Home / FASHION / INTERNET

Rabu, 13 September 2023 - 18:48 WIB

8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan

- Penulis

8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan

8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan

Moccaapedia – Industri fashion sekarang sudah mulai membuat banyak orang penasaran dan menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Ada banyak ide bisnis fashion yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai menjadi pengusaha.

Bidang fashion adalah bidang yang tidak ada matinya karena selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Ada saja model pakaian terbaru yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis sehingga bisa mendapat banyak pelanggan.

 

Baca Juga :   5 Cara Memakai Kemeja Pria Agar Tampil Stylish!

 

Ide Bisnis Fashion

8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan
8 Ide Bisnis Fashion yang Hasilin Banyak Cuan

Kalau Anda ingin serius bergelut di dunia bisnis fashion, sebaiknya buat ide bisnis yang selalu dibutuhkan konsumen. Dengan menjual produk yang selalu menjadi kebutuhan konsumen, bisnis Anda akan tetap berkembang.

 

  1. Garmen Skala Kecil

Garmen skala kecil adalah salah satu ide bisnis fashion di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk Anda jika memiliki pengalaman menjahit. Apalagi kalau sebelumnya Anda pernah bekerja di lingkungan garmen, maka bisa langsung mendirikan sebuah garmen kecil.

Dalam memulai bisnis garmen kecil Anda perlu memperhatikan bagaimana cara meningkatkan produksi pakaian. Dengan begitu, Anda jadi tahu berapa banyak staf yang dibutuhkan untuk membantu bisnis garmen Anda.

Anda bisa merekrut karyawan yang memang berpengalaman di bidang garmen dan memiliki keterampilan menjahit yang baik. Ada beberapa pilihan ide usaha garmen mulai dari blus wanita, baju dalam, pakaian pria, baju anak-anak, baju muslim, dan masih banyak lagi.

Agar bisnis garmen laris di pasaran, bisa melakukan pemasaran melalui pengecer. Anda juga bisa mempromosikannya di marketplace seperti Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan sebagainya. Apabila bisnis sudah dikenal banyak orang, Anda akan mendapatkan banyak pesanan garmen sehingga bisa mengembangkan usaha.

 

  1. Fashion Designer

Ide bisnis fashion berikutnya adalah dengan menjadi seorang fashion designer apabila Anda memiliki kreativitas tinggi. Menjadi seorang desainer pakaian memang membutuhkan keahlian khusus dan pemikiran yang kritis.

Paling utama adalah memiliki pemikiran yang kritis terhadap apa yang sedang menjadi tren di pasaran. Anda juga perlu melatih kemampuan membuat desain yang bagus agar bisa membuat inovasi pakaian yang belum ada di pasaran.

Menjadi seorang desainer pakaian tidak membutuhkan pendidikan formal sehingga Anda bisa mempelajarinya langsung dari internet. Kalau perlu, Anda bisa mengikuti kursus desain untuk melatih kemampuan menggambar.

Selain menggambar, kemampuan yang perlu dimiliki seorang desainer pakaian adalah menjahit. Nantinya Anda akan menjahit pakaian sendiri sebagai contoh produk yang akan dipasarkan ke konsumen. Setelah bisnis pakaian Anda berkembang, bisa mulai mencari karyawan yang dapat membantu mengembangkan usaha.

 

  1. Jasa Penyewaan Kostum

Ada beberapa aktivitas khusus yang membutuhkan kostum sebagai elemen pelengkap seperti pertunjukan tari, teater seni, pesta pernikahan, bahkan ketika acara wisuda. Anda bisa menyewakan pakaian untuk disewakan di acara-acara khusus seperti itu.

Sebagian orang lebih sering menggunakan pakaian untuk acara seperti itu dengan sistem sekali pakai. Jadi, merasa sayang kalau harus membelinya namun jarang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, mereka memilih untuk menyewa pakaian saja yang lebih mudah.

Anda bisa menggunakan momen ini sebagai peluang bisnis dengan menawarkan penyewaan kostum untuk berbagai acara. Anda bisa menyediakan berbagai macam kostum seperti baju badut, gaun pernikahan, baju adat, batik, kebaya, dan masih banyak lagi.

 

  1. Butik Pakaian

Membuka butik pakaian adalah salah satu ide bisnis fashion di era digital yang cukup menguntungkan. Bagi Anda yang bekerja sebagai seorang desainer pakaian dan memiliki modal lebih bisa membuka butik untuk memulai bisnis.

Banyak desainer pakaian yang membangun butik untuk mendukung pekerjaannya agar bisa dikenal di bidang fashion. Bahkan ada satu jenis pakaian yang hanya terdapat di butik-butik tertentu saja.

Hal ini karena desainer pakaian hanya menjual jenis pakaian tersebut di butiknya sendiri atau butik partner. Oleh karena itu, banyak orang beranggapan bahwa pakaian di butik memiliki kualitas papan atas dengan harga yang hanya bisa dijangkau golongan atas saja.

