Home / WISATA

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:19 WIB

9 Wisata Sumbawa yang Bikin Nyaman

- Penulis

9 Wisata Sumbawa yang Bikin Nyaman

9 Wisata Sumbawa yang Bikin Nyaman

Moccaapedia – Pulau Kenewa hanyalah salah satu wisata Sumbawa yang harus Anda kunjungi bersama keluarga ketika musim liburan tiba. Wisata yang terdapat di Sumbawa Besar mulai menjadi perbincangan banyak wisatawan karena banyaknya destinasi.

Tentu saja tidak kalah cantik dengan wisata di Nusa Tenggara Timur dan Labuan Bajo lainnya. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan lebih dalam tentang Sumbawa dengan berkunjung ke banyak tempat wisata.

 

Baca Juga :   Tempat Wisata Baru di Turi Sleman, Dekat dari Jogja

 

Wisata Sumbawa

9 Wisata Sumbawa yang Bikin Nyaman
9 Wisata Sumbawa yang Bikin Nyaman

 

Sumbawa kaya akan tempat-tempat unik seperti situs bersejarah, pulau yang eksotis, dan tempat lain yang menyimpan banyak cerita. Kalau masih bingung mau berkunjung ke mana saja bisa membaca reomendasinya di bawah ini.

 

  1. Pulau Kenewa

Selain desa wisata di Sumbawa, daerah ini juga dikelilingi dengan pulau-pulau kecil yang menyimpan keindahan alam. Salah satunya adalah Pulau Kenewa yang tidak berpenghuni dan hanya memiliki luas 15 hektar saja.

Namun, wisatawan bisa mendapatkan izin untuk berfoto atau bermalam bersama keluarga di Pulau Kenewa. Tentu saja berada di pulau tidak berpenghuni dengan pemandangan cantik adalah momen langka yang tidak boleh Anda sia-siakan begitu saja.

Anda akan merasa benar-benar menyatu dengan alam dan menikmati kesunyian untuk menenangkan pikiran. Waktu yang tepat berkunjung ke Pulau Kenewa adalah saat musim kemarau agar lebih bebas melakukan banyak kegiatan.

Pulau Kenewa memiliki keunikan dari warna rerumputan yang berbeda-beda tergantung dari musimnya. Anda perlu membawa persiapan yang cukup mulai dari pakaian hangat, makanan, dan air bersih karena tidak ada mata air di sini.

Agar bisa berkunjung ke wisata Sumbawa ini wisatawan perlu menyeberang melalui Pelabuhan Poto Tano dengan perahu kayu milik warga. Setelah bermalam, keesokan paginya Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling atau berenang di pantai yang sangat jernih.

Namun, biaya sewa kapalnya cukup mahal yaitu 500 ribu untuk 10 orang. Anda bisa mengajak keluarga atau teman agar mau patungan jika ingin pergi ke Pulau Kenewa.

 

  1. Pulau Bedil atau Gili Bola

Gili Bola memiliki nama lain yaitu Pulau Bedil yang tidak hanya berisi rerumputan saja melainkan juga pohon kelapa. Ada ratusan pohon kelapa yang membuat suasana pulau tampak terasa sejuk.

Hanya terdapat satu bangunan saja di Gili Bola yaitu rumah milik penjaga pulau sehingga seperti berasa di mulai pribadi. Kalau ingin ke Gili Bola bisa mengendarai perahu dari Labuan Bajo atau Labuan Pade.

Anda juga bisa berkunjung ke beberapa gili di sebelahnya yaitu Gili Temudong dan Gili Keramat. Wisatawan yang datang biasanya mengajak rombongan dan membawa perlengkapan sendiri seperti alat-alat masak dan memancing ikan di pinggir pantai.

 

  1. Pantai Maluk

Wisata Sumbawa berikutnya yang tidak kalah seru adalah Pantai Maluk yang merupakan tempat favorit pengunjung untuk melakukan selancar. Waktu tempuhnya dari Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin adalah sekitar 3 jam perjalanan.

Pantai Maluk adalah sebuah pantai yang menjadi incaran banyak pengunjung khususnya di Bulan Juni hingga Agustus. Hampir semua penginapan di sekitar Pantai Maluk sudah dipesan oleh para peselancar.

Masyarakat menyebut ombak pantai dengan istilah Super Suck karena tingginya bisa mencapai dua meter. Hanya saja, ketika ombak tersebut sampai ke bagian tengah pantai akan langsung pecah.

Terdapat dua bukit di dekat Pantai Maluk yang mengapit lokal yang menambah kecantikan tempat wisata.

 

  1. Jembatan Samota

Wisata yang ada Sumbawa adalah Jembatan Samota yang juga sangat ikonik. Lokasinya tidak jauh dari bandara dan pusat kota sehingga cocok untuk Anda yang ingin nongkrong di pusat kota. Jembatan Samota adalah wisata yang sedang terkenal di kalangan anak muda.

