Home / INTERNET

Kamis, 7 September 2023 - 14:00 WIB

Susunan Acara Pengajian Yasinan dan Syarat Pelaksanaannya

- Penulis

Susunan Acara Pengajian Yasinan

Susunan Acara Pengajian Yasinan

 MoccaapediaSusunan acara pengajian Yasinan biasanya di lakukan dengan susunan acara mulai dari pembukaan, tahlil, doa bersama hingga penutupan. Acara ini sendiri biasanya di adakan untuk membacakan surat Yasin dan surat yang ada di Al-Quran untuk mendoakan anggota keluar, kerabat atau orang tersayang yang sudah meninggal.

Dan berikut ini adalah susunan acaranya.

 

Baca Juga :   Mengenal Sosok Raja Baru Inggris Charles III, Pengganti Ratu Elizabeth

 

Apa itu Acara Yasinan?

Susunan Acara Pengajian Yasinan
Susunan Acara Pengajian Yasinan

Acara pengajian yasinan adalah sebuah tradisi dalam masyarakat Muslim di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Di mana keluarga atau komunitas berkumpul untuk membaca Surat Yasin.

Surat ini sendiri merupakan sebuah surat dari Al-Qur’an yang khusus di tujukan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Tujuan utama dari pengajian yasinan adalah untuk mengenang dan mendoakan mereka yang telah meninggal, serta untuk memberikan dukungan moral kepada keluarga yang telah di tinggalkan.

Acara pengajian yasinan biasanya diadakan dalam suasana yang khidmat dan religius. Selain membaca Surat Yasin, seringkali juga dilakukan kegiatan-kegiatan seperti berdoa bersama, memberikan ta’ziyah (ucapan belasungkawa) kepada keluarga yang berduka.

Hingga mendengarkan ceramah keagamaan.

Anggota keluarga pun akan menyediakan makanan atau minuman untuk tamu yang hadir.

Pengajian yasinan seringkali diadakan pada hari ke-3, ke-7, ke-40. Atau pada setiap setelah satu tahu hingga tiga tahun. Setelah seseorang meninggal dunia. Namun, ada juga yang mengadakannya lebih sering, tergantung pada tradisi dan keyakinan masing-masing.

Pengajian yasinan dianggap sebagai salah satu cara untuk memberikan penghormatan kepada orang yang telah meninggal, mempererat hubungan antar keluarga, kerabat dan tetangga.

Serta sebagai bentuk peringatan akan pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun tradisi ini berakar dalam kebudayaan dan tradisi masyarakat Indonesia, pengajian yasinan juga ditemukan di beberapa negara muslim lain.

 

Syarat-syarat Mengadakan Acara Yasinan dan Pengajian

Susunan Acara Pengajian Yasinan
Susunan Acara Pengajian Yasinan

Syarat-syarat untuk mengadakan acara pengajian yasinan bisa bervariasi tergantung pada tradisi dan kepercayaan. Namun, berikut adalah beberapa syarat umum yang perlu dipertimbangkan saat mengadakan acara pengajian yasinan:

 

Baca Juga :   Bagaimana Cara Menggunakan Logika Daripada Perasaan

 

1. Izin Keluarga

Pertama-tama, pastikan Anda mendapatkan izin dari keluarga yang ditinggalkan sebelum mengadakan pengajian yasinan. Hal ini merupakan tindakan untuk menghormati keluarga yang telah ditinggalkan.

 

2. Tempat

Pilih lokasi yang sesuai untuk mengadakan pengajian yasinan. Biasanya, pengajian dapat diadakan di rumah keluarga yang berduka atau di sebuah tempat ibadah seperti masjid atau mushalla.

 

3. Waktu

Tentukan waktu yang sesuai untuk acara pengajian, mulai darir harti hari ke-3, ke-7, ke-40. Atau bahkan 1 tahun hingga 3 tahun setelah kepergian. Waktu dan tanggal yang dipilih harus sesuai dengan tradisi dan kenyamanan keluarga.

 

4. Bacaan Surat Yasin

Pastikan Anda memiliki salinan Al-Qur’an yang berisi Surat Yasin yang akan dibacakan selama acara. Jika ada seorang qari (pembaca Al-Qur’an) yang akan membacakan surat tersebut, pastikan mereka siap dan terlatih.

 

5. Imam atau Ustadz

Jika acara akan melibatkan ceramah agama atau penjelasan tentang makna Surat Yasin, pastikan Anda mengundang seorang imam atau ustadz yang kompeten.

 

6. Peralatan dan Perlengkapan

Siapkan perlengkapan seperti karpet, bantal, sajadah dan meja yang diperlukan untuk membaca Surat Yasin dan berdoa. Pastikan juga bahwa sistem suara berfungsi baik agar semua hadirin dapat mendengar dengan jelas.

 

7. Undangan

Jika Anda ingin mengundang teman, tetangga, kerabat dan anggota keluarga lain. Maka buatlah undangan yang sesuai dan sebarkan dengan tepat waktu.

8. Makanan dan Minuman

Jika Anda berencana menyediakan makanan atau minuman untuk tamu yang hadir, pastikan persiapannya sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

 

9. Kebersihan dan Kenyamanan

Pastikan tempat acara dan fasilitas yang digunakan dalam keadaan bersih dan rapi. Agar tamu yang hadir juga merasa nyaman selama acara berlangsung.

 

10. Menjaga Ketertiban dan Kesopanan

Selama acara pengajian, pastikan semua hadirin menjaga ketertiban dan kesopanan. Karena acara yasinan sendiri merupakan acara yang bersifat religius dan merupakan penghormatan terhadap keluarga yang berduka.

