Home / FINANCE

Kamis, 13 Juli 2023 - 14:00 WIB

Ketahui Apa itu Kripto? Dan Tips Investasinya

- Penulis

Ketahui Apa itu Kripto Dan Tips Investasinya

Ketahui Apa itu Kripto Dan Tips Investasinya

MoccaapediaSekarang ini, ada banyak sekali orang yang tertarik investasi di dunia online dengan membeli kripto, lalu sebenarnya apa itu kripto? Nah, untuk itulah di sini Moccaapedia akan berusaha memberikan ulasan mengenai cryptocurrency dan tips investasinya ya.

Kripto atau dalam Bahasa Inggrisnya cryptocurrency ini merupakan sebuah aset digital. Sekarang ini, ada banyak sekali orang, terutama generasi muda yang sudah melek teknologi, mulai melirik pasar cryptocurrency.

Namun meski pasar ini sangat menggiurkan dan bisa memberikan banyak keuntungan, ada baiknya jika Anda simak ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Agar Anda tahu seluk beluk di dalam dunia cryptocurrency serta bagaimana tips investasi yang aman. Agar terhindar dari kerugian.

 

Baca Juga :   Super Mudah dan Cepat Cara Cek Bantuan UMKM

 

Apa Itu Kripto? Dan Ciri Khasnya

Ketahui Apa itu <yoastmark class=

Cryptocurrency atau kripto itu sendiri merupakan sebuah aset digital yang sudah memakai teknologi enkripsi atau cryptography. Agar bisa menciptakan transaksi yang aman. Sekaligus mengontrol penciptaan unit baru.

Kripto sendiri memang hadir sebagai alternatif dari mata uang tradisional yang selama ini Anda gunakan, yang mana mata uang ini dikendalikan oleh bank sentra. Maupun Lembaga keuangan yang lainnya ya.

Cryptocurrency sendiri memiliki ciri khas yakni desentralisasi. Artinya tidak ada satu bank atau satu pihak maupun entitas satu pun, yang memiliki kontrol atau kendali penuh terhadap jaringan cryptocurrency di dunia.

Namun sebagai penggantinya, transaksi cryptocurrency ini sendiri terproses dengan menggunakan jaringan pengguna yang sudah terdesentralisasi. Dengan memakai teknologi blockchain.

Nah, salah satu cryptocurrency yang paling terkenal dan tinggi nilainya saat ini adalah Bitcoin. Bitcoin ini sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 lalu. Selain Bitcoin, ada cryptocurrency lainnya yang juga terkenal seperti Litecoin, Ethereum, Ripple dan masih banyak yang lainnya karena ada ratusan mata uang kripto yang ada di dunia.

Cryptocurrency sendiri dapat Anda jual dan beli dengan menggunakan pembayaran online maupun offline dengan nilai yang bisa berubah-ubah. Nilai cryptocurrency pun bisa berubah dengan sangat cepat, yang terjadi karena beberapa faktor seperti pasar dan permintaan.

Meski sangat menggiurkan, namun agar tidak tertipu dan mengalami banyak kerugian, maka Anda bisa memperhatikan tips investasi di mata uang kripto berikut ini.

 

Tips Investasi Kripto Aman untuk Pemula

Ketahui Apa itu <yoastmark class=

Pada dasarnya, investasi di mata uang kripto sendiri hanya dapat Anda lakukan dengan membeli lalu menjualnya kembali. Investasi ini sendiri tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan apalagi jika Anda melakukannya tanpa strategi.

Karena bisa saja Anda akan mengalami kerugian yang besar.

Untuk itu, cobalah simak tips berikut ini sebelum Anda investasi kripto:

 

Baca Juga :   Promo Terbatas dan Cara Daftar Akun Free Swap Trading DCFX

 

1. Mencari Broker Kripto BAPPEBTI Terbaik dan Terdaftar OJK

Hingga saat ini, ada banyak sekali platform yang sudah hadir di tengah Anda akan tetapi belum tentu semuanya aman dan bisa Anda percayai, sehingga jangan mudah terkecoh dengan penawaran yang menggiurkan ya. Sebaiknya cari broker kripto terbaik dengan cara melihat keamanan dan regulasinya.,

Broker terbaik harus mempunyai protokol keamanan yang kuat serta sudah harus teregulasi dengan otoritas yang berwenang. Seperti OJK dan BAPPEBTI.

Kemudian Anda juga bisa membandingkan biaya yang broker kenakan karena akan memberikan pengaruh pada keuntungan yang nanti Anda dapatkan. Sehingga Anda bisa memilih broker yang paling sesuai dengan membandingkan biayanya.

Broker yang terpercaya juga harus mempunyai reputasi serta pengalaman yang baik. Terutama dalam melayani investor pada pasar kripto. Untuk mengetahuinya, Anda dapat membaca ulasan pengguna. Atau bisa juga dengan memeriksa situs resmi broker tersebut untuk mengetahui pengalaman dan reputasinya ya.

