Home / WISATA

Senin, 26 September 2022 - 16:54 WIB

5 Urutan Gunung Tertinggi di Indonesia

- Penulis

Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia (Medcom)

Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia (Medcom)

Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Moccaapedia gunung tertinggi di indonesia – Indonesia terkenal dengan negara yang mempunyai banyak harta alam di dalamnya, harta salah satunya adalah pegunungan. Sebagian negara justru tidak mempunyai gunung sebanyak yang kita miliki di Indonesia. Gunung ini lebih banyak mengelilingi pulau yang berada di Indonesia. Maka karena itu, pendaki di Indonesia semakin banyak.

Sebagai para pendaki gunung, masing-masing gunung di Indonesia pasti ada tantangan dan rintangan tersendiri sampain menuju keindahannya. Maka dari itulah sebabnya para pendaki kebanyakan kurang mudah merasa puas apabila hanya berhasil munuju puncak gunung satu atau hanya dua pegunungan saja.

Bahkan ketika ada event di hari tertentu, para pendaki mengadakan acaranya di puncak gunung sebagai daya tarik keinginannya.

Dan ada lagi pegunungan indonesia memiliki ketinggian ribuann meter di atas permukaan air laut (mdpl) yang masuk urutan gunung tertinggi.

 

Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia.   

 

1. Puncak Jaya Wijaya atau Carstensz

Puncak gunung Jaya Wijaya atau juga disebut dengan Gunung Carstensz Pyramiid adalah permukaan tertinggi Indonesia yang terletak di Provinsi Papua.

Gunung Jaya Wijaya pegunungan tertinggi di indonesia nomer satu, yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl, dikelilingi gletser bernama Carstensz.

Gletserr itu adalah gletserr tropika, hanya satu yang dimiliki Indonesia disebabkan jumlah gletserr yang lain mulai menipis, dikarenakan pemansan global yang sangat buruk.

Selain masuk dalam urutan 5 gunung tertinggi di Indonesia, puncak Jaya Wijaya juga masuk daftar 6 puncak tertinggi di dunia. Puncak gunung ini menjadi paling tertinggi di Indonesia, tepatnya terletak dikawasan Oseania.

Pada tahun1963, puncak gunung ini pernah berubah nama menjadi Puncak Soekarno, hingga akhirnya beralih nama menjadi Puncak Jaya W. Nama itulah pada akhirnya masih sangat populer sampai saat ini di kelompok para pendaki gunung, selain nama Pyramiida Carstensz.

Pucuknya yang diselimuti sedikit salju dan jalur arah pendakian lumayan menantang untuk dikalahkan. Di macam kalangan pendaki, puncak ini sangat terkenal dengan pegunugan yang mematikan atau killer. Kalian para pendaki membutuhkan persiapan ekstra dan matang untuk menaklukan puncak ini, Juga puncak ini tidak diperbolehkan bagi para pendaki pemula.

 

Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia (Antara)
Ini daftar 5 gunung tertinggi di Indonesia (Antara)

 

2. Gunung Kerinci

Puncak gunung tertinggi di indonesai bernama gunung kerinci terletak di Pulau Sumatra, layak diurutan gunung tertinggi ke dua di indonesia dengan ketinggian 3.805 mdpl permukaan air laut.

Titik di perbatasan antaraa Sumatra Barat dan Jambi, Gunung Kerinci berada di Taman Nasional Kerinci Seblat `TNKS` juga menjadi salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.

TNKS digabungkan menjadi kelompok Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra yang sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Global oleh UNESCO pada tahun 2004.

Hutan Hujan Tropis Sumatra dijadikan oleh UNESCO karena memiliki keindahan alamnya yang luar biasa bagusnya.

TNKS juga ada hewan Harimau Sumatra, yang sampai hari ini masuk dalam daftar hewan dilindungi. Dan juga, IUCN dikategorikan habitat ini dengan status kritis “critically endangered”.

Jumlah keseluruhan atau populasi harimau Sumatra di TNKS sekarang sekitar 160-167 ekor hewan, sebagiannya harimau meyebar di sekitar Gunung Kerinci.

Maka dari itu, sangat tidak dilarang untuk bermalam atau mendirikan tenda dan melakukan perjalanan di malam hari atau pendakian setelah matahari terbenam . Khususon di antara Pos 2 dan Pos 3 berdekatan area hutan lumut Gunung Kerinci.

Selain itu, Gunung Kerinci juga mempunyai status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia dan kawah pada puncaknya dengan kedalaman 600 meter , luas kawah kurang lebih 48.000 meter persegi.

 

3. Gunung Semeru 

Berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Gunung Puncak Semeru masuk dalam urutan puncak tertinggi di Indonesia. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl permukaan air laut.