 

Untuk memastikan susunan acara pengajian Yasinan berlangsung dengan baik dari awal hingga akhir acara. Maka Anda bisa berkoordinasi dengan anggota keluarga lainnya. Agar bisa saling membantu melaksanakan acara hingga selesai.

 

Susunan Acara Pengajian Yasinan dan Syarat Pelaksanaannya

Susunan Acara Pengajian Yasinan
Susunan Acara Pengajian Yasinan

Nah, untuk susunan acara pengajian Yasinan sendiri bisa Anda simak pada ulasan yang sudah di sediakan oleh Moccaapedia di bawah ini:

 

1. Pembukaan

Pertama-tama, acara pengajian yasinan biasanya di mulai dengan pembukaan yang sederhana. Anda dapat membaca Surat Al-Fatihah sebagai pembukaan untuk memohon keberkahan dan kemudahan dalam acara ini.

 

2. Tahlil

Tahlil adalah inti dari pengajian yasinan, pada momen ini Anda dan seluruh tamu yang hadir akan membaca surat Yasin. Surat ini sendiri berasal dari Al-Quran dan memang merupakan sebuah surat yang ditujukan bagi orang orang yang sudah meninggal dunia.

Anda dapat membacanya secara bersama-sama atau dengan mengundang seorang qari (pembaca Al-Qur’an) untuk membantu.

 

3. Ta’ziyah dan Kesan Pribadi

Setelah tahlil selesai, saatnya memberikan kesempatan kepada hadirin untuk memberikan ucapan belasungkawa atau ta’ziyah kepada keluarga yang ditinggalkan.

Di sini Anda dan para tamu juga bisa saling membahas dan membicarakan tentang kenangan pribadi Anda dengan orang yang telah meninggal dan mengenang kebaikannya.

 

4. Ceramah Singkat

Pengajian yasinan biasanya di ikuti oleh ceramah singkat tentang nilai-nilai Islam atau pesan-pesan yang bisa di ambil dari Surat Yasin.

Anda dapat mengundang seorang ustaz atau ustazah untuk memberikan ceramah.

 

5. Doa Bersama

Setelah ceramah selesai, saatnya untuk berdoa bersama-sama. Doa ini bisa mencakup permohonan ampunan bagi orang yang telah meninggal, doa untuk kesejahteraan keluarga yang di tinggalkan dan doa untuk diri Anda sendiri agar tetap di beri kekuatan menjalani kehidupan.

 

6. Makanan Ringan dan Berbagi Cerita

Setelah acara resmi selesai, biasanya ada waktu untuk makanan ringan dan berbincang santai. Di sini Anda dan para tamu serta keluarga bisa saling berbaur untuk saling bertukar cerita.

Anda juga bisa memperkuat hubungan persaudaraan dengan tamu tamu yang hadir dan memperkuat tali silaturahmi.

 

7. Penutupan

Terakhir, acara pengajian yasinan biasanya di tutup dengan doa penutup dan harapan agar kita semua dapat menjadi manusia yang lebih baik dan penuh kasih sayang terhadap sesama.

Kita juga bisa belajar menjadi lebih ikhlas setelah mengalami kehilangan anggota keluarga hingga orang tersayang.

 

Karena kehilangan orang tersayang, bukan berarti menjadi sebuah bencana yang dapat membuat hidup Anda runtuh. Namun Anda tetap harus bangkit kembali dan menjalani kehidupan seperti biasa.

Meski begitu, mengenang mereka yang telah pergi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengingatnya dalam hati. Jangan lupa, meski acara yasinan telah selesai, Anda tetap bisa mendoakan mereka yang sudah pergi.

Cara ini tidak hanya membantu mereka yang sudah tiada, agar lebih tentram di sana. Namun juga membantu Anda untuk ikhlas namun tetap berdekatan dengan mereka yang sudah pergi dengan cara senantiasa mendoakan mereka.

 

Itulah tadi susunan acara pengajian Yasinan yang sudah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan menarik lainnya dari Moccaapedia ya.

 

Baca Juga :   Pendidikan atau Tuntunan Seharusnya Memberikan Murid Ilmu Pengetahuan

Share :

Baca Juga

6 Aplikasi Android Untuk Orang Tua, Bersama Keluarga!

INTERNET

6 Aplikasi Android Untuk Orang Tua, Bersama Keluarga!
5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan Wajib Punya Saat Puasa

INTERNET

5 Aplikasi Imsakiyah Ramadhan Wajib Punya Saat Puasa
Apa Bedanya Induktif dan Deduktif Ini Pembahasannya 1

INTERNET

Apa Bedanya Induktif dan Deduktif Ini Pembahasannya
Drama Korea Lee Jin Wook Selain Welcome to Wedding Hell

INTERNET

Drama Korea Lee Jin Wook Selain Welcome to Wedding Hell
7 Aplikasi Android Buku Pelajaran

INTERNET

7 Aplikasi Android Buku Pelajaran, Makin Ahli!
4 Daftar Aplikasi Pinjaman Online OJK Terbaru

INTERNET

4 Daftar Aplikasi Pinjaman Online OJK Terbaru
Bagaimana Cara Menggunakan Logika Daripada Perasaan

INTERNET

Bagaimana Cara Menggunakan Logika Daripada Perasaan
Fakta Menarik Penyanyi Cilik Farel Prayoga

INTERNET

Fakta Menarik Penyanyi Cilik Farel Prayoga