Home / TEKNOLOGI

Rabu, 9 Agustus 2023 - 14:00 WIB

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

- Penulis

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

Moccaapedia – Kehadiran situs web Text of Sound, dapat memudahkan Anda dalam membuat suara yang unik dan menarik berdasarkan pada text yang sudah Anda buat. Nah, sekarang pun ada banyak sekali situs web yang memiliki kemampuan untuk mengubah text menjadi suara loh.

Dan Moccaapedia sudah merangkum daftarnya di bawah ini.

 

Baca Juga :   Alasan dan Solusi Imbas dari TV Analog Diberhentikan

 

Rekomendasi Situs Text of Sound Gratis Buat Bikin Ringtone Unik

Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis
Bikin Ringtone Unik dengan Situs Text of Sound Gratis

Berikut ini adalah daftar situs Text of Sound terbaik dan pastinya bisa Anda gunakan secara gratis:

 

1. Google Translate

Siapa yang tidak tahu Google Translate. Pastinya Anda hanya tahu jika situs ini bisa digunakan untuk menerjemahkan kata kata atau kalimat ke beberapa Bahasa. Mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Korea dan banyak Bahasa lainnya yang tersedia.

Namun tahukah Anda, jika Google Translate juga merupakan pelopor platform penyedia teknologi TTS loh.

Dengan teknologi ini, Anda bisa mengubah teks yang sudah Anda terjemahkan menjadi audio. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 100 bahasa yang tersedia di dalam platform ini yang pastinya bisa Anda akses secara gratis.

Situs ini juga compatible untuk semua perangkat, sehingga semakin praktis dalam penggunaannya ya.

 

2. Google Cloud Text to Speech

Masih berasal dari milik Google, platform satu ini cukup berbeda dengan platform sebelumnya. Karena fungsi utama dari platform ini adalah untuk mengubah teks digital menjadi suara.

Untuk menggunakannya, Anda hanya cukup pergi ke situs https://cloud.google.com/text-to-speech/ lewat aplikasi peramban di HP, Laptop atau Tablet.

Lalu scroll ke bawah hingga menemukan tombol aksi Demo (Put Text-to-Speech into action).

Di sini Anda bisa menuliskan atau paste teks yang ingin diubah menjadi audio pada kolom yang sudah tersedia.

Lanjutkan dengan melakukan settingan pada beberapa menu sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari Language, Voice type, Voice name, Speed dan menu lainnya sesuai kebutuhan.

Lalu jika sudah, Anda bisa cek hasilnya terlebih dahulu dengan klik tombol perintah ‘SPEAK IT’.

Salah satu kelebihan dari situs web ini juga karena adanya fitur SSML atau Speech Synthesis Markup Language yang merupakan suatu format untuk mempersonalisasikan audio sintesis dari TTS.

Seperti settingan untuk membuat jeda, melafalkan angka dan settingan menarik lainnya sesuai kebutuhan Anda.

 

3. ResponsiveVoice.org

Situs Text of Sound yang cukup terkenal berikutnya adalah Responsive Voice. Kelebihan yang ada pada situs ini adalah karena intonasi dari suara yang dihasilkan hampir mirip dengan suara aslinya.

Sehingga dengan menggunakan situs web ini, maka teks yang Anda audiokan akan mendapatkan hasil yang lebih nyaman untuk didengar. Karena memiliki artikulasi yang cukup baik.

Bahkan hampir semua pengguna internet memberikan nilai 9 dari 10 untuk artikulasi narrator yang ada di situs web ini.

Cara penggunaannya pun, juga cukup mudah karena Anda tak perlu menginstall aplikasi. Cukup kunjungi situs web ResponsiveVoice.org.

Lalu masukkan teks yang akan Anda audiokan pada kolom yang sudah tersedia. Kemudian pilih Bahasa dan lanjut klik tombol perintah PLAY.

Namun perlu Anda tahu jika platform TTS ini memiliki kekurangan pada bagian titik dan koma. Karena narrator akan berhenti sendiri setelah mengucapkan 16 kata. Meskipun tidak ada titik atau koma. Sehingga hasil audio terkadang terdengar kurang tepat.

 

Baca Juga :   9 Game Terbaru 2023 yang Menarik untuk Dimainkan

 

4. Botika Text to Speech

Situs web Text of Sound ini merupakan buatan Indonesia yang wajib Anda coba. Botika Text to Speech ini sedikit berbeda dengan platform TTS sebelumnya. Karena hanya menyediakan fitur pilihan Bahasa Indonesia saja.

Meski begitu, tersedia dua pilihan suara yang bisa Anda gunakan. Yakni suara wanita dewasa yang terdengar lebih professional. Dan ada suara wanita muda yang terdengar lebih cepat.

Untuk menggunakan situs web berplatform TTS ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. namun ada pembatasan karakter yang diberlakukan oleh situs ini.

