Home / KULINER

Senin, 11 September 2023 - 14:00 WIB

Rahasia Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak Enak

- Penulis

Ayam Goreng Bumbu Rujak

Ayam Goreng Bumbu Rujak

Moccaapedia  – Ayam goreng bumbu rujak adalah perpaduan unik antara pedas dan gurih yang menggugah selera dan tak pernah salah.

Bumbu rujak yang segar dan pedas akan membuat lidah Anda merasa terjaga, sementara tekstur renyah dari ayam goreng memberikan sensasi yang tidak terlupakan.

Hidangan ini adalah kombinasi yang sempurna antara cita rasa pedas yang membangkitkan semangat dan kelezatan gurih yang membuat Anda ketagihan.

Menu makanan satu ini adalah contoh sempurna dari bagaimana kuliner tradisional bisa tetap relevan dalam dunia kuliner modern.

Sehingga tidak heran jika hidangan yang menggabungkan cita rasa klasik dengan sentuhan kreatif ini, tidak pernah tersingkir. Meski semakin hari semakin banyak menu menu baru yang berasal dari negara lain atau resep terbaru yang dipadukan dari resep tradisional dan modern.

Bagi Anda yang senang mencoba makanan baru, ayam goreng bumbu rujak adalah tantangan yang menggugah selera. Rasa pedas yang dominan akan menguji keberanian Anda, sementara kelezatan ayam goreng akan memanjakan lidah.

Rasa pedasnya yang menusuk memang bisa memberikan sensasi terbakar pada lidah. Namun anehnya Anda tidak akan berhenti mengunyah karena memang senikmat dan selezat itu loh.

Jadi, bagaimana menu masakan ini bisa populer? Berikut adalah resep rahasiannya.

 

Baca Juga :   Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

 

Rahasia Kelezatan Ayam Goreng Bumbu Rujak

<yoastmark class=

Sebelum beranjak ke resepnya, ada baiknya jika Anda tahu apa saja rahasia yang membuat menu satu ini jadi favorit hampir semua orang. Padahal menu satu ini cukup sederhana kok.

Karena hanya memadukan ayam goreng krispi dengan bumbu rujak yang pedas dan menggugah selera. Lalu apa saja rahasianya? Anda bisa menyimaknya di sini

Bumbu rujak adalah kunci utama dalam hidangan ini. Terbuat dari campuran cabai, gula, garam dan bahan-bahan lainnya. Sehingga mampu menciptakan bumbu dengan cita rasa pedas, manis dan gurih yang sempurna.

Kombinasi rasa inilah yang membuat makanan berbahan dasar ayam ini begitu khas dan lezat.

Untuk itulah, bahan bahan yang digunakan untuk membuat bumbu haruslah bahan bahan segar yang berkualitas. Seperti menggunakan cabai dan tomat yang masih segar untuk memberikan rasa pedas dan segar yang menjadi kombinasi utama bumbu rujaknya.

Tidak hanya terletak pada bumbu saja, rahasia dari menu ini juga terletak pada teknik pembuatannya.

Untuk menciptakan ayam goreng yang sempurna, teknik memasak yang tepat sangat penting. Ayam harus digoreng dengan minyak panas hingga kecokelatan dan renyah di luar, sementara tetap juicy di dalamnya.

Sehingga ayam yang renyah dan lembut akan menyatu sempurna dengan bumbu rujaknya yang pedas dan segar.

Selain itu, salah satu kunci dan rahasia menu ini tentu berada pada kreatifitas untuk menciptakan daya tarik dalam proses penyajiannya.

Biasanya disajikan dengan irisan timun segar dan nasi hangat, tidak hanya menggugah selera. Penyajian dengan menambahkan beberapa kondimen lain akan membuat menu ini semakin lengkap.

 

Resep Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Rujak Enak di Rumah

<yoastmark class=

Nah, setelah mengetahui apa saja rahasia yang membuat menu makanan satu ini enak, berikut adalah resep yang bisa Anda coba di rumah.

Cara membuat menu ini juga terbilang cukup mudah kok. Sehingga sudah pasti bisa Anda praktikkan tanpa kesulitan. Selain itu, bahan bahan untuk membuat menu ini juga terbilang mudah ditemukan dan harganya murah.

Untuk membuat menu ini, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa bahan di bawah ini:

 

Baca Juga :   Solusi Cari Resep Makan Malam Enak, Mudah, dan Terjangkau

 

Bahan-bahan:

  • 500 gram potongan ayam bisa pilih bagian paha maupun dada, sesuai dengan selera
  • 1/2 cangkir bumbu rujak siap pakai (tersedia di toko-toko Asia)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Air perasan jeruk nipis

 

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Rujak

Setelah semua bahan siap, sekarang masuk ke langkah-langkah memasaknya ya. Anda bisa menyimak panduannya di bawah ini, untuk membuat ayam goreng yang nikmat dan krispi dengan bumbu rujak yang pedas dan segar:

  • Bersihkan potongan ayam dan lumuri dengan sedikit garam dan lada sesuai selera ya.
  • Setelah itu Anda bisa diamkan ayam atau marinasi selama sekitar 15 menit agar bumbu meresap hingga ke dalam daging.
  • Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang, pastikan pakai minyak goreng baru.
  • Goreng potongan ayam hingga kecokelatan dan renyah, kurang lebih 8-10 menit. Pastikan ayam benar-benar matang di dalamnya. Anda bisa menggoreng ayam hingga warnanya berubah golden brown.
  • Sementara ayam digoreng, maka Anda bisa mulai siapkan bumbu rujak dengan mencampurkannya dengan sedikit air perasan jeruk nipis hingga membentuk pasta.
  • Setelah ayam selesai digoreng, tiriskan minyak berlebih dengan meletakkan potongan ayam di atas kertas tisu, agar ayam tidak terlalu berminyak.
  • Kemudian, gulingkan potongan ayam dalam bumbu rujak yang tadi sudah Anda buat hingga merata.
  • Nah, kini Ayam goreng bumbu rujak siap disajikan. Anda dapat menambahkan irisan timun segar dan nasi hangat sebagai pelengkap.

 

Tidak sulit kan, membuat menu satu ini di rumah. Apalagi bahan bahan untuk membuatnya juga terbilang cukup mudah dan murah.

Anda bisa menyajikan Ayam Goreng Bumbu Rujak dengan nasi hangat dan di santap selagi masih panas. Rasa pedas, gurih dan segar akan membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah.

 

 

Share :

Baca Juga

apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya
cumi saus tiram

KULINER

Resep Cumi Saus Tiram Selera, Tawarkan Kenikmatan Istimewa
7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah

KULINER

7 Makanan Khas Meksiko yang Rasanya Pas di Lidah
8 Makanan Khas Bali yang Halal Dimakan

KULINER

8 Makanan Khas Bali yang Halal Dimakan
Udang Saus Lada Hitam

KULINER

Resep Udang Saus Lada Hitam Nikmat dan Cara Membuatnya
5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan

KULINER

5 Resep Olahan Nangka untuk Camilan
Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat

KULINER

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat
Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah

KULINER

Resep Olahan Gurita Khusus untuk Keluarga di Rumah