Home / KULINER

Senin, 5 Desember 2022 - 10:13 WIB

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler

- Penulis

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler / Instagram @nasi_kalong

10 Kuliner Bandung Unik, Murah, dan Terpopuler / Instagram @nasi_kalong

Kuliner Bandung Viral

Moccaapedia Kuliner Bandung mendapat banyak pengaruh besar dari menu-menu masakan khas Sunda. Rasa gurih dan pedas menjadi tawaran utama berbagai menu di Kota Bandung.

Uniknya, sebagai salah satu kota urban dengan tingkat pendatang yang tinggi, Bandung menawarkan kuliner yang terjangkau berbagai kalangan. Variasi kuliner Kota Bandung tersedia dari sajian sederhana hingga menu-menu elit yang mewah.

 

Baca Juga :   Aneka Kue Kering Lebaran Kekinian, Emak-emak Pasti Suka

 

Rekomendasi Kuliner Bandung

Kuliner Bandung menjadi salah satu daya tarik wisata dan pelancong ke kota kembang tersebut. Pasalnya mayoritas menu khas Kota Bandung cocok dengan selera masyarakat Indonesia secara umum.

Alasan tersebut juga yang membuat Anda tidak perlu khawatir soal makanan ketika berkunjung atau bahkan menetap di Kota Bandung. Selain itu, beberapa kuliner Bandung juga mendapat pengaruh masakan luar seperti Minang, Jawa Tengah, hingga Sulawesi.

 

  • Mie Kocok

SUMBER: BANDUNG.GO.ID

Kuliner pertama khas Bandung adalah mie kocok. Sajian ini merupakan hidangan mi dengan kaldu sapi yang khas. Isiannya terdiri dari mie kuning, bihun, dan tetelan. Beberapa warung makan juga memiliki modifikasi topping yang beragam sesuai selera.

Mie kocok merupakan sajian yang cukup mudah ditemukan di seluruh wilayah Kota Bandung. Beberapa warung makan yang menyajikan mie kocok juga biasanya hadir bersama bakso dan mie ayam. Rata-rata harga mie kocok di Bandung mulai Rp25.000,- per porsi.

 

  • Cuanki

Cuanki sering disebut juga sebagai bakso khas Bandung. Hal tersebut secara harfiah memang benar adanya. Cuanki merupakan sajian jajanan berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan penyedap.

Cuanki umumnya disajikan bersama bakso, siomay goreng dan kukus, tahu, dan topping bawang goreng serta daun seledri. Satu porsi cuanki dibanderol mulai dari Rp10.000,- sesuai dengan penjual dan konsep warung makan.

Namun cuanki sebenarnya tidak terbatas di Kota Bandung. Berbagai kota di wilayah Jawa Barat juga cukup banyak menjajakan makanan khas ini. Namun rasa dan sajian asli di Kota Bandung tentu memiliki ciri khas yang berbeda.

 

  • Lontong Kari

SUMBER: TRAVELOKA

Lontong kari atau lontong sayur dengan kuah kental merupakan salah satu kuliner favorit di Kota Bandung. Sajian ini berasal dari masyarakat Minang. Namun rasanya yang gurih dan lezat sangat cocok dengan selera masyarakat Indonesia secara umum.

Sajian ini banyak menjadi menu sarapan dan makan malam di berbagai warung makan Kota Bandung. Menu lontong kari banyak tersedia di warung-warung tradisional dan outlet modern. Beberapa warung juga banyak menjual menu ini melalui aplikasi pemesanan makanan online.

Lontong kari dijual mulai dari Rp13.000,- per porsi. Beberapa topping tambahan seperti telur, emping, pangsit, dan pilihan lain juga tersedia dengan penyesuaian harga.

 

  • Cilok Goreng

SUMBER: COOKPAD

Cilok merupakan akronim lokal masyarakat Sunda untuk kata “aci dicolok”. Kata aci berarti tepung tapioka sebagai bahan dasar olahan. Sajian ini memiliki bentuk bulat seperti bakso, namun konsumsinya bukan sebagai makanan berat.

Cilok goreng merupakan variasi olahan yang digoreng setelah pembuatan cilok selesai. Biasanya cilok dijajakan di sekitar sekolah, kampus, dan berbagai pusat keramaian lainnya.

Menu ini biasanya dijual mulai dari Rp1.000,- per butir dan dapat dipesan sesuai keinginan pembeli. Beberapa penjual memberikan variasi pedas, gurih, asin, dan rasa lain sesuai kreativitasnya.

 

  • Lotek

Sumber: KOMPAS

Lotek adalah makanan khas Sunda yang tentu populer juga di wilayah Kota Bandung. Sajian ini merupakan kombinasi sayuran matang dengan baluran saus kacang. Sekilas lotek akan cukup mirip dengan gado-gado di kuliner Betawi.

Lotek merupakan sajian yang sangat baik untuk wisatawan yang suka dengan menu-menu sehat berbasis sayuran. Sajian lotek biasanya dijual mulai dari Rp10.000,- per porsi dengan opsi topping tambahan.

