Home / KULINER

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:00 WIB

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

- Penulis

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

Moccaapedia – Takjil buka puasa adalah hidangan pelengkap ketika buka puasa. Takjil bisa beli di jalanan atau buat sendiri. Jika Anda membeli di jalanan harga jualnya juga murah. Selain itu menu takjil juga bervariasi di setiap daerah.

Takjil adalah pilihan yang tepat sebagai makanan pembuka sebelum menyantap makanan berat. Ada banyak rekomendasi takjil yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Akan tetapi jika tidak sempat Anda bisa membelinya saja.

 

Baca Juga :   Resep Sambal Terasi yang Enak dan Lezat, Gampang Buatnya

 

Takjil Buka Puasa

Kata takjil berasal dari Bahasa Arab yang artinya “percepatan”, “buru-buru”, “penyegaran,” atau “tergesa-gesa.” Oleh masyarakat Indonesia takjil diartikan sebagai makanan untuk buka puasa yang artinya adalah menyegerakan berbuka puasa.

 

1. Kolak Biji Salak

Takjil pertama adalah kolak biji salak yang sangat manis. Setelah disantap Anda akan merasa lebih berenergi setelah puasa seharian. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah ubi kuning, tepung sagu, gula pasir, gula merah, santan kara, daun salam, dan garam.

 

2. Bubur Sumsum

Rekomendasi takjil buka puasa yang berikutnya adalah bubur sumsum. Makanan ini juga rasanya tidak kalah manis. Bahan pembuatannya adalah tepung beras, santan kelapa, garam, daun pandan, dan gula merah.

 

3. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan takjil khas dari Makassar. Sesuai dengan namanya minuman ini terbuat dari pisang raja yang sudah matang. Ada juga bahan lagi yang dibutuhkan seperti tepung terigu, tepung beras, santan kental, perasan daun pandan, dan daun pisang.

Anda juga bisa menambahkan pewarna hijau alami sesuai dengan namanya es pisang ijo. Bahan pembuatan vla yaitu santan kental, tepung beras, daun pandan, gula pasir, dan garam. Sebagai pelengkap tambahkan susu kental manis, sirup cocopandan, dan es batu.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

 

4. Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah takjil buka puasa yang paling banyak peminatnya. Tempe mendoan merupakan makanan khas Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang gurih sehingga cocok untuk teman buka puasa.

Bahan pembuatan tempe mendoan adalah tempe, tepung beras, tapioka, daun bawang, garam, minyak, ketumbar, dan bawang putih. Tempe mendoan juga bisa Anda dapatkan di dagang gorengan.

 

5. Pisang Goreng Madu

Jika ingin mencoba menu lainnya bisa membuat pisang goreng madu. Sesuai dengan namanya makanan ini sangat manis dan bahan utamanya adalah pisang. Selain itu madu juga bisa menghilangkan rasa letih dan lelah setelah berpuasa seharian.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah pisang raja, madu asli, tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, air, dan minyak.

 

6. Es Semangka

Butuh minuman yang segar-segar? Es semangka adalah pilihan takjil Buka Puasa yang tepat. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok dibuatkan es. Es semangka adalah minuman yang sangat menggoda.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan selain semangka adalah susu cair full cream, sirup frambozen, es batu, dan selasih. Bahan-bahan ini mudah didapatkan dimana saja. Es semangka mampu melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa.

 

7. Kolak Pisang Ubi

Kolak pisang ubi adalah menu wajib yang perlu disiapkan saat buka puasa. Kolak pisang ubi adalah makanan takjil paling laris kalau dijual. Bahan utamanya adalah pisang rebus yang dicampur dengan gula merah.

Adapun bahan pelengkap yaitu pisang kepok, ubi, santan kelapa, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam. Kolak pisang ubi terasa manis dan lebih segar jika ditambah dengan es batu.

 

8. Bubur Mutiara

Bubur mutiara adalah takjil buka puasa yang memiliki rasa legit dan manis. Bubur mutiara adalah menu yang pas untuk buka puasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sagu mutiara, gula, air, santan kental, daun salam, dan garam.

 

9. Bubur Sumsum

Selain bubur mutiara Anda juga bisa membuat bubur sumsum. Bubur sumsum ini memiliki citra rasa yang manis dan gurih serta sueger poll. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras, santan kelapa, garam, gula merah, dan daun pandan.

Ada banyak pilihan takjil buka puasa yang bisa Anda pilih untuk teman berbuka. Anda bisa mengganti menu takjil setiap harinya agar tidak bosan. Semua menu takjil di atas adalah menu yang sederhana.

 

Baca Juga :   5 Makanan Terpedas di Indonesia, Yakin Berani Coba?

 

9 Makanan Takjil Buka Puasa yang Lezat, Paling Favorit

Share :

Baca Juga

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung

KULINER

11 Makanan Khas Bekasi, Rasanya Seperti Pulang Kampung
Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!

KULINER

Menu Makanan Natal Tahun Baru yang Wajib di Hidangkan !!
5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat

KULINER

5 Olahan Makanan dari Abon Rasanya Dijamin Lezat
4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih

KULINER

4 Resep Olahan Strawberry yang Bikin Nagih
7 Makanan Populer Korea di Indonesia / Sumber: Pexels

KULINER

7 Makanan Populer Korea di Indonesia
5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !

KULINER

5 Makanan Asli Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri !
Snack Huruf A Aneka Camilan Memanjakan Lidah

KULINER

Snack Huruf A: Aneka Camilan Memanjakan Lidah
apa itu pengolahan makanan

KULINER

Apa Itu Pengolahan Makanan? Ini Dia Penjelasannya Simakya