Home / KULINER

Jumat, 9 Desember 2022 - 10:12 WIB

Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Coba

- Penulis

Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Di Coba (Shutterstock)

Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Di Coba (Shutterstock)

Wisata Kuliner di Semarang

Moccaapedia – Kota Semarang jadi salah satu kota yang memiliki banyak kuliner, bahkan mendapat julukan kota lumpia. Tentu tidak hanya lumpia saja yang bisa dijumpai. Terdapat sejumlah kuliner yang menarik dan legendaris sejak puluhan tahun silam. Penasaran dengan wisata kuliner di Semarang apa saja? Mari Simak yang berikut ini.

 

Baca Juga :   Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

 

1.     Mie Sang Kie

Bagi yang suka Mie, maka wisata kuliner di Semarang yang cukup legendaris ini akan sangat cocok. Pasalnya, di Semarang terdapat makanan yang cukup banyak diminati yakni Mie Sang Kie. Kuliner mie sang kie ini berada di Gang Lombok yang sudah lama berdiri, semenjak zaman kolonial.

 

Mie sang kie ini cukup unik dalam penyajiannya dengan cita rasa yang khas. Dalam satu porsinya terdapat mie, kekian, telur dadar yang dipotong kecil-kecil, tahu, dan lainnya. Semua bahan tersebut disajikan ketika hangat dengan kuah kaldu yang memiliki rasa khas. Memiliki rasa yang nikmat dan porsi yang lumayan sesuai harga, membuat Mie Sang Kie banyak peminatnya.

 

2.     Lekker Paimo

Berikutnya, wisata kuliner di Semarang yang cukup unik yakni Lekker Paimo. Mendengar makanan lekker, tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, kue lekker cukup banyak dan tersebar di sejumlah daerah Indonesia. Namun, ada hal unik dari lekker paimo ini yakni topping yang disajikan.

 

Umumnya, kuliner leker memiliki toping keju atau meses. Namun, tidak dengan lekker paimo karena disini pembeli dapat merasakan lekker dengan rasa asin. Toping yang ditawarkan pada lekker paimo yakni ada isian telur, sosis, keju, ayam dan lainnya. Untuk itu, tidak mengherankan jika leker paimo ini memiliki banyak peminatnya. Bahkan, tidak jarang untuk membeli lekker paimo perlu mengantri.

 

3.     Soto Bokoran 1949

Ada salah satu kuliner yang recommend dicicipi saat ke Semarang yakni Soto Bokoran 1949. Kuliner soto ini merupakan kuliner legendaris yang menjadi favorit bagi warga lokal bahkan wisatawan. Pasalnya, selain sudah sejak lama berdiri, Soto Bokoran juga memiliki cita rasa yang cukup unik, berbeda dengan soto lainnya.

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

Dari kuahnya saja cukup berbeda, dimana umumnya soto ayam memiliki kuah berwarna bening, sedangkan soto Bokoran memiliki kuah cenderung kecoklatan. Warna kuah tersebut berasal dari kuah soto yang dicampur dengan bumbu sate, sehingga lebih nikmat. Selain itu, soto Bokoran juga memiliki beragam topik seperti aneka sate, tempe goreng, perkedel kentang dan lainnya.

 

4.     Tahu Gimbal

Di Semarang memiliki banyak kuliner yang tidak afdal rasanya, jika mengunjungi Semarang kalau tidak mencicipinya. Salah satunya makanan yang menjadi khas di Semarang yakni Tahu Gimbal. Dimana, tahu gimbal ini memiliki cita rasa yang khas dengan beragama isian. Dalam satu porsi tahu gimbal memiliki isian telur, sayur kol, udang, tahu, dan lontong.

 

Kemudian, isian tersebut disajikan dalam piring dan disiram dengan saus kacang yang kental dan gurih. Di Semarang terdapat beberapa tempat yang jadi favorit menikmati tahu gimbal yakni tahu gimbal Pak H. Edy serta Pak Man. Tidak lupa dalam penyajiannya terdapat kerupuk, ada pula yang menggunakan udang sebagai pelengkap.

 

5.     Es Puter Conglik

Berikutnya, ada kuliner minuman yang menjadi minuman yang cocok dinikmati di Semarang yang cukup panas yakni Es Puter Conglik. Dimana, Es Puter Cong Lik ini cukup unik dengan berbagai isian di dalamnya. Dalam satu porsi Es terdapat isian berupa sagu Mutiara, roti, durian, susu, dan lainnya.

 

Memiliki rasa yang cukup segar dengan menggunakan bahan alami. Es puter conglik ini sudah ada sejak tahun 1984, sehingga memiliki banyak pelanggan. Selain itu juga ada banyak es lain yang cukup nikmat dan disajikan di suasana Semarang.

 

Itulah tadi beberapa wisata kuliner di Semarang yang wajib dicoba ketika berkunjung di daerah tersebut. Daerah Semarang, juga memiliki berbagai tempat-tempat wisata kuliner menarik dengan berbagai menu khasnya. Kuliner tersebut memiliki penyajian dan cita rasa yang unik.

Baca Juga :   5 Jenis Kain Anti Kusut, Lembut dan Bagus, Kalian Wajib Tau!!

Share :

Baca Juga

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera

KULINER

12 Makanan Khas Manado yang Menggugah Selera
Khusus untuk pencinta keju, mencoba berbagai resep olahan keju adalah ide menarik karena ada banyak makanan berbahan keju yang lezat.

KULINER

5 Resep Olahan Keju, Kejunya Lumer di Lidah
9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi, Dijamin Sehat

KULINER

9 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Praktis, Cocok Untuk Diet
Solusi Cari Resep Makan Malam: Enak, Mudah, dan Terjangkau

KULINER

Solusi Cari Resep Makan Malam Enak, Mudah, dan Terjangkau
Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah

KULINER

Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah
4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

KULINER

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus
5 Makanan Khas Cirebon dngan Keanekaragaman Rasa

KULINER

5 Makanan Khas Cirebon dengan Keanekaragaman Rasa
Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang

KULINER

Ini Loh, Manfaat Natto Makanan Khas Jepang