Home / TEKNOLOGI

Selasa, 25 Juli 2023 - 00:50 WIB

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

- Penulis

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

Moccaapedia Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang bisa mengembangkan diri dan karir. Kalau menurut Anda harga buku sangat mahal, bisa mulai membacanya di aplikasi baca buku digital. Aplikasi tersebut menyediakan kemudahan akses buku-buku gratis.

Lewat aplikasi tersebut Anda bisa mengunduh banyak buku sekaligus lalu bisa membacanya saat senggang. Ada aplikasi berbayar seperti Gramedia Digital, namun harga berlangganannya murah per bulan. Cukup bayar satu kali sebulan Anda bisa mengunduh banyak buku dan tersimpan selamanya.

 

Baca Juga :   7 Inspirasi Fashion Hijab Kekinian Buat Penampilan Makin Kece

 

Aplikasi Baca Buku Digital

5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja
5 Aplikasi Baca Buku Digital, Bisa Baca Di Mana Saja

 

Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan kalau Anda sudah menemukan buku yang tepat. Cara agar bisa konsisten membaca adalah menemukan genre favorit dan mulai membacanya halaman demi halaman. Selain itu mungkin Anda butuh bahan bacaan dari aplikasi di bawah ini.

 

1. Gramedia Digital

Aplikasi membaca buku digital pertama adalah Gramedia Digital yang menyediakan banyak buku. Buku-buku tersebut bukan hanya terbitan dari Gramedia Pustaka Utama saja, melainkan juga terbitan penerbit lain seperti BIP, Grasindo, KPG, Elex Media, dan sebagainya.

Anda akan menemukan banyak bacaan seru berbagai genre seperti kesehatan mental, islami, metropop, young adult, fiksi remaja, fiksi ilmiah, pengembangan diri, bisnis, anak, dan sebagainya. Berikut keunggulan apabila membaca di Gramedia Digital.

 

1. Tampilan yang Friendly Sehingga Tidak Menyulitkan Pengguna

Bagi pengguna baru Gramedia Digital tidak usah kebingungan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut karena tampilannya sangat friendly. Anda tinggal membuka menu home lalu ketik buku yang hendak Anda cari. Tunggu sampai aplikasi menampilkan informasi mengenai buku yang Anda maksud.

 

2. Bisa Mengakses Banyak Buku Untuk Pengguna Premium

Gramedia Digital menyediakan fitur premium bagi pembaca yang ingin mengakses lebih banyak buku. Tenang, biaya berlangganannya sangat murah hanya 49 ribuan per bulan untuk satu jenis buku fiksi atau non fiksi.

Selain itu terdapat juga pilihan untuk menggunakan fitur premium selama satu tahun agar bisa mengakses semua jenis buku baik fiksi maupun non fiksi. Biaya berlangganannya memang lebih mahal yaitu 900an ribu.

 

3. Menyediakan Potongan Harga dan Promo

Keuntungan terakhir apabila Anda menggunakan aplikasi Gramedia Digital adalah akan mendapatkan potongan harga dan promo buku menarik. Kesempatan ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja karena promo ini akan membantu Anda mendapatkan biaya berlangganan lebih murah.

 

2. iJakarta

Rekomendasi aplikasi baca buku digital berikutnya adalah iJakarta yang menyediakan buku digital gratis. Akses iJakarta tidak hanya untuk warga Indonesia yang asli Jakarta namun untuk semua orang. iJakarta adalah aplikasi yang menyediakan buku dari berbagai genre.

Hanya saja ada batas waktu peminjaman selama beberapa hari. Selain itu, pengelola aplikasi juga membatasi peminjaman buku setiap pengguna. Tujuanya adalah agar pengguna bisa lebih bijak dalam meminjam buku karena itu akses bersama.

Walaupun begitu, seringkali pengguna tidak bisa meminjam buku karena stoknya terbatas sehingga harus mengantri dengan pengguna lain. Jadi agar bisa mendapatkan akses Anda perlu sering mengecek aplikasi apakah buku incaran sudah tersedia atau belum.

Aplikasi besutan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah ini tidak memberikan denda kepada pengguna yang terlambat mengembalikan buku. Mengapa demikian? Karena setelah Anda meminjam buku tersebut selama tiga hari, sistem akan langsung menarik buku dari akun Anda.

Jadi, ketika akan meminjam buku pastikan kalau Anda memang sedang membutuhkan buku tersebut saat itu juga. Setelah selesai membaca bisa langsung mengembalikannya karena siapa tahu ada pengguna lain juga yang ingin membaca buku tersebut.

Berikut ini beberapa fitur pada aplikasi iJakarta yang akan memberikan kenyamanan saat membaca buku.

 

1. Koleksi Buku

Mulai dari koleksi bukunya yang sangat lengkap membuat banyak pecinta buku menggunakan iJakarta. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa melihat menu koleksi buku lalu memilih genre yang Anda inginkan.

 

2. Feed

Fitur berikutnya adalah feed yang akan memudahkan pengguna untuk melihat aktivitas dari pembaca lain. Contohnya adalah melihat komentar dari pengguna lain untuk memberi gambaran terkait buku tersebut.

