Home / WISATA

Jumat, 19 Mei 2023 - 14:00 WIB

Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi

- Penulis

Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi

Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi

MoccaapediaObjek wisata Banda Aceh di bawa ini, pastinya wajib untuk Anda coba kunjungi ketika ada kesempatan untuk berkunjung ke kota Serambi Mekah ini. Terletak di pulau Sumatera, kota ini memang memiliki kesan dan keindahan tersendiri loh.

Ada banyak objek wisata yang bisa Anda datangi mulai dari pantai yang indah, air terjun yang masih alami hingga wisata sejarah.

 

Baca Juga :   4 Tempat Wisata di Bengkulu yang Sangat Ikonik

 

Wajib Dikunjungi, Berikut Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik

Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi
Daftar Objek Wisata Banda Aceh Terbaik Wajib Kunjungi

Kota Banda Aceh sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Aceh. Dan letaknnya ada di ujung barat Indonesia. Kota ini punya seribu pesona wisata yang indah dan tak kalah dengan kota kota lainnya.

Untuk mengetahui wisata apa saja yang ada di Banda Aceh, Anda bisa simak ulasan di bawah ini ya:

 

1. Bukit Lhok Eumpe

Jika Anda ingin menepi sejenak dari kehidupan kota yang sibuk dan bising dengan melihat pemandangan alam yang menyegarkan. Maka Anda bisa datang ke Bukit Lhok Eumpe ya.

Bukit ini sendiri berlokasi di pinggiran Kota Banda Aceh, namun dengan akses jalan yang mudah. Anda tidak akan kesulitan untuk sampai di bukit ini.

Setelah berhasil sampai di puncak bukit, Anda bisa menikmati padang savana beserta dengan pemandangan alam bukit barisan yang indah.

 

2. Pantai Ulee Lheue

Salah satu destinasi wisata populer di Kota Banda Aceh, adalah Pantai Ulee Lheue yang punya fasilitas liburan yang lengkap dan nyaman. Pantai ini pun punya arus yang tenang sehingga sangat pas jika Anda jadikan sebagai tempat liburan untuk menghilangkan lelah.

Anda bisa menikmati matahari terbenam dengan duduk di pinggir pantai sambil menikmati jagung bakar yang banyak dijual di area pantai.

 

3. Pantai Lampuuk

Punya pemandangan pasir putih dan air laut yang biru dan bersih. Pantai ini memang cukup ramai oleh pengunjung yang ingin surfing. Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata edukasi dengan melihat tempat konservasi penyu.

Jika lapar, Anda juga bisa menemukan banyak sekali warung makanan di sepanjang pantai yang menyediakan seafood segar.

 

4. Pantai Lhoknga

Di Banda Aceh memang ada banyak sekali pantai yang indah dan wajib untuk Anda kunjungi. Salah satunya seperti Pantai Lhoknga. Di pantai ini, Anda tak hanya bisa melakukan kegiatan olahraga air seperti surfing atau memancing.

Karena di sini Anda juga bisa bermain golf loh.

Namun jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan pantai yang indah, Anda dapat duduk santai di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam yang menakjubkan.

 

5. Pantai Lhok Mee

Pantai ini terbilang memiliki pemandangan yang unik dan tidak bisa Anda temukan di pantai lainnya. Karena pantai ini mempunyai ciri khas unik pada pepohonannya yang dapat tumbuh di dalam air loh.

Pohon ini sendiri bernama pohon Geurumbang. Anda pun bisa memanjat pohon ini untuk menikmati angin segar pantai dari atas pohon yang unik tersebut.

Selain cocok untuk bersantai, pantai ini juga memiliki pemandangan dalam laut yang indah. Sehingga Anda bisa berenang dan bersnorkeling di sini.

Untuk menghalau rasa lapar, Anda bisa mengunjungi warung ikan bakar di dekat pantai yang menyajikan berbagai makanan laut yang segar dan terjangkau.

 

6. Pucok Krueng Raba, Lhoknga

Terletak di tengah hutan, tempat ini bisa memberikan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Di sini Anda bisa melihat pemandangan air sungai yang asri dan alami dengan tanaman yang sudah tertata rapi.

Di sini Anda juga bisa menikmati keindahan jajaran pegunungan kapur yang membentang lebar di depan mata.

 

7. Ujung Kelindu

Jika Anda lebih suka berwisata di tempat yang menegangkan dan penuh petualang. Maka Anda bisa mengunjungi Ujung Kelindu yang menampilkan pemandangan pantai dengan tebing tebingnya yang indah.

Anda bisa menikmati pesona air laut yang hijau dan jernih dengan bukit savanna yang cantik.