Rata-rata wisatawan berkunjung untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di dekat jembatan. Pemandangan di sekitarnya juga tidak kalah cantik dan nama Samota berasal dari segitiga destinasi di Sumbawa. Mulai dari Gunung Tambora, Pulau Mayo, dan Teluk Saleh.

 

  1. Air Terjun Agal

Butuh wisata air selain pantai di Sumbawa? Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Agal yang berada di Kecamatan Alas. Masyarakat banyak yang merekomendasikan wisata ini karena tidak hanya melihat satu atau dua air terjun melainkan ada 10.

Lokasinya masih berada di kawasan hutan lindung dan dekat dengan Gunung Sebra serta Gunung Seketok. Tentu saja suasana di sekitar air terjun sangat sejuk sehingga wisatawan betah berlama-lama di sana.

Anda perlu menyiapkan diri untuk berjalan selama dua jam dari gerbang masuk air terjun. Perjuangan melelahkan ini langsung terbayarkan dengan pemandangan cantik dari air terjun tersebut.

Tingginya sekitar 100 meter dengan puluhan tingkat air terjun yang sangat cantik dan debit airnya juga cukup kencang. Anda bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan di sini seperti tubing dan berseluncur dengan ban.

 

Baca Juga :   7 Kebun Binatang Indonesia, Rumah Bagi Satwa Langka

 

  1. Pulau Bungin

Pulau Bungin adalah salah satu pulau yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Sumbawa. Pulau Bungin termasuk pulau paling padat di dunia sehingga sangat mencengangkan jika melihat langsung.

Tidak ada sedikitpun ruang tersisa di pulau ini karena setiap sudutnya sudah terisi dengan berbagai fasilitas penduduk. Pekerjaan penduduk setempat adalah sebagai pemasok makanan laut untuk kegiatan pariwisata di Lombok dan sekitarnya.

Anda akan melihat bagaimana cara membudidayakan berbagai macam jenis ikan dan lobster di sini. Biaya yang Anda harus bayar ketika ingin menyewa kapal ke Pulau Bungin adalah 50 ribu untuk satu orang.

 

  1. Gunung Tambora

Wisata alam Sumbawa berikutnya adalah Gunung Tambora yang juga merupakan salah satu gunung terindah di tanah air. Memiliki tinggi sekitar 2.851 MDPL membuat banyak wisatawan ingin mendaki puncak Tambora.

Gunung ini sebelumnya sudah pernah meletus dan menghasilkan letusan besar dalam sejarah peradaban manusia. Bahkan dampak dari letusan Gunung Tambora adalah meruntuhkan tiga kerajaan sekaligus.

Wisata yang berada di Bima ini memiliki jalur trekking yang cukup menantang untuk seorang pemula. Rasa lelah Anda akan langsung terbayarkan dengan melihat secara langsung pemandangan cantik di puncak gunung.

 

  1. Masjid Agung Darussalam

Apabila Anda ingin beribadah bisa datang ke Masjid Agung Darussalam yang merupakan masjid terbesar di Sumbawa. Gaya masjid ini sangat unik karena ditopang dengan 99 buah tiang yang sangat cantik.

 

  1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu terletak di area hutan Pulau Moyo yang memiliki warna air tosca dan sangat jernih. Ketinggian air terjun tersebut adalah 7 meter dengan 4 undakan yang bentuknya seperti terasering.

Pemandangan yang sangat cantik ini membuat siapa saja ingin segera menginjakan kaki di sana. Tidak hanya sering dikunjungi wisatawan dalam negeri saja melainkan juga wisatawan dari luar negeri.

Namun, wisatawan harus siap menghadapi medan yang terjal dan menantang atau bisa menyewa ojek dengan biaya 100 ribu untuk 20 menit perjalanan.

 

Wisata Sumbawa ternyata menyimpan kecantikan alam yang luar biasa. Tidak heran kalau banyak orang menabung hanya untuk menikmati keindahan Indonesia lewat Sumbawa.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Hotel di Rawamangun Terbaik untuk Liburan

Share :

Baca Juga

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main

WISATA

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Tokyo Indahnya Bukan Main
Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung

WISATA

Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Bandung, Apa Saja?
5 Wisata Pantai di Dunia dengan Pemandangan Eksotis

WISATA

5 Wisata Pantai di Dunia dengan Pemandangan Eksotis
Tempat Wisata Viral di Bali (ANTARA FOTO/NYOMAN HENDRA WIBOWO/HP)

WISATA

10 Wisata di Bali dan Harganya Terbaru, Wajib Datang!!

WISATA

Danau Terindah di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler
Tempat Wisata Cibubur Terbaru dan Paling Indah

WISATA

Tempat Wisata Cibubur Terbaru dan Paling Indah
Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan

WISATA

Wisata Air Yogyakarta yang Seru dan Menyenangkan
7 Tempat Wisata di Finlandia dengan Pemandangan Alam

WISATA

7 Tempat Wisata di Finlandia dengan Pemandangan Alam