 

Baca Juga :   Realme C67 yang Rilis di India, Gimana Spesifikasinya?

 

3. Kindle

Kindle adalah rekomendasi aplikasi baca ebook yang juga memiliki banyak peminat. Amazon adalah pemilik produk Kindle yang sudah mendunia. Anda bisa membaca dan membeli buku keinginan.

Bahkan Amazon juga meluncurkan e-reader yang akan memberi pengalaman membaca berbeda. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mengunduh Amazon Kindle untuk membaca buku digital.

 

1. Harga Buku Murah dan Ada yang Gratis

Hampir sama dengan Gramedia Digital yang juga menyediakan ebook berbayar yang tidak termasuk paket premium. Kindle juga demikian dan harga-harganya juga murah, bahkan lebih murah daripada Anda membeli buku fisiknya.

 

2. Pengalaman Membaca Instan

Dengan membaca buku digital di Kindle Anda akan mendapatkan pengalaman membaca instan. Pengguna tidak perlu lagi membeli buku fisiknya di toko buku jadi bisa lebih menghemat pengeluaran.

Cukup mengunduhnya dalam beberapa detik saja Anda sudah bisa membaca buku tersebut kapan dan di mana saja. Ada rasa senang tersendiri mengetahui kemudahan dalam mengakses buku seperti ini.

 

3. Bisa Menandai Kalimat dengan Mudah

Terakhir adalah pengguna bisa menandai kalimat penting dalam buku dengan mudah karena sudah ada fiturnya. Biasanya pembaca akan menemukan kalimat penting dan inspiratif sehingga bisa menandainya langsung.

Ibaratnya kalau membaca buku fisik Anda perlu menyiapkan sticky notes atau stabilo untuk menandai bagian yang dianggap penting.

 

4. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi baca buku digital lain yang bisa Anda coba. Platform baca online ini sudah dikenal banyak orang karena menyediakan buku-buku bagus. Semua genre tersedia di iPusnas, bahkan ada buku-buku yang sedang booming di kalangan pembaca.

Lalu apa saja kelebihan membaca buku di iPusnas? Keuntungannya adalah semua bukunya gratis dan Anda bisa membaca buku sebanyak mungkin. Selain itu, iPusnas juga dapat diakses menggunakan desktop dan ponsel.

Keuntungan tersebut akan memudahkan Anda untuk membaca kapan saja. Namun sebelum itu pastikan sudah mengunduh buku yang memang Anda inginkan. Setelah buku tersimpan di aplikasi, Anda bisa mulai membacanya.

Selain itu, tampilan antar mukanya juga sangat sederhana dengan mengusung warna biru putih. Setelah membuat akun, Anda bisa langsung masuk ke beranda kemudian memilih tombol searching untuk mencari buku yang diinginkan.

 

5. Google Play Books

Google Play Books merupakan aplikasi alat baca buku digital besutan Google yang memiliki logo berwarna biru. Apabila ingin membaca buku di Google Play Book Anda perlu berlangganan dulu agar bisa mengakses semua bukunya.

Keuntungan menggunakan Google Play Books adalah bisa menggunakan kamus apabila ingin mencari bahasa asing yang tidak dipahami saat membaca. Anda bisa membuat catatan langsung dalam buku tersebut.

Google Play Book dapat Anda unduh langsung di App atau Google Play Store tanpa biaya sepeser pun. Aplikasi ini juga bisa digunakan di ponsel langsung atau versi desktop agar bisa memberi kepuasan saat membaca.

 

Beragam aplikasi baca buku digital di atas akan membantu Anda menemukan buku yang diinginkan. Kalau tidak ada di satu aplikasi, mungkin buku tersebut tersedia di aplikasi lainnya.

 

Baca Juga :   Nasib Blogger? Dengan Munculnya Chat GPT OpenAI Pesaing Google

Share :

Baca Juga

Cara Reset Router Tenda N301 100% Mudah

TEKNOLOGI

Cara Reset Router Tenda N301 100% Mudah
TV Analog Diberhentikan (Flickr)

TEKNOLOGI

Alasan dan Solusi Imbas dari TV Analog Diberhentikan
Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12

TEKNOLOGI

Biar Lebih Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Y12
Jenis Jaringan Komputer dalam Bidang Teknologi

TEKNOLOGI

Jenis Jaringan Komputer dalam Bidang Teknologi
Nasib Blogger? Dengan Munculnya Chat GPT OpenAI Pesaing Google

TEKNOLOGI

Nasib Blogger? Dengan Munculnya Chat GPT OpenAI Pesaing Google
Tips Memaksimalkan Penggunaan Akun Gmail

TEKNOLOGI

Tips Memaksimalkan Penggunaan Akun Gmail
Cara Membedakan iPhone HDC dan Ori

TEKNOLOGI

Cara Membedakan iPhone HDC dan Ori
Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan

TEKNOLOGI

Manfaat Water Heater Pemanas Air Bagi Kehidupan