Home / FASHION

Kamis, 13 Juli 2023 - 12:32 WIB

5 Jenis Kain Katun Berkualitas di Pasaran, Apa Saja?

- Penulis

5 Jenis Kain Katun Berkualitas di Pasaran, Apa Saja?

5 Jenis Kain Katun Berkualitas di Pasaran, Apa Saja?

Moccaapedia – Jenis kain katun ada beraneka ragam dan kualitasnya sama-sama baik. Hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang suka dengan kain katun sehingga menjadikannya pakaian. Desainer sering menggunakan katun untuk membuat pakaian agar hasilnya bagus.

Katun merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan serat alami tumbuhan kapas atau dengan nama lain gossypium. Jadi, kalau Anda ingin membuat pakaian baru bisa menggunakan kain katun yang rasanya nyaman dan memiliki banyak variasi.

 

Baca Juga :   5 Trend Hijab Kekinian dan Simpel, Wajib Intip !!

 

Jenis Kain Katun

5 Jenis Kain Katun Berkualitas di Pasaran, Apa Saja?
5 Jenis Kain Katun Berkualitas di Pasaran, Apa Saja?

 

Kain katun merupakan bahan dasar yang sering untuk membuat pakaian karena kualitasnya bagus. Ada berbagai macam jenis kain katun yang bisa Anda pilih dan semuanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti berikut ini.

 

  1. Katun Combed

Salah satu jenis kain katun terbaik adalah katun combed yang menjadi bahan dasar pembuatan kaos. Bahannya adem, gampang menyerap keringat, dan nyaman saat Anda pakai. 100% bahan pembuatan katun combed adalah serat kapas.

Oleh karena itu, ketika Anda memegang bahannya akan terasa sangat halus karena sudah melalui proses penyisiran sebelum menjadi gulungan benang. Ini juga yang membuat katun combed harganya lebih mahal daripada katun jenis lainnya.

Adapun jenis-jenis dari katun combed ada 20s, 24s, 30s, dan 40s. Tentunya semua bahan-bahan tersebut memiliki perbedaannya masing-masing. Berikut penjelasan mengenai keempat bahan katun combed di atas.

  • Cotton Combed 20s

Cotton combed 20s adalah katun yang paling tebal, paling baik, dan kualitasnya top. Ketebalannya mencapai 180 hingga 220 gram/m2. Harganya paling mahal daripada katun combed lainnya karena memang teksturnya nyaman.

  • Cotton Combed 24s

Jenis kedua adalah cotton combed 24s yang paling sering digunakan khususnya para pekerja konveksi untuk membuat pakaian. Ketebalannya 170 sampai 210 gram/m2 dan harganya juga terjangkau.

  • Cotton Combed 30s

jenis kain katun combed berikutnya adalah cotton combed 30s yang tipis karena ketebalan maksimal hanya 160 gram/m2. Jadi tidak heran saat Anda memegang kain ini rasanya sangat ringan.

  • Cotton Combed 40s

Terakhir adalah cotton combed 40s yang tipis namun kualitasnya tidak mengecewakan. Harganya terjangkau dan lebih cocok digunakan untuk membuat pakaian musim panas karena tipis.

 

  1. Kain Katun Flanel

Kalau Anda ingin mencoba bahan katun lainnya bisa menggunakan katun flanel. Cara membuat bahan katun flanel adalah dengan teknik tenun plain weave atau teknik tenunan silang polos. Kain berbahan flanel sendiri ada yang polos dan bermotif. Di bawah ini adalah ciri-ciri dari bahan flanel.

  • Cocok untuk berbagai jenis cuaca khususnya saat musim dingin
  • Cenderung gampang dijahit karena teksturnya tidak terlalu kaku
  • Memiliki sifat yang hampir sama dengan bahan babyterry jadi terasa hangat dan nyaman
  • Tidak terlalu tebal, agak berbulu, dan terasa lembut
  • Dapat menyerap keringat dan rasanya sangat adem

Pemanfaatan jenis kain katun flanel ini biasanya untuk kemeja pria, gamis, celana katun, dress katun, jas, jaket, topi, baju piyama, dan rok. Orang-orang lebih suka menggunakan kain flanel dengan motif kotak-kotak.

 

Baca Juga :   5 Jenis Kain Anti Kusut, Lembut dan Bagus, Kalian Wajib Tau!!

 

  1. Kain Katun Rayon

Rayon merupakan nama jenis kain katun yang bagus untuk pakaian. Kain katun jenis rayon ini harganya lebih terjangkau daripada kain lainnya dan sering digunakan untuk pengusaha konveksi. Rayon sendiri merupakan jenis kain yang terbuat dari perpaduan bahan katun dan rayon.

Kombinasi kedua bahan tersebut menghasilkan kain yang nyaman dan adem. Selain itu bahan bakunya adalah dari serat kapas dan selulosa tumbuhan. Berikut ini pemanfaatan katun rayon dalam dunia fashion.

  • Rok

Ada banyak rok yang terbuat dari bahan katun rayon dan hasilnya akan terlihat tampak elegan. Oleh karena itu, banyak wanita yang menggunakan rok rayon apalagi jika Anda mengkombinasikannya dengan pakaian formal.

  • Gamis

Buat Anda yang suka memakai gamis tidak ada salahnya untuk membeli gamis berbahan dasar rayon. Gamis cocok untuk berbagai jenis acara entah formal atau non formal dan sedang menjadi tren untuk saat ini.