Jangan lupa juga untuk memastikan jika broker yang Anda pilih sudah menyediakan akses ke aset kripto yang ingin Anda perdagangkan. Karena ada broker yang menawarkan akses ke banyak aset kripto sedangkan yang lain hanya penyedia beberapa aset kripto saja.

Untuk memastikan Anda mendapatkan akses yang mudah, pilihlah broker yang memberikan dukungan pelanggan 7 hari 24 jam. Sehingga bisa membantu Anda kapan saja Anda butuhkan ketika sedang mengalami masalah.

 

2. Mengetahui Bagaimana Cara Kerja Aset Kripto

Setelah Anda menemukan broker yang tepat, maka yang wajib Anda lakukan berikutnya adalah dengan mengetahui bagaimana cara kerja aset kripto. Karena pada dasarnya pasar aset kripto sering sekali beroperasi dengan memakai cara yang berbeda dengan pasar keuangan yang sudah Anda kenal sebelumnya.

Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui atau bahkan harus mempelajari dan memahami bagaimana cara kerja mata uang kripto. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk mencoba dunia trading dan berinvestasi.

Ketika aset kripti Anda beli atau jual, maka transaksi pun akan ditambahkan menuju ke blockchain. Sedangkan ledger akan terdesentralisasi untuk mencatat semua transaksi. Ketahui juga sifat fluktuatif yang ada pada mata uang ini.

Karena ada banyak sekali hal yang mempengaruhi mata uang kripto seperti harganya, maka Anda harus benar benar mempelajari dan memahami cara kerjanya.

 

3. Membangun Strategi dan Teknik Trading

Dengan mempunya strategi dan teknik, maka Anda akan bisa memperoleh keuntungan yang besar. Caranya adalah dengan melihat berapa jumlah volatilitasnya.

Jika volatilitasnya tinggi, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan aset kripto apa yang harus Anda perdagangkan. Termasuk teknik trading yang nantinya bisa Anda pakai ketika trading.

 

4. Memperhatikan Kondisi Pasar

Wajib Anda ketahui juga, apabila aset kripto ini beroperasi selama 24 jam dan 7 hari penuh. Dengan begitu, artinya Anda tidak dapat menentukan waktu terbaik untuk melakukan trading ya.

Sebab ada perubahan harga yang akan terus menerus sehingga nantinya akan dapat memberikan pengaruh pada keuntungan yang akan Anda peroleh.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda wajib untuk mengerti dan memahami kondisi pasar. Sekaligus mengetahui pergerakan jenis kripto yang ingin Anda beli atau jual.

Terutama jika aset kripto tersebut diperdagangkan di seluruh dunia ya.

 

5. Melakukan Pembelian Ketika Harga Anjlok

Sebenarnya, Anda bisa memulai investasi cryptocurrency dengan sangat mudah. Asalkan Anda mengetahui tipsnya. Karena dengan begitu, Anda akan dapat meraup banyak sekali keuntungan.

Terutama jika Anda membeli cryptocurrency ketika harganya sedang anjlok. Sehingga waktu yang paling tepat dan menguntungkan adalah dengan membeli cryptocurrency ketika harganya sedang rendah.

Lalu jual kembali ketika harganya sudah naik. Karena prinsip investasi cryptocurrency adalah membeli saat harga rendah dan menjual ketika harganya sedang naik.

Selain itu, ketika cryptocurrency sedang melemah harganya, Anda dapat memanfaatkannya dengan meningkatkan portofolio aset kripto.

Ketika Anda membelinya dengan harga yang murah maka pastikan jika Anda menyimpan koin cryptocurrency tersebut hingga nanti pada saat harganya naik kembali.

Dengan begitu, Anda akan bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda bukan. Terutama jika harganya mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

 

Dengan mengetahui apa itu kripto, beserta dengan cara investasi yang aman. Maka pastinya akan dapat menghindarkan Anda dari kerugian. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda mempelajari dan memahaminya lebih lanjut. Sebelum memutuskan untuk investasi di bidang cryptocurrency.

 

Baca Juga :   Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Share :

Baca Juga

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada

FINANCE

Cara Mendaftar Jadi Reseller Lazada, Ternyata Gampang Banget
5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?

FINANCE

5 Tips Beli IPO Saham Agar Tidak Rugi, Siapa Pemiliknya?
Kesalahan Finansial bagi Karyawan

FINANCE

Kesalahan Finansial bagi Karyawan yang Jarang Disadari
5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

FINANCE

5 Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

FINANCE

Punya Modal Kecil? Begini Cara Membuka Bisnis Rental Mobil
Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

FINANCE

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing? Dan Keuntungannya
Cara Jualan Follower Instagram

FINANCE

Cara Jualan Follower Instagram, Bisnis Mudah Banyak Cuan
Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang

FINANCE

Ini Loh, Cara Cairkan Poin Allo Bank 100% Gampang