 

8. Air Terjun Peukan Biluy

Di Banda Aceh, Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai yang indah namun juga air terjun yang masih alami dan menyejukkan mata.

Letaknya tidak jauh dari Kota Banda Aceh, Anda hanya perlu menuju ke arah selatan untuk sampai di air terjun Peukan Biluy ini.

Di sini Anda bisa menikmati banyak kegiatan selain menikmati keindahannya. Seperti memancing dan bermain di padang rumput kecil di atas air terjun yang bernama rimbun asmara.

 

9. Air Terjun Kuta Malaka

Selain air terjun Peukan Biluy, Anda juga bisa mendatangi air terjun Kuta Malaka yang punya panorama alam memukau.

Karena di sini Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan air terjun saja. namun juga bisa menikmati bukit savana dan melihat Kota Banda Aceh hingga Selat Malaka dari ketinggian.

Selain itu ada kolam air yang tenang di bawah air terjun ini yang bisa Anda gunakan untuk berenang.

 

10. Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet

Puas berkeliling di wisata alam, Anda juga bisa mendatangi museum yang didirikan sebagai pengingat sekaligus monument penghargaan untuk korban Tsunami Aceh 2004. Termasuk para korban yang berhasil bertahan hidup dan berjuang untuk melanjutkan hidup mereka.

Museum ini sendiri memiliki rancangan bangunan yang unik dengan dengan bentuk melengkung. Di sini Anda juga bisa melihat foto foto yang menceritakan mengenai kejadian menyedihkan tersebut.

Wisata satu ini tak hanya bisa menjadi objek sejarah. Akan tetapi juga bisa menjadi lokasi evakuasi jika terjadi bencana tsunami lagi.

 

11. Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Taman Sari Gunongan ini adalah sebuah hadiah dari Sultan Iskandar Muda, yang beliau berikan pada permaisurinya. Yakni Putri Kamaliah atau Putroe Phang.

Anda bisa melihat bangunan persegi yang bernama Kandung dan merupakan makam dari Sultan Iskandar Muda. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Pinto Khob atau tempat pemandian.

 

12. Rumoh Aceh atau Museum Aceh

Berikutnya ada Museum Aceh yang lebih sering disebut dengan nama Rumah Aceh. Berdiri sejak tahun 1915 di masa pemerintahan Hindia Belanda. Bangunan ini mempunyai berbagai nilai filosofi pada rancangan bangunannya.

Jika Anda suka dengan tempat tempat bersejarah maka Anda bisa mengunjungi tempat ini.

 

13. Taman Ratu Safiatuddin

Tempat ini cukup instagramable dengan banyaknya pilihan objek wisata selfie yang menarik. Karena di Taman Ratu Safiatuddin ini, Anda bisa melihat berbagai rumah adat tradisional Aceh dengan peralatan tradisional yang unik.

Selain bisa menikmati taman dan spot foto yang menarik, Anda juga bisa menikmati berbagai pertunjukan kesenian dan budaya yang sering sekali dilangsungkan di taman ini.

Ya, siapa tahu saat Anda pergi ke sana sedang diadakan acara kesenian dan pertunjukkan budaya yang pastinya sangat sayang untuk Anda lewatkan.

 

Berada di bagian barat Indonesia, kota ini memang tak terlalu populer jika dibandingkan kota lain di Indonesia. Seperti Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Jogja. Padahal di kota ini juga ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Nah, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Banda Aceh di atas jika punya kesempatan untuk liburan ke sana ya.

 

Baca Juga :   5 Tips Wisata Pantai yang Aman Bersama Keluarga

 

Share :

Baca Juga

Rekomendasi Tempat Wisata Situbondo yang Hits untuk Dikunjungi

WISATA

Rekomendasi Tempat Wisata Situbondo yang Hits untuk Dikunjungi
5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga

WISATA

5 Penginapan di Bali Dekat Pantai Untuk Liburan Keluarga
Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata

WISATA

Wisata Lembang dengan Keindahan Memanjakan Mata
Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!

WISATA

Sewa dan Rental Mobil Terlengkap 24 Jam, Termurah di Jogja!!
8 Wisata Skandinavia dengan Keindahan Alam Luar Biasa

WISATA

8 Wisata Skandinavia dengan Keindahan Alam Luar Biasa
pulau terindah di indonesia

WISATA

Daftar, Pulau Terindah di Indonesia Bikin Wow!
Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan

WISATA

Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan
5 Tempat Wisata di Nusa Lembongan, Disebut Surga Tersembunyi

WISATA

5 Tempat Wisata di Nusa Lembongan, Disebut Surga Tersembunyi