  • Dress

Selain gamis dan rok, bahan rayon juga untuk membuat dress. Dress dapat dipakai untuk acara pesta, pernikahan, rapat, dan sebagainya. Anda bisa memilih model dress apapun sesuai dengan kebutuhan.

  • Blus Wanita

Sebagai salah satu jenis kain katun yang bagus, bahan rayon cocok untuk membuat blus wanita. Blus berfungsi untuk menutup bagian atas wanita dan modelnya rata-rata simpel. Tentu saja seiring dengan berkembangnya zaman, model blus wanita juga berubah.

  • Baju Koko dan Kemeja

Terakhir adalah sebagai bahan dasar pembuatan pakain laki-laki yaitu kemeja dan baju koko. Apabila menggunakan baju koko atau kemeja tampilannya akan lebih modis. Baju koko dan kemeja tentu saja cocok untuk acara-acara formal.

Beberapa kelebihan dari bahan katun rayon adalah mampu menyerap keringat dengan baik, tekstur kainnya sangat halus, memiliki warna yang indah, dan cara perawatannya juga terbilang mudah.

 

 

  1. Kain Katun Jepang

Rekomendasi jenis kain katun berikutnya adalah kain katun Jepang yang harganya mahal namun mampu memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Katun Jepang lebih cocok untuk membuat gamis karena warnanya mengkilap dan tekstur kainnya juga sangat lembut. Kelebihan dari katun berbahan rayon adalah sebagai berikut.

  • Tersedia Banyak Motif

Katun Jepang menyediakan banyak pilihan motif mulai dari polkadot, bunga-bunga, dan sebagainya. Jadi, Anda bisa memilih motif mana saja yang disuka untuk membuat pakaian. Misalnya ingin membuat gamis bisa menggunakan rayon motif bunga-bunga.

  • Terasa Lembut di Kulit

Selain tersedia dalam banyak motif, katun Jepang juga terasa lembut di kulit jadi mampu memberikan rasa nyaman. Kelembutan ini karena adanya penggunaan serat kapas asli tanpa campuran bahan sintetis lainnya sehingga termasuk kain dari kelas eksklusif.

  • Ukurannya Tebal

Tidak jauh berbeda dari katun combed 20s, katun Jepang juga terbilang tebal. Hal ini karena pada umumnya katun Jepang memiliki kerapatan yang padat. Anda bisa membandingkannya dengan cara menyorotkan cahaya pada katun lokal dan katun Jepang.

Nantinya Anda akan melihat pada kain mana sinar matahari tersebut dapat tembus. Hal ini sudah membuktikan betapa tebalnya katun Jepang, walaupun tebal namun katun Jepang memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik sehingga tidak akan merasa kegerahan.

  • Nyaman Digunakan

Kelebihan terakhir adalah terasa nyaman saat digunakan sehari-hari. Hal ini karena katun Jepang memiliki daya serap keringat yang tinggi. Anda bisa menggunakannya kapan saja seperti saat musim panas.

 

  1. Kain Katun Toyobo

Toyobo merupakan salah satu jenis kain katun yang mungkin jarang sekali Anda dengar. Walaupun begitu, mungkin saja Anda tidak sadar kalau ada pakaian yang terbuat dari bahan katun toyobo.

Karakteristik dari katun toyobo adalah lembut, glossy, serat kain tebal, tidak transparan, tidak licin walaupun berkilau, dan rasanya adem saat Anda pakai.

Hal yang paling membedakan katun toyobo dengan katun lain adalah terdapat serat benang yang berbentuk menyilang seperti pada kain ima premium. Adapun kelebihan dari penggunaan katun toyobo adalah sebagai berikut.

  • Cocok untuk pakaian laki-laki maupun perempuan
  • Awet
  • Menyediakan banyak pilihan warna
  • Terbuat dari serat alam dan lebih tebal dari katun Jepang
  • Tidak gampang kusut

Berbagai jenis kain katun tersebut bisa menjadi rekomendasi apabila Anda ingin membuat pakaian. Carilah bahan yang murah dan berkualitas tinggi seperti katun.

 

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Noda Lunturan di Baju Putih

Share :

Baca Juga

5 Ide Outfit Hijab untuk Nongkrong Bareng Teman

FASHION

5 Ide Outfit Hijab untuk Nongkrong Bareng Teman
5 Inspirasi Style Hijab Hari Raya, Makin Cantik!

FASHION

5 Inspirasi Style Hijab Hari Raya, Makin Cantik Mempesona
Hampers pemateri buku notebook

FASHION

8 Hampers Pemateri Yang Cocok Dijadikan Sebagai Souvenir Untuk Narasumber di Seminar
Urutan Penggunaan Skincare yang Benar, Biar Kulit Terawat

FASHION

Urutan Penggunaan Skincare yang Benar, Biar Kulit Terawat
daftar peralatan makeup

FASHION

Cara Memilih dan Daftar Peralatan Makeup Berkualitas Original
5 Cara Memakai Kemeja Pria Agar Tampil Stylish

FASHION

5 Cara Memakai Kemeja Pria Agar Tampil Stylish!
7 Inspirasi Baju Hari Raya Remaja Perempuan

FASHION

7 Inspirasi Baju Hari Raya Remaja Perempuan, Maju Mundur Cantik
7 Inspirasi Baju Hari Raya Laki-Laki, Makin Ganteng

FASHION

7 Inspirasi Baju Hari Raya Laki-Laki, Makin Ganteng