Home / FINANCE

Kamis, 27 April 2023 - 16:00 WIB

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing? Dan Keuntungannya

- Penulis

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

Moccaapedia – Multi Level Marketing atau terkenal dengan singakatan MLM adalah sebuah bisnis berkonsep jaringan yang populer di dunia, lalu apa itu bisnis multi level marketing dan apa saja keuntungannya?

Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah mendengar istilah MLM. Tapi masih banyak yang mungkin belum tahu pengertian lengkap mengenai bisnis MLM dan bagaimana cara kerjanya.

 

Baca Juga :   Inilah Dampak BBM Naik, Harga Barang Melonjak Tinggi!

 

Apa itu Bisnis Multi Level Marketing?

Apa itu <yoastmark class=

MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing yang merupakan sebuah model usaha dengan pemasaran berjenjang. Bisnis ini memiliki strategi pemasaran dengan penjual atau sales tidak hanya akan memperoleh penghasilan dari produk jualannya saja.

Melainkan juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan anggota lain yang sudah direkrut terlebih hadulu.

Dengan mengusung sistem pemasaran berbentuk piramida yang terdiri dari dua jenis keanggotannya, yakni upline yang merupakan anggota di level teratas. Upline bisa berada di posisi atas setelah berhasil merekrut orang lain untuk gabung ke bisnis tersebut.

Semakin banyak anggota yang bergabung maka semakin tinggi juga levelnya dan tentu saja komisi yang didapatkan akan semakin besar.

Sedangkan downline adalah member atau anggota yang berada di atas upline. Downline juga bisa naik ke level upline setelah berhasil merekrut anggota baru.

Sehingga bisnis ini disebut juga dengan bisnis jaringan. Strategi marketing ini pun dianggap sebagai strategi pemasaran yang memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan.

 

Cara Kerja Multi Level Marketing

Apa itu <yoastmark class=

Bisnis MLM bekerja dengan menggunakan model pemasaran yang dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan sistem yang terdiri dari beberapa level. Perekrutan pada bisnis ini sendiri dilakukan oleh member atau anggotanya secara langsung.

Secara umum seorang distributor akan merekrut anggotanya dengan mengatadakan acara atau event terbaik dengan produk yang ditawarkannya. Jika ada yang tertarik pada produk yang dia jual, maka distributor tersebut akan menawarkan skema kerja perusahaannya.

Dengan tujuan untuk mengajak bergabung sehingga nantinya member yang berhasil direkrut tersebut akan menjadi downlinenya. Untuk bisa bergabung biasanya calon anggota harus melakukan pembelian inventaris dan biaya awal untuk bergabung.

 

Keuntungan Bisnis Multi Level Marketing

Apa itu <yoastmark class=

Bisnis ini dianggap memiliki banyak keutungan sehingga ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan metode pemasaran ini dan berikut adalah keuntungannya:

 

1. Modal Tidak Besar

Pada dasarnya untuk bergabung sebagai anggota Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk mulai berbisnis. Karena Anda hanya harus membeli inventaris produk dan biaya pendaftaran.

Bahkan ada perusahaan yang biaya pendaftarannya sudah termasuk ke dalam pembelian produk pertama yang nantinya bisa Anda jual kembali.

Jadi bisnis ini bahkan tidak membutuhkan modal untuk bisa menjual barang berkualitas.

 

2. Tidak ada Perantara

Bisnis ini tidak melibatkan perantaran karena itu konsumen bisa mendapatkan produknya secara langsung ke perusahaan dengan harga yang sama.

 

3. Santai dan Fleksibel

Tidak ada waktu bekerja dalam bisnis ini, Anda bisa menjalankan bisnis MLM sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Karena bisa dijalankan dengan santai dan fleksibel maka tak heran jika penggiat bisnis ini kebanyakan adalah ibu rumah tangga.

 

4. Risiko Kerugian Lebih Kecil

Dengan modal yang terbilang sedikit, maka sudah pasti risiko kerugiannya pun terbilang kecil ya. Jadi aman untuk belajar bisnis bagi pemula.

Karena modal yang dikeluarkan dalam bisnis MLM lebih sedikit, maka risiko yang bisa Anda dapatkan juga akan lebih kecil.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Bisnis Networking dan Cara Kerjanya

 

Kekurangan Bisnis Multi Level Marketing

Apa itu <yoastmark class=

Meski banyak keuntungan, nyatanya bisnis ini juga memiliki kekurangan loh, antara lainĀ  seperti:

 

1. Sulit Berkembang

Dengan sistem perekrutan dan penjualan dari orang ke orang, sudah pasti bisnis ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkembang untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Sehingga membutuhkan kesabaran ekstra untuk menjalani bisnis ini.

 

2. Keuntungan yang Terbilang Rendah

Karena sulit berkembang dan butuh waktu lama, sudah pasti keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis ini cukup kecil ya. Karena penghasilan yang Anda dapatkan hanya berasal dari produk yang berhasil terjual.

 

3. Banyak Penipuan

Karena pengetahuan tentang bisnis ini cukup minim, banyak oknum yang mengambil kesempatan untuk melakukan penipuan. Apalagi syarat untuk menjadi anggota tidak terlalu sulit.

Maka dari itu sebaiknya lebih berhati-hati saat akan terjun ke bisnis ini. Pilihlah perusahaan yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Selain itu, Anda juga bisa memilih bisnis ini dengan bergabung menjadi anggota dari seseorang yang sudah Anda kenal baik sebelumnya.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu bisnis multi level marketing dan keuntungannya. Termasuk resiko dan kerugian yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada informasi menarik lainnya ya.

 

Baca Juga :   Cara Mengajukan Pinjaman Online Bank BCA dan Syaratnya

 

 

Share :

Baca Juga

Cara melaporkan pinjaman ilegal

FINANCE

Cara Melaporkan Pinjaman Ilegal yang Sudah Terlanjur Pinjam
Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

FINANCE

Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional
Cara Jualan Follower Instagram

FINANCE

Cara Jualan Follower Instagram, Bisnis Mudah Banyak Cuan
Dampak BBM Naik, Harga Barang Melonjak (Kompas.com)

FINANCE

Inilah Dampak BBM Naik, Harga Barang Melonjak Tinggi!
Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya

FINANCE

Sistem Penjualan Langsung Adalah, dan Keuntungannya
Cara Mencairkan Gopay Paylater

FINANCE

Cara Mencairkan Gopay Paylater Mudah dan 100% Berhasil
Resiko Jualan Kosmetik

FINANCE

Resiko Jualan Kosmetik Wajib Tahu, Sebelum Terjun Bisnis Ini
Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya

FINANCE

Kenapa Gaji Cepat Habis? Ini Jawabannya