Home / KULINER

Kamis, 23 Maret 2023 - 10:00 WIB

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

- Penulis

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

Moccaapedia – Memasuki Bulan Ramadhan seluruh umat muslim diharuskan untuk menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan. Salah satu momen yang paling dinantikan adalah saat berbuka puasa. Ada banyak rekomendasi menu buka puasa yang bisa Anda pilih.

Anda bisa membuat menu yang berbeda-beda setiap harinya agar tidak bosan. Jika sibuk Anda bisa membuat makanan yang sederhana dan tidak membutuh waktu lama. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi makanan untuk buka puasa.

 

Baca Juga :   5 Tips Memilih Fashion Bulan Ramadhan, Makin Kece!

 

Menu Buka Puasa

Keuntungan membuat makanan sederhana selain menghemat waktu adalah bahan-bahannya murah dan gampang didapatkan. Tapi jika masih bingung akan memasak apa bisa memilih salah satu dari rekomendasi di bawah ini.

 

1. Kangkung Bumbu Rujak

Rekomendasi pertama adalah kangkung bumbu rujak. Bahan yang dibutuhkan biasanya berupa 1 ikat kangkung, gula merah, cabai rawit, terasi bakar, dan asam jawa. Kangkung bumbu rujak sangat pas untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

 

2. Sayur Lodeh Terong

Selain kangkung bumbu rujak menu buka puasa lain yang praktis adalah sayur lodeh terong. Seharian tidak makan dan minum tubuh tentu butuh nutrisi saat buka puasa. Oleh karena itu memakan sayuran adalah pilihan yang tepat.

Adapun bahan yang dibutuhkan adalah terong bulat, santan cair, tahu kotak, tempe, bawang putih, kunyit, serai, kemiri, bawang merah, daun jeruk, lengkuas, daun salam, dan cabai rawit. Untuk penyedap rasa Anda bisa menambahkan gula, penyedap, dan garam secukupnya.

 

3. Ayam Goreng Bawang

Ayam goreng bawang sepertinya patut dicoba sebagai hidangan buka puasa. Bahan yang dibutuhkan adalah dada ayam, tepung maizena, tepung terigu, telur, garam, bawang putih, cabai merah, madu, bawang merah, mentega, dan gula pasir.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Kuliner Terdekat Kampus UI Depok

 

4. Ikan Kakap

Suka mengkonsumsi ikan? Ikan kakap rasa asam manis bisa Anda coba untuk menu buka puasa. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak yaitu ikan kakap, bawang putih, garam, tepung terigu, tepung maizena, telur, wortel, mentega, cabai merah, dan bawang bombay.

 

5. Sayur Sop

Rekomendasi menu santapan buka puasa yang menyehatkan adalah sayur sop. Sayur sop adalah makanan berkuah sehingga tepat jika dihidangkan saat berbuka puasa karena terasa segar.

Bahan yang dibutuhkan adalah sayap ayam, wortel, tomat, kembang kol, buncis, jahe geprek, dan bumbu halus. Bumbu halusnya berupa gula, penyedap rasa, seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

 

6. Capcay Kuah

Capcay kuah adalah rekomendasi menu buka puasa berkuah lainnya, Capcay adalah salah satu sayuran yang menyehatkan. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah udang, kembang kol, brokoli, telur, wortel, tomat, bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih.

Selain itu ada juga bahan lain seperti kecap manis, saus tiram, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Membuat capcay kuah tidak membutuhkan waktu lama jadi menu ini cocok untuk kamu yang sibuk.

 

7. Tahu Cabai Garam

Ingin mencoba menu lainnya? Anda bisa membuat tahu cabai garam. Walaupun makanan ini sudah ada sejak lama akan tetapi sekarang menjadi tren untuk menu buka puasa. Makanan ini bahkan sering dibuat oleh chefchef terkenal.

Bahan yang dibutuhkan juga sederhana yaitu berupa tahu, bawang putih, cabai rawit, tepung serbaguna, lada bubuk, garam, dan air. Menu ini sangat pas disantap bersama dengan keluarga tercinta.

 

8. Soto Ayam

Soto ayam menjadi rekomendasi menu buka puasa berikutnya, Soto ayam adalah pilihan yang cocok untuk Anda pecinta makanan segar dan gurih. Adapun bahan yang dibutuhkan berupa ekor ayam, sereh, daun jeruk, kentang, telur rebus, dan daun salam.

Sebagai penyedap rasa Anda bisa menambahkan lada bubuk, gula pasir, dan garam. Jika ingin menambahkan pelengkap bisa memberikan mie soun, kol, dan tauge. Soto ayam sangat pas disantap dengan minuman yang segar.

 

9. Cah Kangkung

Terakhir adalah cah kangkung yang juga merupakan makanan sederhana. Bahan yang dibutuhkan berupa kangkung, cabai merah, tomat merah, gula pasir, dan garam. Selain itu memasak cah kangkung tidak membutuhkan waktu lama.

Ada banyak menu buka puasa yang bisa Anda pilih di atas. Semua menu tersebut tidak membutuhkan banyak bahan dan proses memasaknya juga cepat. Semakin banyak pilihan makanan Anda bisa mengganti menu setiap harinya.

 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Makanan Cepat Saji Lezat dan Nikmat

 

9 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan, Mudah Masaknya!

Share :

Baca Juga

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat

KULINER

Resep Sundubujiggae, Sup Tahu Ala Korea dan Pedas dan Nikmat
Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang

KULINER

Resep Sayur Lodeh Labu Siam Super Gampang
Kuliner Khas Banyuwangi

KULINER

Rekomendasi 11 Kuliner Khas Banyuwangi Asli Wajib Coba
7 Resep Olahan Pisang Lezat untuk Pencinta Kuliner

KULINER

7 Resep Olahan Pisang Lezat untuk Pencinta Kuliner
Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo

KULINER

Cara Membuat Minas atau Ongol Ongol Kesukaan Song Ji Hyo
Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak

KULINER

Rahasia Resep Soto Ayam Kuah Santan Kuning Super Enak
7 Makanan Populer Korea di Indonesia / Sumber: Pexels

KULINER

7 Makanan Populer Korea di Indonesia
Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur

KULINER

Ini Loh Resep Sambal Bajak Asli Khas Jawa Timur