Home / FASHION

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:18 WIB

Macam-Macam Hijab Wanita Trendi, Ada Pashmina!

- Penulis

Macam-Macam Hijab Wanita Trendi, Ada Pashmina

Macam-Macam Hijab Wanita Trendi, Ada Pashmina

Moccaapedia Dunia fashion terus mengalami perkembangan termasuk hijab. Hal ini terlihat dari macam-macam hijab yang ada di toko hijab. Belum lagi para influencer yang menggunakan model hijab terbaru sehingga mempengaruhi para perempuan di luar sana.

Contohnya adalah square hijab dan pashmina yang kini semakin populer. Tentu saja ada inovasi baru baik dari segi bahan, model, inovasi, motif, maupun kombinasi lainnya. Selain itu hijab syar’i juga semakin banyak penggemarnya.

Baca Juga :   5 Model Baju Kebaya Modern Cantik dan Sederhana

Macam-Macam Hijab

Macam-Macam Hijab Wanita Trendi, Ada Pashmina
Macam-Macam Hijab Wanita Trendi, Ada Pashmina

Berkembangnya fashion hijab membawa kabar baik bagi masyarakat yang mayoritas Muslim seperti Indonesia. Kesadaran akan tampil sesuai dengan syariat sehingga mulai banyak orang yang menggunakan jilbab. Lantas apa saja model hijab saat ini? Berikut penjelasannya.

1. Pashmina

Pashmina merupakan hijab dengan bentuk persegi panjang yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya. Kerudung pashmina sendiri adalah hijab yang memiliki model fleksibel dan Anda dapat membentuknya menjadi beberapa model hijab.

Bisa menjadi kerudung syar’i, kerudung biasa, maupun turban yang saat ini sedang trendi. Pashmina sendiri sudah populer sejak lama dalam dunia fashion. Hanya saja fungsinya berbeda. Kalau dulu berfungsi untuk menutup bagian atas tubuh dan leher saat udara dingin.

Warga di beberapa negara menggunakan pashmina saat musim dingin agar merasa lebih hangat. Adapun fungsi lain dari kerudung pashmina adalah sebagai berikut.

  • Menjadi Aksesoris

Pashmina bisa menjadi aksesoris kalau Anda mengenakannya untuk syal atau melampirkannya di bahu agar lebih feminim. Selain itu, kerudung pashmina juga bisa Anda ikat di pinggang seperti rok.

  • Meringkas Hijab

Fungsi lain dari pashmina adalah meringkas hijab dengan mengenakan ciput. Caranya adalah dengan mengenakan ciput dulu baru mengenakan pashmina untuk penutup kepala. Sekarang sudah ada banyak model pashmina yang sangat simpel.

  • Membuat Penampilan Menjadi Lebih Elegan

Terakhir adalah membuat penampilan menjadi elegan karena bahan pashmina sangat cantik. Pilihan warnanya juga beragam yang membuat penampilan bisa menjadi lebih feminim.

2. Scarf

Macam-macam hijab baru selain pashmina adalah scarf yang berbentuk persegi panjang dan bentuknya lebih panjang dari pashmina. Bahan pembuatan scarf lebih ringan dan tipis jadi banyak digunakan oleh anak-anak muda.

Selain itu scarf memiliki banyak motif dan warnanya segar yang akan membuat penampilan Anda menjadi lebih stylish. Bahkan ada scarf dengan motif bolak-balik yang bisa menyesuaikan dengan penampilan. Di bawah ini ada beberapa bahan pembuatan hijab scarf.

  • Ultrafine Voile

Ultrafine Voile merupakan bahan yang tampaknya kasar padahal teksturnya halus saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu ketebalannya juga bagus jadi terasa adem ketika digunakan.

  • Baby Paris Turkey

Selain ultrafine voile ada lagi bahan lain yaitu baby paris turkey yang memiliki tekstur lembut sehingga Anda bisa membuat model hijab apapun. Baby paris turkey juga tampak mengkilap sehingga tampak elegan.

Anda bisa menggunakannya dengan mengikat hijab di belakang leher. Bahannya yang nyaman dan tidak mudah lecek akan membuat Anda merasa nyaman saat memakainya sehingga tidak akan sesak nafas.

  • Cerruti

Bahan lain adalah dari cerruti yang tampak elastis dan terlihat stylish. Cerruti merupakan bahan terbuat dari crepe, sifon, dan serat polyester dan terasa halus. Agar hijab tidak rusak Anda perlu melakukan perawatan khusus.

 

Baca Juga :   Urutan Penggunaan Skincare yang Benar, Biar Kulit Terawat

 

3. Khimar

Khimar termasuk salah satu macam-macam hijab yang digandrungi banyak orang saat ini. Hijab ini merupakan golongan hijab syar’i yang panjangnya menutupi perut depan bahkan ada yang sampai betis bagian belakang.

Hijab khimar sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin tampil syar’i namun tetap anggun. Tujuan penggunaan khimar adalah untuk menutupi lekuk tubuh wanita secara keseluruhan.

Sekarang khimar hadir dalam berbagai gaya dan bentuk yang dipengaruhi oleh perubahan zaman. Oleh karena itu, para desainer khimar melakukan inovasi terkait model khimar agar fungsinya tidak berubah namun tetap stylish. Kalau Anda ingin mengenakan khimar bisa simak beberapa rekomendasi modelnya di bawah ini.

