menggunakan kredit card berlogo Visa MasterCard, American Express atau bisa juga menggunakan PayPal.

 

Jadi jika Anda masih bertanya bagaimanakah peluang produk masyarakat menembus pasar internasional? Dengan melakukan tips ini, maka sudah pasti peluang tersebut akan terbuka dengan sangat lebar.

 

Baca Juga :   Ternyata Segini Besaran Gaji Regsosek BPS

Share :

Baca Juga

Ide Jualan Makanan Online Kekinian

FINANCE

Ide Jualan Makanan Online Kekinian
Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada

FINANCE

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada, Ternyata Gampang Banget
Kelemahan Bisnis Frozen Food

FINANCE

Cari Tahu Kelemahan Bisnis Frozen Food Sebelum Terjun Bisnis Ini
Cara Jualan Follower Instagram

FINANCE

Cara Jualan Follower Instagram, Bisnis Mudah Banyak Cuan
Digital Marketing Enthusiast

FINANCE

Cara Menjadi Digital Marketing Enthusiast yang Andal
Cara melaporkan pinjaman ilegal

FINANCE

Cara Melaporkan Pinjaman Ilegal yang Sudah Terlanjur Pinjam
Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?

FINANCE

Besaran Gaji Dokter Spesialis, Sampai Angka Jutaan?
Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui

FINANCE

Keuntungan Menabung di Bank BNI yang Wajib Anda Ketahui