Sehingga jika Anda membutuhkan lebih banyak atau menambahkan jumlah karakter maka harus membeli paket berbayar.

Untuk menggunakan situs web ini, silahkan langsung buka situsnya di https://botika.online. Dan cara menggunakannya hampir sama dengan situs web sebelumnya.

 

5. Oddcast TTS Demo

Lanjut ada situs web yang bernama Oddcast yang dapat Anda gunakan bukan hanya pada versi situs web saja. Namun juga tersedia versi aplikasi yang bisa Anda download dan install di Android.

Jika dibandingkan dengan situs web sebelumnya, Oddcast TTS Demo ini memiliki intonasi suara yang terbilang lebih datar.

Untuk karakter yang bisa Anda audiokan juga cukup terbatas yakni sama seperti Google Translate yakni maksimal 600 karakter. Namun kelebihan yang ada pada Oddcast ini terletak pada fitur yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi audio yang Anda hasilkan dari teks.

Sehingga tidak mengherankan jika platform ini jadi salah satu platform yang disukai banyak orang.

Tersedia berbagai jenis suara mulai dari suara anak anak hingga orang dewasa. Anda juga bisa mengatur Bahasa yang ingin Anda gunakan. Serta menggunakan beberapa fitur yang tersedia seperti voice level hingga effect.

Untuk menggunakan situs web ini, Anda cukup mengunjungi link https://ttsdemo.com.

 

6. Sound of Text

Selanjutnya ada situs web yang bernama Sound of Text yang mana kelebihan dari situs ini terdapat pada tampilannya yang sederhana. Sehingga bisa dengan mudah Anda akses lewat HP atau Laptop.

Namun sayangnya, situs web ini hanya memiliki satu pilihan suara wanita dalam Bahasa Indonesia saja ya.

Meski begitu, untuk mengubah teks menjadi suara dengan menggunakan situs web ini caranya juga cukup mudah. Anda harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu di alamat, https://soundoftext.com.

Lalu masukkan teks ke dalam kolom yang sudah tersedia. Kemudian lanjutkan dengan mengubah file teks menjadi audio. Pilih menu Voice Bahasa Indonesia, kemudian klik tombol perintah Submit.

 

7. Free TTS

Rekomendasi Text of Sound kami jatuh pada platform TTS bernama Free TTS. Sesuai dengan namanya, platform ini menyediakan layanan pengubah teks menjadi audio secara gratis alias 100% free.

Meskipun gratis, namun Free TTS ini menyediakan setidaknya ada 4 suara wanita dan juga 4 suara pria yang bisa Anda gunakan dengan berbagai pilihan suara standar.

Kelebihan lainnya ada pada batasan teks yang bisa mencapai hingga 5000 karakter loh, tentu jumlah ini lebih banyak dari situs web berplatform TTS yang sudah kami bahas sebelumnya.

Menariknya lagi, di dalam situs web ini juga tersedia fitur SSML di dalam teks yang akan membuat suara menjadi lebih natural dan lebih hidup karena punya intonasi yang lebih bervariasi.

Untuk menggunakan situs web ini, silahkan kunjungi alamat situsnya di FreeTTS.com. Lalu masukkan teks yang ingin Anda audiokan. Kemudian atur beberapa settingan seperti voice dan Bahasa sesuai dengan kebutuhan.

 

Dengan menggunakan situs web berplatform Text of Sound ini, kini Anda akan lebih mudah dalam mengubah teks menjadi audio ya.

 

Baca Juga :   Miliki Sekarang Kulkas 1 Pintu Semakin Canggih Dengan 3 Fitur Pada Kulkas Belleza!

Share :

Baca Juga

Aplikasi Anti Blokir Terbaik dengan Fitur VPN

TEKNOLOGI

Aplikasi Anti Blokir Terbaik dengan Fitur VPN
Super Cepat, Ini Kelebihan dan Fitur Menarik Mises Browser

TEKNOLOGI

Super Cepat, Ini Kelebihan dan Fitur Menarik Mises Browser
Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel

TEKNOLOGI

Cara Nembak WiFi dengan Router Tanpa Kabel Gampang & Aman
Cara Transfer Data Samsung ke Samsung yang Gampang Banget

TEKNOLOGI

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A3S dengan Mudah
Yuk, Mengenal Menu Insert dan Fungsinya

TEKNOLOGI

Yuk, Mengenal Menu Insert dan Fungsinya
Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

TEKNOLOGI

Fungsi Adaptor, Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya
Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?

TEKNOLOGI

Seberapa Penting Peran AI di Dunia Pendidikan?
10 Rekomendasi Jet Cleaner Terbaik dan Tips Memilihnya

TEKNOLOGI

10 Rekomendasi Jet Cleaner Terbaik dan Tips Memilihnya