 

Baca Juga :   Jam Tangan Wanita Original Merk Terbaik dan Terbaru, Pasti Cocok

 

  1. Penjahit

Menjadi seorang penjahit juga termasuk profesi yang sangat menguntungkan di masa kini. Menjahit adalah salah satu kemampuan yang tidak semua orang bisa memilikinya. Jadi, kalau Anda memiliki kemampuan menjahit bisa manfaatkan untuk menjadi peluang bisnis.

Selain harus pandai menjahit, Anda juga perlu mengetahui bagaimana perkembangan tren pakaian dari waktu ke waktu. Penjahit terbagi menjadi dua jenis ada tailor yang berfokus pada busana khusus pria seperti jas, celana, dan sebagainya.

Ada juga modiste yang berfokus pada busana khusus wanita seperti gamis, dress, blus, dan sebagainya. Tentu saja tarifnya berbeda-beda tergantung dari jenis pakaian yang akan dibuat dan tingkat kesulitannya. Anda bisa menawarkan jasa menjahit ke tetangga rumah lebih dulu jika baru membuka bisnis.

 

  1. Reseller Pakaian

Ide peluang bisnis fashion yang berikutnya adalah menjadi seorang reseller pakaian. Tugas Anda hanya menjual kembali pakaian yang sudah disiapkan oleh pihak supplier. Supplier pakaian bisa berupa perusahaan konveksi, butik, maupun fashion brand tertentu.

Keuntungan membuka bisnis menjadi reseller pakaian adalah tidak membutuhkan banyak modal namun bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang Anda jual. Anda hanya cukup mengambil barang dari supplier kemudian menjualnya kembali ke konsumen.

Namun yang paling sulit adalah mencari supplier yang memang terpercaya dan bisa diajak untuk bekerja sama. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati agar tidak kena tipu yang malah membuat Anda merugi. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan sebagai reseller.

 

  1. Thrift Shop

Thrift shop bisa menjadi ide bisnis berikutnya di bidang fashion yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Secara umum, thrift shop adalah bisnis jualan pakaian bekas yang masih layak dipakai. Tentu saja kualitasnya sama dengan pakaian baru, hanya saja pakaian itu sebelumnya sudah pernah digunakan.

Keuntungan memulai bisnis pakaian bekas adalah tidak membutuhkan banyak modal bahkan Anda juga bisa menjadi reseller atau dropshipper. Selain itu, peminatnya juga tidak pernah sepi karena selalu ada banyak konsumen yang membutuhkan pakaian bekas namun kualitasnya bagus. Apalagi jika Anda menjual pakaian bekas dengan harga yang sangat terjangkau.

Bisnis berjualan pakaian bekas bisa menjadi solusi di tengah banyaknya tumpukan limbah fashion industry. Khusus untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis pakaian bekas, perlu bekerja sama dengan supplier yang memang terpercaya.

Hal ini karena Anda akan memasarkan sebuah pakaian yang bagi masyarakat dinilai masih berkualitas tinggi. Pastikan juga bahwa kualitas pakaian yang dimiliki oleh supplier masih memiliki nilai jual. Anda bisa mencucinya dulu sebelum mulai menjualnya agar tampak seperti pakaian baru.

 

  1. Jual Aksesoris Perempuan

Terakhir adalah berjualan aksesoris perempuan juga cukup menjanjikan karena selalu dibutuhkan oleh konsumen. Ada banyak aksesoris perempuan yang bisa Anda jual mulai dari ikat pinggang, kacamata, sarung tangan, topi, scraf, kaos kaki, tali sepatu, insole sepatu, dan masih banyak lagi.

 

Berbagai ide bisnis fashion bisa Anda pilih sesuai dengan modal dan keinginan. Penting untuk memahami tren fashion yang berkembang di pasar agar bisa mengembangkan bisnis.

 

Baca Juga :   5 Jenis Tabungan BCA, Bisa Untuk Mahasiswa

Share :

Baca Juga

6 Outfit Anak Kuliah Ala Drama Korea

FASHION

6 Outfit Anak Kuliah Ala Drama Korea
5 Brand Pakaian Terkenal di Indonesia, Salah Satunya Mendunia!

FASHION

5 Brand Pakaian Terkenal di Indonesia, Salah Satunya Mendunia!
Teknik Blok, Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Membuatnya

INTERNET

Teknik Blok, Pengertian, Jenis-jenis dan Cara Membuatnya
Ini Pakaian Full Kebaya Hiaju dan Merah, Viral di Medsos !!

FASHION

Ini Pakaian Full Kebaya Hijau dan Merah, Viral di Medsos !!
5 Rekomendasi Fashion Pria Simple Tapi Keren yang Bisa Wanita Tertarik

FASHION

5 Rekomendasi Fashion Pria Simple Tapi Keren yang Bisa Wanita Tertarik
Tampan dan Pintar, Ini Sosok Jesse Coi Suami Maudy Ayunda

INTERNET

Tampan dan Pintar, Ini Sosok Jesse Choi Suami Maudy Ayunda
daftar peralatan makeup

FASHION

Cara Memilih dan Daftar Peralatan Makeup Berkualitas Original
5 Cara Screenshot di Laptop atau PC Praktis dan Cepat

INTERNET

5 Cara Screenshot di Laptop dengan Praktis dan Cepat