Gunung Semeru adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, maka dari itu kurang lebih 25 menit sekali kawah gunung semeru mengeluarkan abu vulkanik.

Ketertarikan utama Gunung Semeru adalah karakteristik medannya yang bermacam-macam. Anda dapat menemukan suasana padang sabana, danau gunung, hutan cemara, sampai hutan montana selama perjalanan menuju ke puncak Gunung Semeru.

Bahkan, Gunung Semeru memiliki arti dalam bagi pengikut umat Hindu. Gunung Semeru dipercaya untuk lokasi bersemayam para dewa.

Umat Hindu selalu menempatkan gunung di daerahnya sebagai tempat suci. Contoh Gunung Agung sebagai lokasi suci bagi umat Hindu di Bali, begitu juga Gunung Semeru.

Beritanya, Semeru dibawa oleh Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura-kura raksasa dan Dewa Brahma yang menjadi ular raksasa. Hal ini untuk membelit penggalan tersebut dari Jambudwipa (daratan di sekitar India), sehingga Pulau Jawa yang tergoncang-gancing di lautan pun menjadi seimbang.

 

Baca Juga :   Liburan Nyaman! Ini 5 Rekomendasi Hotel OYO Terdekat di Bali

 

4. Gunung Rinjani

Masuk dalam salah urutan gunung tertinggi indonesia, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kepulauan Sunda Kecil.

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani menjadi gunung berapi tertinggi aktif kedua (2) tertinggi di Indonesia.

Puncak tertinggi di Indonesia ini posisi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Kepopuleran Gunung Rinjani adalah danau kaldera yang terletak di ujung pucaknya. Di dalam mysteri masyarakat setempat, Gunung Rinjani merupakan pusat inti dari semesta tata ruang.

Teruntuk warga Sembalun maupun Senaru, Gunung Rinjani dipercaya ditumpangi oleh ratu jin dengan bernama Dewi Anjani.

Penting tata cara adat terpenuhi, Dewi Anjani selalu melindungi. Untuk mencapai puncak tertinggi di Indonesia ini, Kalian bisa melewati dua jalur pendakian, yaitu dari Sembalun dan Senaru.

 

5. Gunung Bukit Raya 

Gunung Bukit Raya berada di Pulau Kalimantan dan memiliki ketinggian 2.278 mdpl masuk dalam daftar puncak tertinggi di Indonesia.

Puncak Bukit Raya di titik perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Secara sistem puncak gunung tertinggi di Indonesia ini berada di bawah pengawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

Bukit Raya bukan salah satu dalam gunung berapi. Gunung ini dapat dilintasi melalui dua jalur yang terletak di dua provinsi yang berbeda, yakni Desa Kasongan di Kalimantan Tengah dan Desa Rantau Malam di Kalimantan Barat.

Jalur Rantau Malam hari lebih sering dilakukan para pendaki dari pada dengan jalur Kasongan, karena pendakian melalui jalur ini lebih jelas informasi yang didapat, juga transportasi yang dipakai menuju ke Desa Rantau Malam lebih mudah didapat.

Dari Kota Pontianak, para pendaki wajib perjalanan darat untuk melakukanya menuju Nanga Pinoh, setelahnya berganti kendaraan transportasi menjadi speed boat yang digunakan untuk melewati Sungai Melawi menuju Serawai, Jelundung dan Rantau Malam.

Baca Juga :   Inilah Perlengkapan Traveling yang Harus kalian Bawa saat Pergi !!

Share :

Baca Juga

7 Desa dengan Pemandangan Seperti Negeri Dongeng

WISATA

7 Desa dengan Pemandangan Seperti Negeri Dongeng
Destinasi Wisata Jember Unik dan Instagenik

WISATA

Destinasi Wisata Jember Unik dan Instagenik
5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata

WISATA

5 Wisata Pulau Jeju yang Memanjakan Mata
4 Wisata Bogor Paling Direkomendasi: Murah dan Akses Mudah, Cocok Untuk Kelompok

WISATA

4 Wisata Bogor Paling Direkomendasi Murah dan Akses Mudah
Penginapan di Bandara Soekarno Hatta

WISATA

Rekomendasi Penginapan di Bandara Soekarno Hatta
Wisata Alam di Jawa Tengah yang Memiliki Pemandangan Indah

WISATA

Wisata Alam di Jawa Tengah yang Memiliki Pemandangan Indah
4 Rekomendasi Hotel Terdekat Murah dari Malioboro

WISATA

4 Rekomendasi Hotel Terdekat Murah dari Malioboro
6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!

WISATA

6 Tempat Wisata Saat Lebaran Selalu Ramai Pengunjung, Intip Yuk!