 

Baca Juga :   Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

 

  • Batagor

Sumber: Resep Kue Renyah

Serupa dengan beberapa makanan khas Sunda lainnya, batagor juga merupakan akronim lokal masyarakat setempat. Batagor adalah kependekan dari “bakso tahu goreng” yang menjelaskan secara harfiah bahan dasar dan proses kuliner ini.

Bahan dasar batagor adalah adonan bakso yang dimasukkan ke dalam tahu. Hasil adonan dan tahu tersebut digoreng hingga kering. Penyajiannya biasa hadir bersama sambal kacang, saus pedas, dan kecap manis.

Batagor sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Kota Bandung. Harga sajian ini bervariasi mulai dari Rp10.000,- sesuai dengan kombinasi yang diberikan pedagang. Beberapa pedagang menyajikan batagor bersama timun atau sayuran lainnya. 

 

  • Kupat Tahu

Sumber: GRID.ID

Sesuai dengan namanya, kupat tahu merupakan sajian kombinasi ketupat dan tahu. Beberapa warung makan mengganti daun kelapa muda sebagai kemasan dengan bahan lain. Hal ini disebabkan keterbatasan dan pengaruh harga bahannya.

Kupat tahu disajikan bersama dengan siraman sambal kacang. Rasa makanan ini cenderung pedas dan gurih. Beberapa pedagang juga menambahkan kerupuk, bawang goreng, dan topping lain untuk membuat sajian ini lebih menarik.

Kupat tahu menjadi menu sarapan yang cukup populer di Kota Bandung. Bahkan warung-warung yang menjajakan kupat tahu hampir bisa ditemukan di setiap jalan raya di kota kembang tersebut.

 

  • Es Duren

Sumber : Pergikuliner

Es duren dapat dikatakan bukan makanan khas Kota Bandung atau masyarakat Sunda secara umum. Namun popularitas dan rasanya yang khas sangat diminati masyarakat Bandung. 

Hal tersebut membuat warung yang menjajakan es duren sebagai menu utama sangat banyak dan mudah ditemukan di kota kembang tersebut. Bahkan beberapa warung benar-benar hanya menyajikan menu es duren tanpa opsi kuliner lain.

Sebagai buah yang terkenal dengan harga tinggi, es duren juga dibanderol cukup tinggi untuk kategori minuman. Rata-rata es duren di Kota Bandung dijual mulai dari Rp12.000,- untuk porsi dasar. Pembeli bisa meminta topping sesuai dengan harga yang tersedia.

 

  • Nasi Kalong

Instagram @nasi_kalong

Berbeda dengan beberapa rekomendasi sebelumnya, Nasi Kalong bukan merupakan sajian generik di Kota Bandung. Sajian ini tersedia di sebuah resto atau warung makan yang populer di kota kembang tersebut.

Warung makan Nasi Kalong terletak di Batununggal, Kota Bandung. Uniknya, warung makan ini menyajikan menu nasi merah dengan berbagai lauk. Menu favorit di resto ini adalah rendang bistik sapi. Warung ini juga terkenal karena mengusung konsep makanan sehat rendah kalori.

 

  • Sapulidi Lembang

SUMBER: TEMPATWISATABANDUNG

Serupa dengan Nasi Kalong, kuliner Sapulidi Lembang juga bukan merupakan sajian generik di Kota Bandung. Sapulidi merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Bandung.

Namun popularitasnya membuat Sapulidi menjadi nama generik yang banyak diketahui masyrakat Bandung dan wisatawan. Lokasi ini menawarkan menu kelas menengah dan menengah ke atas yang khas dan lezat.

Menu yang ditawarkan di kawasan Sapulidi cenderung umum. Namun proses olahan dan bumbu khusus membuat rasanya sangat berbeda. Selain itu, daya tarik utama kuliner di Sapulidi adalah konsep makan di tengah sawah dan pemandangan alam.

 

Demikian ulasan berbagai kuliner di Kota Bandung. Beberapa rekomendasi tersebut dapat menjadi pedoman kuliner saat berkunjung atau bahkan menetap di ibu kota Jawa Barat tersebut.

 

Baca Juga :   7 Cemilan Kekinian Zaman Now, Enak dan Mudah Dibuat

Share :

Baca Juga

5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan

KULINER

5 Kuliner Khas Batam, Terbuat dari Bahan Pilihan
Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah

KULINER

Resep Olahan Daging Sapi Praktis dan Mudah
Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba

KULINER

Bakso Tutus Malang Super Enak Wajib Coba
5 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Wajib di Coba (Cookpad)

KULINER

5 Rekomendasi Kuliner Malam Surabaya Wajib di Coba
Angsle Terdekat di Kota Malang

KULINER

Angsle Terdekat di Kota Malang 100% Pasti Enak
10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling

KULINER

10 Rekomendasi Makanan Khas Lombok Saat Travelling
13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera

KULINER

13 Makanan Khas Riau yang Rasanya Menggugah Selera
4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus

KULINER

4 Resep Olahan Sagu Dijamin Maknyus