  • Khimar Bolak-Balik

Khimar bolak-balik artinya khimar tersebut memiliki sisi yang sama dan dapat Anda pakai secara bergantian. Terdapat dua warna dari khimar tersebut misalnya layer pertama berwarna fanta dan layer kedua berwarna silver.

  • Khimar Layering

Model khimar kedua adalah khimar layering yang terdiri dari dua atau lebih lapis kain dan dijahit menjadi satu. Bahan pembuatan khimar layering adalah chiffon yang kainnya cenderung jatuh dan halus.

  • Khimar Rempel

Model khimar rempel ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka ribet. Sesuai dengan namanya, khimar ini memiliki rempel di beberapa bagian dan bisa Anda pakai untuk hangout bersama teman-teman. Mengenakan khimar rempel akan membuat penampilan Anda menjadi lebih elegan.

  • Khimar Paris

Terakhir adalah model khimar paris atau french khimar yang sekarang sedang naik daun. Khimar paris merupakan perpaduan dari oversized tunic dan khimar instan. Di Indonesia sendiri model hijab seperti ini tersedia dalam berbagai warna lembut dan bahan pembuatannya berbeda-beda.

 

4. Square Hijab

Macam-macam hijab cewek ada square hijab yang termasuk hijab klasik. Walaupun sempat terlupakan karena adanya hijab langsung, tetapi square hijab kembali mendapatkan tempat di hati perempuan.

Square hijab terbuat dari bahan yang lembut, halus, dan jatuh sehingga membuat pemakainya nyaman. Anda bisa mendapatkan hijab square di pasaran dengan berbagai warna dan ukuran. Ciri khas dari hijab jenis ini adalah terbuat dari bahan katun yang tidak akan mengganggu aktivitas.

Walaupun bahannya tipis tetapi tidak menerawang karena serat kainnya lebih rapat daripada kerudung paris. Selain katun, hijab square terbuat dari bahan double hycon yang sifatnya tidak jauh berbeda dari katun.

Keuntungan membeli hijab square adalah mudah dibentuk sesuai dengan keinginan karena bahannya ringan. Anda bisa mengkreasikan jilbab agar sesuai dengan pakaian yang Anda kenakan. Dengan cara ini kepercayaan diri akan meningkat karena square hijab membuatnya tampak cantik.

 

5. Bergo

Bergo termasuk salah satu macam-macam hijab yang laris di pasaran. Jenis hijab ini juga terkenal sangat praktis sehingga peminatnya terus meningkat. Cara pemakaiannya juga mudah karena Anda tidak perlu menggunakan jarum pentul atau peniti.

Lalu bagaimana dengan kain pembuatan hijab bergo? Apakah berkualitas seperti jenis hijab di atas? Ini dia bahan-bahan untuk membuat jilbab model bergo.

  • Hyget

Hyget adalah bahan yang mengandung polyester sehingga terlihat agak mengkilap dan tahan lama asalkan Anda merawatnya dengan benar. Sifatnya yang ringan membuat bahan hyget cocok untuk berbagai acara.

  • Sutra

Kain sutra juga bisa untuk membuat bergo karena terbuat dari protein alami sehingga bahannya jatuh dan teksturnya lembut. Kesulitannya ada pada perawatan karena menggunakan cara khusus agar jilbab tidak mudah rusak.

  • Chiffon

Bahan berikutnya adalah kain chiffon yang memiliki tekstur halus dan tipis. Hanya saja menggunakan hijab bergo dari chiffon terasa agak panas. Namun, kerudung ini bisa menjadi alternatif saat Anda ingin menghadiri acara semi formal.

 

Sekarang Anda tidak bingung lagi bukan memilih hijab? Macam-macam hijab di atas bisa menjadi referensi kalau ingin tampil lebih stylish di berbagai acara.

 

Baca Juga :   Cara Memilih dan Daftar Peralatan Makeup Berkualitas Original

Share :

Baca Juga

Daftar Kain Anti Kusut (Amazonaws)

FASHION

5 Jenis Kain Anti Kusut, Lembut dan Bagus, Kalian Wajib Tau!!
5 Desainer Ternama Indonesia yang Karyanya Dikenal Dunia

FASHION

5 Desainer Ternama Indonesia yang Karyanya Dikenal Dunia
Urutan Penggunaan Skincare yang Benar, Biar Kulit Terawat

FASHION

Urutan Penggunaan Skincare yang Benar, Biar Kulit Terawat
Wajib Tahu, Ini Loh Daftar 10 Brand Skin Care Terbaik dan Aman

FASHION

Wajib Tahu, Ini Loh Daftar 10 Brand Skin Care Terbaik dan Aman
Jenis-Jenis Rok Khusus Wanita, Jadi Makin Stylish

FASHION

Jenis-Jenis Rok Khusus Wanita, Jadi Makin Stylish
7 Jenis Batik Modern di Indonesia, Sangat Populer!!

FASHION

7 Jenis Batik Modern di Indonesia, Sangat Populer!!
Jenis Sweater Untuk Meningkatkan Penampilan Anda

FASHION

Jenis Sweater Untuk Meningkatkan Penampilan Anda
4 Inspirasi Dress Kondangan Agar Tampil Maksimal

FASHION

4 Inspirasi Dress Kondangan Agar Tampil Maksimal